January 23, 2017

Belajar dan Keberhasilan Belajar Untuk Mahasiswa

Belajar dan Keberhasilan Belajar Untuk Mahasiswa, jika kita sebagai mahasiswa tentu tak asing lagi dari kata belajar dan keberhasilan dalam belajar, namun perlu kita sadari bahwa didalam melakukan aktivitas belajar sangatlah penting jika kita mengetahui makna apa yang akan kita dapatkan, Akan tetapi jika kita belajar tanpa didasari makna itu tersendiri, bukankah hal yang aneh untuk kita? anggapannya kita belajar dari yang tidak tahu menjadi tahu, akan tetapi makna itu berbalik sebaliknya, oke dari apa yang kita pelajari itu tentu akan banyak menimbulkan makna-makna lain terutama didalam kampus dan juga kehidupan sehari-hari.

Moh. Surya (1997) menyebutkan bahwa belajar dapat diartikan sebagai suatu proses yang dilakukan oleh individu untuk memperoleh perubahan perilaku baru secara keseluruhan, sebagai hasil dari pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
Mengutip dari pengertian belajar diatas bahwa belajar adalah proses untuk merubah perilaku baru dalam interaksi dan lingkungan, disini kita mengetahui bahwa makna belajar adalah suatu proses yang melalui beberapa tahap diantaranya, tahap acquisition, yaitu tahapan perolehan informasi, tahap storage, yaitu tahapan penyimpanan informasi, dan juga tahap retrieval, yaitu tahapan pendekatan kembali informasi.

DUNIA KAMPUS, dengan kita mempelajari arti pembelajaran diatas tentu kita tahu akan makna yang tersimpan didalam sebuah keberhasilan dalam mencapai cita-cita, justru semua itu perlu proses dan juga perlahan mempengaruhi perubahan ciri ciri perilaku diataranya, perubahan yang secara berkesinambung atau kontinyu dan juga perubahan yang disadari ataupun disengaja, ada baiknya perubahan itu dilakukan secara permanen, bertujuan dan terarah, namun semua itu berlandaskan dari niat kita dalam menerapkan bagaimana cara belajar kita dalam mencapai keberhasilan, dengan melakukan perubahahan-perubahan apa yang dijelaskan tadi tentu akan menghasilkan point-point penting dalam mencapai keberhasilan dalam belajar.

Keberhasilan Belajar Adalah Konsep Yang Perlu Ditanamkan.
mengapa saya menyebutkannya demikian, sebab jika kalian tidak memiliki sebuah konsep belajar dalam mencapai keberhasilan sudah tentu kalian akan tidak sejalan dengan apa yang akan kalian capai, pertama, tanamkan pertanyaan pada diri sendiri terlebih dahulu, saya belajar agar apa? pasti agar adanya perubahan yang lebih baik untuk kehidupan saya.
Namun pernahkah kalian memikirkan diluar batasan itu, bahwasannya belajar bukanlah suatu hal perubahan, melainkan suatu hal agar mencapai didalam keberhasilan hidup ini.
Jika kita membahas sebuah kata keberhasilan saja tentu sangat luas dan banyak pengertiannya dengan menurut apa yang mereka capai keberhasilan itu sendiri, karna banyak sekali diluar sana orang-orang yang berhasil didalam belajarnya.
justru dengan melihat bebagai kisah dan pengalaman dari orang-orang yang sukses dalam belajarnya tentu mereka melakukan usaha dan semangat yang luar biasa dalam mencapai itu semua.

Ketahui Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi Belajar.
Tentu didalam memulai suatu proses keberhasilan kita perlu mengetahui faktor-faktornya, dalam menerapkan suatu pencapaian maka kenali terlebih dahulu pendukung dalam belajar, akan hal itu maka perlu kita mengetahui apa yang menjadi pengaruhnya, yang pertama yaitu faktor kecerdasan, membahas kecerdasan tentu berkaitan dengan kemampuan, faktor ini perlu kalian ketahui bahwa didalam mencapai keberhasilan maka kalian perlu tahu kemampuan yang ada pada diri kalian. yang kedua, faktor belajar, menyangkut belajar pasti diibaratkan dengan semua segi kegiatan belajar kalian, berangkat dari faktor ini tentu kalian harus mengetahui apa yang menjadi pendorong perubahan itu didalam kegiatan belajarmu. ketiga, faktor sikap, tentu didalam mengetahui faktor sikap justru mengarahkan kalian kepada tujuan dan pencapaikan kalian dalam belajar, terutama dalam menyikapi hal yang berkaitan dalam proses belajarmu, keempat, faktor kegiatan, kegiatan merupakan faktor arah kemana kalian akan mencapai suatu keberhasilan tersebut, tentu dengan kegiatan yang positif akan menunjukkan sikap dan perubahan yang ada pada diri kalian. kelima, faktor emosi dan sosial, tentu didalam mencapai suatu keberhasilan kalian perlu mengetahui faktor emosi kalian yang berkaitan dengan persaingan diantara keberhasilan dalam belajar, sebagai contoh adanya persaingan dan kerja sama diantara proses belajar, keenam, faktor lingkungan, tentu lingkungan yang positif sangat berpengaruh dalam hal kaitannya mencapai suatu keberhasilan, lingkungan juga mengajarkan bagaimana cara kita akan memandang suatu keberhasilan, dengan mengatahui faktor lingkunganmu tentu akan mempengaruhi dalam hal keberhasilan belajar. Dan Yang terakhir faktor sumber belajar, sumber belajar itu banyak, salah satu contohnya dosen, cermati dan pahami apa yang telah mereka berikan untuk kalian, dengan mengetahui beberapa faktor diatas adalah suatu hal penting dalam mencapai keberhasilan belajar.

Pahami Indikator Konsep Keberhasilan.
Indikator yang dijadikan sebagai tolak ukur dalam menyatakan bahwa suatu proses belajar mengajar dapat dikatakan berhasil, adalah, pertama daya serap terhadap bahan pelajaran yang diajarkan mencapai prestasi tinggi, baik secara individu maupun kelompok dan juga perilaku yang digariskan dalam tujuan pengajaran telah dicapai itu baik individu maupun klasikal.
didalam kita memahi kedua konsep tersebut maka akan dapat dinilai dari ketiga tes, yaitu, formatif, subsumatif dan sumatif.
tes formatif adalah untuk mengukur satu atau beberapa pokok bahasan tertentu dan bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang daya serap, tes subsumatif adalah sejumlah bahan pengajaran tertentu yang telah diajarkan dalam waktu tertentu dan tes sumatif adalah mengukur daya serap terhadap bahan pokok-pokok bahasan yang telah diajarkan selama satu semester atau dua tahun pelajaran.

Kenali Faktor Pendukung Keberhasilan
mengapa demian, tentu dengan kita mengenal faktor pendukung keberhasilan sudah tentu mengarahkan kita kedalam sebuah pencapaian, ada dua didalm faktor pendukung keberhasilan belajar yaitu internal dan eksternal.
Faktor Internal
  1. Dari Pikiran, pikiran adalah suatu yang berasal dari pemikiran kita dalam menghadapi keberhasilan, didalam kaitannya faktor pikirannya sebagai arah atau penentu kemana tujuan kita belajar agar tercapainya keberhasilan.
  2. Dari Konsetrasi, Konsentrasi adalah memfokuskan keberhasilan apa yang akan kita capai dalam suatu pembelajaran, sama halnya dengan pikiran jika kita memikirkan seseuatu itu untuk keberhasilan belajar justru tentu kita harus memfokuskan konsentrasi kita terhadap apa yang akan dicapai,
  3. Motivasi, mengapa suatu motivasi itu penting jika ingin melakukan suatu perubahan tentu harus memahami mengapa pentingnya dan arti motivasi bagi keberhasilan dalam belajar, motivasi bertujuan untuk menunjukan semangat dan kerja keras kita dalam hal mencapai apa yang ingin kita dapatkan, terutama dalam menanamkan pendukung motivasi belajar.
Faktor Eksternal
  1. Keluarga, mengapa karna keluarga sangat erat kaitanya karna keluarga juga merupakan salah satu bentuk dari motivasi kita dalam mencapai suatu keberhasilan.
  2. Lingkungan, justru lingkungan kitalah yang sangat menentukan kemana arah tujuan ini, karna kaitannya lingkungan itu sangat besar pengaruhnya terutama dalam hal mencapai keberhasilan belajar.
  3. Teman dan Sahabat, kedua hal ini juga berpengaruh, ada yang mengatakan bertemanlah dengan penjual parfume maka kamu akan mendapatkan harumnya, pendapat itu menjelaskan bahwa jika kita ingin berhasil maka lihatlah dengan siapa kita bersahabat dan dengan siapa kita berteman.
    "Berteman itu bebas dengan siapa saja akan tetapi kamu harus bisa memilih mana yang baik buatmu dan mana yang buruk dan harus ditinggalkan".
KESIMPULAN:
Setelah mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung keberhasilan belajar, tentu kita harus lebih giat lagi dalam mencapai keberhasilan itu semua, berangkat dari niat, tekad yang kuat dan juga keyakinan kita terhadap akan apa yang kita capai, tentu itu semua mengarahkan kemana tujuan kita ini dalam hal pencapaian keberhasilan belajar.
Itu saja yang dapat saya sampaikan jika terdapat kesalahan dalam saya menerapkan mohon dikomentari dan juga memberikan saran agar saya, dan kita semua menjadi lebih baik dari pada hari ini, karna hari ini bukanlah hari esok dan begitu seterusnya. Sekian dari saya, saya ucapkan terima kasih untuk semua yang telah membaca antara belajar dan keberhasilan belajar.

Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

2 comments:

  1. beberapa form dalam blog ini blum optimal. coba perbaiki. utamanya contact form. tadi saya mau bisikin sesuatu via contact form tapi contact formnya error

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak atas koreksinya omblogging.
    Akan segera diperbaiki kendala2 yg ada. :)

    ReplyDelete

Blog Archive