January 21, 2017

Pemicu Utama Masalah Belajar Yang Sering Dialami Mahasiswa

Pemicu Utama Masalah Belajar Yang Sering Dialami Mahasiswa, berangkat dari tema yang diangkat kali ini saya akan memberikan masalah-masalah apa saja yang menjadi faktor utama yang sering dialami oleh seorang mahasiswa, tentu jika dikaitakan dengan keberhasilan belajar masalah itu adalah salah satu faktor yang menggangu dalam proses belajar. Belajar merupakan hal yang umum dilakukan oleh semua orang, banyak yang beranggapan bahwa belajar itu adalah suatu proses prubahan yang mengarah kearah yang lebih baik dan adapula yang menganggap belajar adalah proses yang kita awalnya tidak tahu menjadi tahu dengan kita melakukan belajar, tapi pernahkan kita mengalami yang namanya kesulitan atau masalah dalam proses belajar?, tentu ada sebagian dari beberapa mahasiswa yang bermasalah dalam proses kegiatan belajarnya, terutama dalam hal memahami dan menangkap ilmu mata kuliah apa yang telah disampaikan oleh dosen atau pengajar tentunya.

Namun, demikian jika kita telah menganalisis apa saja yang menjadi faktor masalah dalam belajar, tentu itu akan menimbulkan dampak baik bagi kita semua, terutama kaitannya dalam belajar, coba kita renungkan bersama, ketika kita ingin hendak memulai suatu proses pembelajaran dan ketika itu juga banyak masalah yang kita hadapi namun kita tidak dapat mengatasinya, bukankah itu suatu hal yang buruk bagi proses belajar kita? tapi kali ini saya akan memberikan pengetahuan saya akan hal tersebut, tentu dengan kalian tahu akan hal ini, maka kalian dapat merubah masalah itu menjadi suatu hal yang bermanfaat.

DUNIA KAMPUS, setelah membaca urain tadi maka dapat saya jelaskan kembali, bahwasannya ketika kita ingin merubah pola belajar, maka kalian harus mengetahui masalah apa yang sering kalian alami, kali ini saya akan memberikan suatu pengetahuan tentang masalah belajar yang sering dihadapi oleh mahasiswa, langsung saja kita simak bersama apa saja masalah-masalah tersebut.

1. Masalah Individu Dari Faktor Kerajinan, Semangat Belajar dan Pola Pikir.
yang satu ini erat kaitanya dengan keberhasilan dalam proses belajar, mengapa? jika dalam hal belajar masalah kerajinan dan semangat berkurang tentu akan berdampak buruk pada pola pikir kalian, sebagai contoh mengapa masih ada mahasiswa yang telat hadir ketika pelajaran berlangsung dengan alasan bahwa ia telat atau bangun kesiangan, tentu dalam masalah ini, semangat dan kerajinan kalian berkurang seiring dengan pola pikir kalian yang tidak dapat memanajemen waktu sebaik mungkin.

2. Faktor Pengajar Yang Terlalu Ketat & Serius.
pengajar atau dosen adalah salah satu sumber utama yang memberikan ilmu pengetahuan didalam kelas, dengan cara mengajar mereka yang seperti itu, sehingga mahasiswa merasa dapat menimbulkan dampak berkurangnya semangat akan hal yang terlalu ketat & serius. mengapa demikian, tentu tidak semua mahasiswa mengalami hal yang serupa bahwasannya ada juga mahasiswa yang senang dengan pola mengajar dosen seperti yang saya sebutkan tadi.

3. Faktor Fasilitas Kelas Yang Tidak Memadai.
mengapa? karna kelas sangat erat kaitannya dengan proses belajar, bagaimana ketika kita hendak memulai proses belajar jikalau fasiltas dan alat pembantu proses belajar terlebih kebersihan kelas yang tidak memadai, itu menjadi pemicu utama dalam kegiatan belajar tentu akan berpengaruh dalam masalah belajar kita.

4. Faktor Teman.
tentu teman adalah salah satu yang bisa menjadi faktor utama dalam masalah belajar, mengapa saya sebut demikian, sebab didalam kelas yang sedang berlangsung dalam proses belajar, disamping itu juga ada teman yang sibuk sendiri dengan ceritanya, gadgetnya dan juga keributannya didalam kelas yang menganggu aktivitas belajar kita.

5. Faktor Lingkungan.
justru lingkunganlah yang menjadi faktor utama kita dalam masalah belajar, sebab jika kita tidak terbiasa dengan lingkungan yang ada tentu akan berpengaruh dengan proses belajar kalian, lingkungan juga memberikan kita pengetahuan bahwa didalam masalah belajar itu perlu memahami dan mengenali lingkungan aktivitas belajar, agar erat kaitannya antara lingkungan yang ada dengan aktivitas belajar kita didalam lingkungan kampus.

Kesimpulan :
Itulah beberapa yang dapat sampaikan dalam hal kaitannya yang menjadi masalah yang sering dialami mahasiswa dalam belajar, tentu belajar itu bukanlah sesuatu hal yang instan, akan tetapi jika kita telah mengetahui masalah apa yang ada tentu itu akan mumudahkan kita semua dalam hal proses belajar.
Sekian dari saya, semoga apa yang saya sampaikan diatas tadi dapat merubah pola pikir kita dalam hal perubahan proses belajar yang lebih baik lagi. Saya ucapkan terima kasih untuk semua.

Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

2 comments:

  1. ya mas.. kalau ada dosennya yang susah, pasti bingung dah karena nilainya ga bisa bagus.. saya pernah gitu, sudah buat tugas dan praktek baik, eh malah dikasi D..
    hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang sabar ya mas hhe..
      terima kasih atas kunjungannya.

      Delete

Blog Archive