January 11, 2017

CARA BELAJAR HAL BARU MENYENANGKAN


CARA BELAJAR HAL BARU MENYENANGKAN
Seperti yang pernah kita ketahui belajar sesuatu yang baru itu memiliki banyak manfaat disamping menambah wawasan dan pengetahuan, kita pun mendapatkan pengalaman akan hal baru tersebut. Nah, kali ini saya akan memberikan sesuatu tips pengalaman pribadi saya, mengapa sih belajar hal baru itu menyenangkan, dan bagaimana cara belajar menyenangkan dan tidak membosankan ?

Untuk kamu yang menganggap belajar sesuatu yang baru itu membosankan, sulit atau sebagaimana alasannmu, itu mungkin disebabkan karna ketidakbiasaan kamu terhadap hal baru tersebut.
"Namun artikel saya ini punya tips khusus yang membahas cara belajar hal-hal baru yang bisa menghilangkan masalah-masalahmu itu".

Begitu juga bagi kamu yang senang dengan belajar hal baru, artikel ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuanmu bertambah.

Oke, pertama saya akan membahas pengertian belajar. Menurut Gagne dalam bukunya The Conditions of Learning 1977, belajar merupakan sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, yang keadaaannya berbeda dari sebelum individu berada dalam situasi belajar dan sesudah melakukan tindakan yang serupa itu.

Nah, klo versi saya, belajar itu adalah seseorang yang ingin memulai mengetahui akan hal baru sebab timbulnya rasa penasaran atau keingintahuannya terhadap sesuatu hal baru tersebut.

Tentu banyak sekali pengertian belajar menurut para ahli yang dapat kamu baca, tapi kali ini kita bukan membahas pengertiannya saja, disini kita akan membahas cara belajar hal baru itu menyenangkan baik dari hal baru yang unik dan juga hal baru di dunia terlebih hal baru dalam hidupmu yang sifatnya positif..

Belajar hal baru, pasti kamu pernah mendengar dari beberapa orang bahwa hal baru itu banyak versinya. jawabnya tentu !!! Sebab, hal itu tergantung dari kegiatan apa yang akan kamu pelajari dan bagaimana kamu mengetahui akan hal baru tersebut.
Seperti pengertian belajar menurut versi saya diatas tadi, belajar karna rasa timbulnya penasaran, itu merupakan langkah awal kamu untuk mengetahuinya. Sehingga kamu dapat mengetahui potensi apa yang ada pada dirimu.

Tentu bagi sebagian orang, membaca artikel terlalu panjang itu membosankan, namun disini saya akan membahasnya satu persatu yang membuat rasa membosankan itu hilang karna bertambahnya pengetahuan dan wawasanmu. Silahkan disimak.

1. Pilihlah Hal Baru Sesuai Niatmu.
Begini contohnya, bagaimana sesuatu hal baru itu akan menyenangkan, kalau dari awal saja kamu tidak ada niat untuk mempelajarinya. Muncul sebuah pertanyaan.
Saya sudah ada niat kok, tapi setelah mempelajarinya masih saja merasa membosankan, lantas bagaimana demikian? oke, di akhir kalimat ini kamu akan mengetahui jawabannya.

Jadi, buat kamu yang belum memiliki niat terhadap hal baru tersebut, mungkin diawal kamu telah berpikiran resiko dari mendengar hal-hal buruk yang akan kamu pelajari dalam hal baru tersebut, tapi itu semua tergantung hal baru apa yang akan kamu pelajari, sekali lagi tergantung dari apa yang akan kamu pelajari. Tentu belajar sesuatu yang baru pasti menimbulkan resiko baik maupun buruk, tapi banyak sekali hal-hal baru positif diluar sana yang menimbulkan efek baik bagi diri dan pengetahuan kamu.

Pertama rubahlah terlebih dahulu niatan resiko buruk atau pola pikirmu terhadap hal itu, begini tipsnya, mulailah dengan mengetahui resiko dan dampak yang dialami akan hal baru tersebut, caranya lakukan pendekatan dengan teman yang pandai dalam bidang hal tersebut, lihatlah prestasi dan perubahan apa yang pernah diraih dan dialaminya, dengan browsing di internet, kamu juga dapat mengetahui hal positif apa saja tentang hal baru tersebut, bermanfaat atau tidak dengan yang akan kamu pelajari.

Oke, buat kamu yang telah memiliki niat, namun masih saja membosankan, itu mungkin kamu kurang mengetahui manfaat dan pengalaman akan hal baru tersebut. Lakukan interaksi dengan orang-orang terdekat, atau kamu merupakan tipe orang yang cepat bosan, kamu bisa sejenak mengingat dan melihat apa yang dialami dan prestasi yang dapat diambil dari orang-orang sukses dalam bidang tersebut, pikirkan "kok mereka bisa bisa saya tidak". Jadi dapat diambil contoh sebagaimana penjelasan diatas tadi.
Sekali lagi buat kamu yang ingin memulai namun tidak memiliki niat. "Mulai lah dengan rasa penasaran walaupun tak ada niatan dari awal kamu ingin mengetahuinya".

2. Membuat Alasan Kuat Mengapa Kamu Perlu Belajar Hal Baru.
Tentukan, alasan apa saja sehingga belajar hal baru itu menyenangkan, sebagaimana saya ambil contoh, ketika kamu berjalan ke sebuah tempat yang menyenangkan, pastinya kamu memiliki alasan tersendiri mengapa kamu ketempat itu, sebab karna menghibur diri dikala bosan, atau ada alasan-alasan lain yang menyenangkan dirimu ketika mengunjungi tempat tersebut. Alasan yang kuatlah yang membuat sebuah tempat itu menjadi menyenangkan.

"Saya sudah membuat alasan tapi hal baru itu membuat saya merasa aneh dan berbeda."
Mengapa demikian,kita lihat dahulu perbedaan apa dan perasaan aneh apa, jika itu membuatmu menambah wawasan dan pengetahuan, justru itu baik buatmu, namun jika hal itu datang dari ejekan atau sindirin teman karna melihat kamu anggota sebagai baru itu juga merupakan hal baru bagimu.
mengapa? simak dulu penjelasan di bawah.

Hal yang membuat berbeda bukan datang dari tempat hal baru itu, karna diri kalian sendiriah yang membuat itu menjadi terasa lain atau berbeda, sebab kalian tidak dapat mengatur perasaan sendiri, dikenal dengan baperan ketika bertemu dengan teman, kru, atau anggota-anggota yang jail dan suka membully lainnya.
Kita kembalikan ke awal, "kamu sudah memiliki alasan." lantas, pikirkan alasan kuat kamu tadi, untuk apa kamu bisa sampai ditempat ini. Yang pasti untuk menambah hal baru yang positif dan bermanfaat untuk wawasan, abaikan saja sindirin dan bullyan dari anggota-anggota dan temanmu, mungkin saja itu cara mereka untuk mengenal kamu lebih dekat, dengan begitu perlahan-lahan kamu akan tahu karakter-karakter dari teman dan anggota-anggota lainnya, karna itu juga merupakan hal baru bagi kamu.
jika kamu  ingin mengetahui hal baru itu menyenangkan, langkah yang harus dilakukan adalah membuat alasan kuat sehingga niat-niat yang membosankan sebelumnya menjadi menyenangkan ketika contohnya kamu mengunjungi sebuah tempat.

3. Membuat Suasana Yang Menyenangkan.
Bagaimana sesuatu yang baru bisa menyenangkan jika kamu tidak dapat membuat suasananya berbeda, ciptakan suasana sendiri yang bisa membuat mood kamu menyenangkan, menjadi kreatif dan inovatif dalam kegiatan juga membuat dirimu terlihat lebih menyenangkan daripada orang lain. Gunakan pengetahuan dan wawasanmu untuk menciptkan suasana yang menyenangkan.

4. Belajar Hal Baru dengan Cinta.
Begini, siapa yang tidak merasakan hal cinta, baik itu dari orangtua, sahabat, teman maupun pasangan kita sekalipun, membahas cinta tentu tidak ada habisnya, kali ini cinta yang saya bahas bukan tentang percintaanmu kepada kekasihmu, melainkan cinta kita terhadap hal baru tersebut. Bagaimana caranya?. Dapat dikatakan caranya sama seperti ketika kamu berkenalan dan memberikan cinta kepada oranglain.
Mulai dari melakukan pendekatan, mengetahui akan hal menarik dari hal baru tersebut dan juga memberikan perhatian lebih terhadap hal baru itu. Dengan begitu kamu perlahan menemukan chemistry atau kesan cinta itu sendiri dalam hal baru tersebut.

5. Melakukan Mediasi dan Beristirahat.
Tentu dalam mempelajari hal baru kita perlu tahu batas otak dan kemampuan tubuh kita, tapi jangan mudah menyerah dalam mempelajari hal tersebut, maka dari itu saya menyarankan agar melakukan mediatasi dan beristirahat yang cukup untuk memulai hal baru apa yang akan kamu temukan besok. Sebab besok dan hari ini banyak hal baru yang menunggumu diluar sana entah itu yang dapat kamu sadari maupun yang tidak kamu sadari.

Sekian pembahasan saya, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita dalam menambah hal-hal baru diluar sana. Karna tentu banyak sekali, cara belajar hal baru menyenangkan. yang dapat menambah ilmu pengetahuanmu.

( BACA JUGA ): 
Pentingnya Motivasi Bagi Mahasiswa dalam Belajar.
HAL MENARIK DI LINGKUNGAN KAMPUS KITA



Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive