January 26, 2017

Cara Menumbuhkan Soft Skill Yang Kita Miliki.

Cara Menumbuhkan Soft Skill Yang Kita Miliki - Kawan semua, mendengar kata soft skill tentu kita akan berpikir tentang kemampuan. hanya sebagian dari kita justru menimbulkan pertanyaan kemampuan apa yang sebenarnya ada pada diri kita, Kemudian definisi softskill jika ditinjau dari kamus Wikipedia adalah “sociological term relating to person’s emotional quotient, the cluster of personality traits, social graces, communication, language, personal habits, friendliness, and optimism that characterized reletionships with other people”. Sedangkan selain dari pada itu soft skills (ketrampilan non teknis) adalah sebuah ketrampilan yang sangat terkait dengan sikap dan perilaku kita menghadapi orang lain untuk membantu pekerjaan kita. Selain soft skill tentu ada juga Hard skill, adalah kemampuan  yang dapat menghasilkan sesuatu sifatnya visible dan immediate. Namun kali ini kita akan membahas soft skill terlebih dahulu.
Cara Menumbuhkan Soft Skill Yang Kita Miliki
Gambar 1
Untuk kalian yang belum tahu apa itu soft skill silahkan kalian membaca dan pahami artikel ini hingga selesai, dan bagi kalian yang sudah tahu apa itu soft skill, justru dengan kalian membaca artikel ini dapat 'menambah' pengetahuan kalian dalam mengetahui soft skill dan bagaimana cara menumbuhkannya. Oke kawan mari kita bahas bersama-sama.

Soft Skill Itu Apa?
Soft skill adalah sikap dan karakter yang ada pada setiap individu masing-masing, atau dapat dikatakan lebih jelasnya bagaimana kita berinteraksi, bersikap dan berprilaku terhadap orang lain. Menurut Ramdhani (2008) Soft skill sering juga disebut keterampilan lunak adalah keterampilan yang digunakan dalam berhubungan dan bekerjasama dengan orang lain. Secara garis besar keterampilan ini dapat dikelompokkan ke dalam, process skills, social skills, generic skills. Lalu bagaimana contoh yang ada pada soft skill? contoh soft skill antara lain adalah kemampuan beradaptasi, komunikasi, kepemimpinan, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, conflict resolution , dan lain sebagainya. Jadi, dapat saya simpulkan bahwa softskill adalaha perilaku setiap individu yang tidak terlihat wujudnya dan bersifat personal maupun interpersonal yang dapat berkembang dan meningkatkan pada kualitas diri seseorang.

Sekarang kita masuk ke pembahasan utama tentang bagaimana cara menumbuhkan soft skill yang kita miliki?

1. Mengatur Emosi Yang Kita Miliki.
Kita bisa mengatur menjadi seperti apapun bentuk emosi yang ada pada diri kita. Oleh karena itu, agar emosi tetap berada di posisi yang baik dan positif, haruslah pandai-pandai memilih informasi yang kita terima.
Ada beberapa cara dalam mengatur emosi yang kita miliki yaitu, menenangkan diri, mengingat dampak negatif akan apa yang terjadi, memaafkan dan melupakan.

2. Berkomunikasi Dengan Baik dan Efektif.
Didalam berkomunikasi tentu diperlukan hubungan antara penyampai dan pemenerima komunikasi, justru itu didalam mengembangkan soft skill kita perlu menetahui dasar berkomunikasi dengan baik, berikut beberapa cara yang akan saya sampaikan, yang pertama tampil dengan keberanian dengan maksud tujuan apa yang ingin kita sampaikan dalam berkomunikasi. Dan pikirkan kata-kata sopan dan santun anda lalu sesuaikan topik pembicaaran dalam mengatur intonasi nada suara secara halus dan sopan, jangan terlalu muji diri sendiri didalam lawan bicara dan tentunya berlatihlah secara teratur untuk meningkatkan kemampuan kalian didalam berkomunikasi.

3. Miliki Daya Pikir Yang Inovatif.
Daya pikir kita tentunya adalah pendorong semua perbuatan dan perilaku kita, tentu hubungan antara keduanya saling berkaitan, didalam mengembangkan soft skill yang kita miliki tentu kita harus memiliki daya pikir yang majinatif, menyukai tantangan, anti kemapanan, kreatif, kritis dan memiliki rasa ingin tahu yang besar.

Teman - teman, itulah beberapa yang dapat saya sampaikan, tentunya  banyak sekali referensi hal-hal lainnya diluar sana yang dapat menumbuhkan soft skill yang kita miliki, jangan pernah terlambat untuk menuntut ilmu dan bacalah buku dari berbagai sumber. Itu saja dari saya tentang Cara Menumbuhkan Soft Skill Yang Kita Miliki.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive