January 28, 2017

5 Hal Kemampuan Untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional.

5 Hal Kemampuan Untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional. 
Mengapa kita perlu mengetahui tujuan pendidikan? dan perlukah kita memiliki kemampuan untuk memaksimalkan tujuan tersebut? Mari kita bahas bersama-sama, pendidikan dapat diartikan sebagai proses belajar dan mengajar untuk mewujudkan kualitas diri peserta didik yang secara aktif berdasarkan usaha sadar dan nyata. Adapun pengertian diluar sana tentu banyak para ahli yang mendefinisikan konteks diluar apa yang saya definisikan diatas. Berangkat dari definisi diatas bahwasannya pendidikan adalah bagaimana kita dalam proses belajar dan proses mengajar namun di dalam proses itu semua, mengapa kita perlu memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, untuk itu perlulah kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud tujuan pendidikan.
5 Hal Kemampuan Untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional.
DUNIA KAMPUS
Ki Hajar Dewantoro sebagai bapak pendidikan di Indonesia, memberikan penjelasan mengenai tujuan pendidikan, yaitu dengan mengajarkan berbagai macam disiplin ilmu kepada peserta didik agar mereka memiliki kepribadian baik dan sempurna dalam hidup, di mana ini akan sejalan dengan masyarakat, alam, dan lingkungan. Secara umum tujuan pendidikan dapat diartikan sebagai salah satu unsur dari pendidikan yang berupa rumusan tentang apa yang harus dicapai oleh para peserta didik. Lalu bagaimana cara kita agar memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan itu semua. Dapat dikatakan kemampuan adalah sesuatu yang kita miliki dapat berupa skill dan potensi apa yang ada pada diri kita.
Lalu kemampuan bagaimana agar kita dapat menghubungkannya demi tercapainya tujuan pendidikan nasional.

1.  Kemampuan Dasar Mengajar.
Guru atau pengajar pada umum memberikan pemahaman ilmu pengetahuan terhadap peserta didik. Untuk menciptakan tujuan pendidikan nasional diperlukanlah kemampuan dasar dalam mengajar, mengapa jika kita tidak memiliki dasar dalam hal mengajar tentu kita tidak tahu akan kemana arah tujuan pendidikan ini.

2. Kemampuan Menjelaskan Materi.
Menjelaskan suatu materi tentunya harus didasari dengan kemampuan mengajar, mengapa? Sebab didalam pemyampaian materi tentunya kita harus memahami apa isi dari materi apa yang akan disampaikan kepada peserta didik.

3. Kemampuan Mengelola Kelas.
Kelas adalah suatu tempat dimana guru dan siswa melakukan kegiatan aktivitas belajar dan mengajar, erat kaitannya kemampuan ini dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Sebab kelas

4. Kemampuan Memberikan Pemahaman.
Mengapa? Sebab didalam memberikan pemahaman kepada peserta didik dimana mereka yang sebelumnya belum memahami bagaimana cara memandang belajar efektif dan efisien dalam mencapai cita-citanya, justru tentunnya kita juga perlu memberikan pemahaman perbedaan yang sifatnya positif dan yang mana negatif harus ditinggalkan.

5. Kemampuan Memberikan Motivasi.
Hubungan motivasi dengan tujuan pendidikan tentu saling berkaitan dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, sebab dimana motivasi berperan memberikan pengetahuan dan penyemangat didalam peserta didik dalam mewujudkan cita-citanya.

KESIMPULAN
Itulah 5 Hal Kemampuan Untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional yang harus kita miliki, tentu banyak sekali kemampuan-kemampuan lainnya yang dapat kalian pelajari diluar sana. Adapun kemampuan yg pertama adalah kita harus tahu potensi dan kemampuan apa yang kita miliki untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Karna pada dasarkan tujuan pendidikan adalah terciptanya pendidikan bangsa dan generasi bangsa yang lebih baik.

Sekian dari saya hanya sebatas itulah kemampuan saya dalam memberikan 5 hal kemampuan untuk menciptakan tujuan pendidikan nasional, kurang dan lebihnya saya mohon maaf dan terima kasih untuk para pembaca sekalian, semoga kita semua bisa menciptakan generasi bangsa yang lebih baik lagi.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive