January 22, 2017

Cara Mengatasi Risiko dalam Kewirausahaan.

Kawan apa kalian tahu macam-macam risiko? nah untuk itu kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang dimana pembahasan kita kali ini mengenai macam-macam risiko dengan cara mengatasinya. ke bagi kalian yang belum mengerti akan dasar-dasar risiko, saya sarankan kalian membacanya hingga selesaim, karna sumber yang saya dapatkan ini berasal dari dosen yang  mengajar di kampus saya, jadi silahkan kalian pahami hingga selesai.
nah untuk kalian yang sudah mengerti tentang risiko, saya sarankan kalian membacanya lagi, sebab macam dan cara risiko itu banyak dan berbeda dari berbagai macam sumbernya, beda pemikiran tentu berbeda jawaban, semoga dengan kalian membaca sumber yang satu ini dapat bermanfaat buat kalian. Oke mari kita bahas bersama.
Cara Mengatasi Risiko dalam Kewirausahaan.
Gambar.1.0
MACAM – MACAM RISIKO
Menurut sifatnya risiko dapat dibedakan ke dalam, Risiko yang disengaja atau resiko spekulatif, risiko yang tidak disengaja atau resiko murni, risiko fundamental, risiko khusus dan risiko dinamis.
Dapat tidaknya risiko tersebut dialihkan kepada pihak lain, maka risiko dapat dialihkan ke dalam: Risiko yang dapat dialihkan kepada pihak lain dan risiko yang tidak dapat dialihkan kepada pihak lain atau tidak dapat diasumsikan.
Menurut sumber/penyebab timbulnya resiko dapat dibedakan ke dalam:
Risiko intern yaitu risiko yang berasal dari dalam perusahaan itu sendiri, seperti kerusakan aktiva karena ulah karyawan sendiri, kesalahan manajamen .
Risiko ekstren yaitu risiko yang berasal dari luar perusahaan, seperti risiko pencurian, penipuan, persaingan dan perubahan kebijakan pemerintah.

METODE PENGIDENTIFIKASIAN RISIKO
Untuk melakukan pengidentifikasian dalam mengatasi resiko yang anda perlukan adalah sebagai berikut :

  • Melakukan daftar pertanyaan/kuisioner.
  • Menggunakan laporan keuangan.
  • Membuat flow-chart barang mulai dari bahan mentah sampai menjadi barang jadi, sehigga dapat diketahui risiko-risiko yang dihadapi pada masing-masing tahap dari aliran tersebut.
  • Pemeriksanaan langsung.
  • Mengadakan interaksi dengan depertemen/bagian dalam perusahaan.
  • Mengandalkan interaksi dengan pihak luar.
  • Melakukan analisis terhadap kontrak-kontrak yang telah  dibuat dengan pihak lain.
  • Membuat dan menganalisis catatan/statistic mengeanai bermacam-macam kerugian.
  • Mengadakan analisis lingkungan.
Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan didalam pengidentifikasian risiko.


UPAYA PENANGGULANGAN RISIKO
Adapun upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi risiko adalah sebagai berikut :

  1. Melakukan pencegahan dan pengurangan terhadap kemungkinan terjadinya peristiwa yang menimbulkan risiko.
  2. Melakukan retensi atau mentolelir membiarkan terjadinya kerugian.
  3. Melakukan pengendalian terhadap risiko.
  4. Mengalihkan/memindahkan risiko kepada orang lain secara sehat.
Itulah beberapa yang dapat saya sampaikan, tentu banyak sekali artikel-artikel lainnya yang membahas macam-macam resiko dengan cara mengatasinya, silahkan kalian menambah wawasan kalian dengan membaca dari berbagai macam sumber. saya memiliki salah satu kutipan dari Nora Robert - "jika kamu tidak mengejar apa yang kamu inginkan, maka kamu tidak akan mendapatlkanya. Jika kamu tidak bertanya maka jawabannya adalah tidak. Jika kamu tidak melangkah maju, kamu akan tetap berada di tempat yang sama".
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive