January 14, 2017

Tips Usaha Untuk Mahasiswa Yang Bisa Kalian Coba

Tips Usaha Untuk Mahasiswa Yang Bisa Kalian Coba, menjadi mahasiswa berpenghasilan adalah suatu kelebihan tersendiri bagi kalian di dunia kampus, bagaimana perasaan kalian yang sebagai mahasiswa  yang menuntut ilmu di samping itu menghasilkan uang dari usaha yang kalian jalankan sendiri tentu sangat bisa membantu meringankan beban orang tua, nah untuk itu kali ini DUNIA KAMPUS akan memberikan tips usaha yang cocok untuk mahasiswa, banyak usaha yang dapat kalian pilih dan sangat cocok untuk kalian jalankan di kampus tentunya sangat mudah kalian terapkan di dalam kehidupan sehari-hari.

Tapi sebelum membagikannya, ada yang perlu kalian ketahui bahwa “suatu usaha itu bermulai dari niat dan konsistensi yang kuat” yang dimana jika kalian ini membangun suatu usaha harus dilandasi niat dan usaha, kerja keras terhadap pangsa pasar yang naik turun setiap tahunnya dan juga konsisten terhadap usaha apa yang kamu jalankan dan kerjakan.



Oke bagi kalian yang bingung menentukan usaha apa yang cocok untuk kalian jalani, maka saya akan memberikan tips usaha yang cocok untuk mahasiswa di dalam isi artikel ini.

Tetapi, bagi kalian mahasiswa yang sudah memiliki usaha dan sedang menjalankannya saat ini, semoga saja artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian dan tentunya bisa menjadi refensi tambahan untuk mengembangkan usaha kalian.

1. Usaha Jual Beli Online.
Tentu ada sebagian mahasiswa yang mempunyai usaha jual beli online ini, berbagai macam produk yang dapat kita jual dari berbagai macam merek yang di jual, kita tidak perlu membuka lapak disuatu pasar modern ataupun pasar tradisional. Kita hanya berdagang melalui internet dengan memanfaatkan forum-forum di internet  dan juga grup-grup media sosial dalam mempromosikan barang dagangan kita. Usaha ini sangat mudah kita terapkan bagi yang bingung memilih usaha yang tidak menggangu aktivitas dunia kampus, jadi berbinis jual beli online ini sangat cocok bagi kalian. Saya berikan satu tips buat kalian, pertama lihat dahulu pangsa dan perkembangan produk apa yang akan kalian dagangkan, kalian dapat melihat produk itu dari sisi manfaatnya dan juga jangka waktunya, masa panjang atau hanya sementara, nah jika kalian sudah menentukan tips ini kalian dapat mengetahui apakah produk yang kamu jual ini masa panjang atau hanya sementara, karna lagi ramai-ramainya apa yang sedang terjadi.

2. Membuat Kerajinan Tangan.
Bagi kalian mahasiswa yang kreatif  dan inovatif dengan hasil karya kalian sendiri, tentu bisa mendagangkan dan menghasilkan penghasilan bagi kalian, mulai dari nilai pengenalan produk kalian, manfaat produk kalian secara promosikan  di forum-forum yang berkaitan dengan barang yang kalian bikin. Tentu usaha ini juga mudah dijalankan bagi kalian, membuat produk dikala waktu kosong dan mendagangkannya di kampus, media sosial, internet dan juga teman-teman kalian, tipsnya buatlah kerajinan tangan yang bermanfaat untuk orang lain dan berjangka panjang sehingga produk kalian bisa diterima di publik dan masa jualnya panjang.

3. Mendirikan Tempat Bimbingan Belajar ( Bimbel )
Membangun tempat bimbingan belajar adalah suatu kesempatan bagi kalian yang senang dalam dunia mengajar, dimana kalian dapat menentukan waktu mengajar kalian sendiri tanpa menggangu aktivitas  kampus kalian. Oleh karna itu saya rekomendasi satu tips ini untuk kalian yang gemar akan dengan dunia belajar mengajar, dalam mempromosikannya kalian bisa memulai dari membangun suatu hubungan  yang baik dari tetangga, teman kampus dan juga media sosial dalam mengenalkan usaha baru kalian. karna akan sayang sekali jika kalian memiliki keahlian ini namun tidak dapat memberikan sesuatu pelajaran yang bisa mencerdaskan orang lain.

4. Jasa Pengetikan.
Tentu jika kalian memilki keahlian dalam mengetik apakah tidak dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah? tentu bisa. Bagi Kalian dengan membangun usaha jasa pengetikan dari berbagai macam tulisan apa saja yang dikerjakan dengan di ketik manual tentu itu bermanfaat dan memudahkan orang lain dalam kegiatannya, namun di satu sisi itu akan akan menghasilkan pundi-pundi rupiuah bagi kalian.

5. Jual Beli Film/Movie.
Nah ini bagi kalian yang hobbi dalam mengoleksi dari berbagai macam film, bagi kalian yang sudah memiliki banyak film di dalam komputer atau laptopmu, mengapa tak dipikirkan untuk menjual film tersebut, ide ini juga sangat cocok untuk kalian  dalam menghasilkan penghasilan, dengan cara promosi yang mantap dan juga updatean film terbaru kalian terhadap apa yang lagi sedang dicari para konsumen pecinta film.

6. Menjual Makanan dan Minuman Kemasan.
tips usaha ini bagi kalian yang gemar akan pengetahuannya di dalam bidang kuliner, bagi kalian yang senang dengan dunia kuliner, mengapa tidak terpikirkan untuk menjual produk kalian di sekitar kampus, disamping kalian bisa menuntut ilmu kalian juga bisa mendagangkan hasil kuliner kalian, tips dari saya mulailah dari pengenalan produk dahulu kepada rekan-rekan kampus dan kalian juga dapat menitipkannya di kantin-kantin kampus sekitar.

7. Penulis Artikel Online (Blogging).
Siapa sangka dari menulis artikel di internet tidak menghasilkan uang, kalian bisa menulis artikel tentang kampus, hobbi dan juga jurusan apa yang sedang kalian jalani di kampus, dengan cara menautkan blog kalian ke perusahaan milik google yaitu google adsense dan kalian akan dibayar oleh google, banyak sekali blogger-blogger yang sukses dalam menulis artikel atau dalam aktivitas blogging ini, sehingga kalian bisa belajar dari mereka, tentu usaha ini sangat cocok bagi kalian yang gemar dalam memberikan ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat bagi orang lain.

8. Persewaan Barang atau Jasa.
Mengapa persewaan? Baik akan saya jelaskan, mengapa persewaan. Tentu kalian bisa menghasilkan uang dari persewaan barang dan jasa kalian, bagi kalian yang sudah ahli dalam bidang musik bisa mengajarkan dan menghasilkan dengan jasa kalian, begitupun dengan yang hobby dalam bidang fotographi kalian bisa disewa dalam sesi pemotretan.  Nah, untuk barang, jika kalian memiliki barang yang tidak dimilliki orang lain kalian dapat menyewakan barang tersebut ke orang lain, seperti kamera, alat musik dan lain-lainnya yang kalian miliki tetapi itu berguna untuk disewakan kepada orang lain. “Dengan catatan kalian mengantongi identitas lengkap penyewa agar terhindar dari penipuan dan kerusakan akibat kelalaian pengguna”.


KESIMPULAN:
Dalam membangun suatu usaha diperlukan mental dan niat yang kuat, guna membangun usaha  itu bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan  sekitar, mulailah dari modal yang mudah dijalankan dan milihat pangsa pasar yang terjadi guna perkembangan produk dan jasa kalian, selanjutnya dijalankan secara konsisten dan kerja keras dalam mencapai suatu keberhasilan dalam membangun usaha. Seperti kata tokoh satu ini "tidak ada yg terlalu tinggi utk dicapai manusia, tapi ia harus memanjatnya dg hati-hati & penuh keyakinan - H.C.Andersen".  Lakukan promosi terbaik kalian agar terkenalnya produk dan jasa kalian di mata publik.

Itulah beberapa tips dari saya dalam memilih usaha untuk mahasiswa, tentu banyak sekali usaha-usaha lainnya yang dapat kalian jalani tanpa menggangu aktivitas kampus kalian.
terima kasih buat pembaca.
Salam Sehat & Sukses selalu.

(Baca Juga)




Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive