January 20, 2017

Langkah Membangun Usaha Dengan Modal Kecil Untuk Mahasiswa

DUNIA KAMPUS, coba kita amati di sekeliling kita, banyak sekali pedagang atau pengusaha-pengusaha sukses yang menjajakan dagangannya mulai dari yang kecil-kecilan hingga yang besar sekalipun, dari berbagai macam barang maupun jasa yang dihasilkan sehingga menjadi sukses didalam bidangnya tersendiri.
Coba kita bayangkan, andai saja kita menjadi salah satu bagian pengusaha sukses tersebut, alangkah indahnya masa kuliah kita di samping itu kita menghasilkan uang dengan berwirausaha.

Nah untuk kalian yang ingin membangun suatu usaha dengan modal kecil saya sarankan untuk membaca artikel ini.
Dan bagi kamu yang sudah membaca dari refensi lainnya, saya sarankan juga untuk membacanya, sebab ada hal yang berbeda dari referensi yang kalian baca sebelumnya, karna beda kepala pasti berbeda pemikiran.

fkip-unmulkampusku13.blogspot.co.id

Oke, kali ini saya akan membagikan pengetahuan saya dalam, "langkah awal membangun usaha dengan modal kecil untuk mahasiswa". Dan proses apa saja yang perlu kita perhatikan dalam membangun usaha kecil-kecilan.
Langkah - Langkah :

1. Melihat Produk Dipasaran.
Mengapa? Karna untuk memulai membangun usaha, kita perlu melihat produk yang ada dipasaran, sehingga kita tahu apa yang menjadi daya tarik konsumen, daya bersaing sehat antar pengusaha, serta keunggulan apa yang dimiliaki nilai lebih produk yang akan kita jual.
Banyak cara untuk melihat produk dipasaran mulai dengan melakukan survei ke berbagai tempat, pasar tradisional, majalah, koran, supermarket, media sosial, serta internet.

2. Menentukan Produk Apa Yang Ingin Dijual.
Setelah kita melihat dipasaran apa saja produk yang cocok, minim modal serta bisa dicari konsumen dalam jangka panjang maka kita perlu menentukan produk yang ingin kita jual. Karna setelah kita melakukan survei, kita tahu produk apa yang belum dipasarkan, akn lebih baik lagi jika kita memiliki ide inovasi baru untuk usaha baru yang akan kita jalankan.
Sehingga dengan adanya inovasi terhadap produk baru yang kita dagangkan itu memiliki nilai plus tersendiri di mat konsumen
Sebagai contoh kita ingin membuka usaha atau toko online, ketika kita browsing di internet banyak sekali permintaan dari konsumen terhadap produk sepatu original yang dia dagangkan dengan harga tinggi namun dapat menarik kalangan menegah hingga atas mampu membelinya, sehingga menarik niat saya untuk memulai bisnis sepatu tiruan original, dengan harga belinya yang relatif namun harga jualnya murah sehingga dapat dipasarkan dari kalangan bawah hingga atas.

3. Modal
Memang, membangun usaha sangat dibutuhkan modal, tapi jangan beralasan untuk tidak memiliki modal, ada sebagian orang yang saya jumpai berasalan untuk membangun usaha karna keterbatasan modal, bagi saya itu bukanlah suatu alasan karna disamping itu Niatlah yang perlu kita bangun dan kita tekadkan secara bersunguh-sungguh, bagaimana ingin membangun usaha ketika niatnya masih setengah-setengah. Banyak cara untuk mendapatkan modal, mulai dengan meminjam kepada bank-bank, koperasi, serta keluarga, kerabat, teman seperjuangan, karna disini kita membahas langkah membangun usaha dengan modal kecil.

4. Konsisten
Konsisten yang dimaksud adalah bagaimana cara loyalitas kamu dan keyakinan kamu terhadap produk apa yang akan kamu jual, konsisten sangatlah dibutuhkan disaat kamu ingin membangun suatu usaha dengan modal kecil, sehingga dengan loyalitasmu terhadap produk yang akan kamu jual maka akan memudahkanmu dalam melakukan pemasaran dan melakukan kegiatan promosi.

KESIMPULAN
DUNIA KAMPUS Itulah beberapa cara yang dapat saya sampaikan tentu ada refensi lainnya yang dapat kalian terapkan untuk membangun suatu usaha dengan modal kecil.
Dari beberapa paparan saya tentunya ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan mulai dari cara melihat produk, menentukan produk, modal dan juga konsisten. Tentu dari awal ketika kita hendak membangun suatu usaha diperlukan niat yang kuat dan mental yang tangguh agar siap terjuan ke dunia persaingan, jadi lakukan yang terbaik agar produk kalian berkembang dipasaran..
Sekian dari saya semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua salam terima kasih atas pembaca.

Salam Sehat dan Sukses Selalu.

Share:

2 comments:

  1. Sangat membantu dan terinovasi, bagi yang selalu beralasan tidak punya modal. Padahal semuanya selalu ada jalan untuk meraih kesuksesan. Kurang satu nih mas untuk penyemangan ngeblog >adsense. Sangat ok isi artikelnya dan tentu niche seperti ini yang tidak akan usang oleh waktu. #salam sahabat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat sekali mas, selalu banyak jalan mencapai kesuksesan dengan didasari niat dan tekad yang kuat.

      Terima Kasih atas kunjungannya..
      #Salam sahabat.

      Delete

Blog Archive