January 30, 2017

Peranan Pemerintah Dalam Kegiatan Ekonomi Yang Terjadi

Sobat, mendengar kata pemerintah tentu berkaitan dengan ekonomi, apakah stabil atau ada perubahan dalam waktu dekat ini, namun didalam itu semua kita harus tetap melihat bagaimana kita harus bersikap dengan permasalah yang menyangkut pada sistem perekonomian yang terajdi saat ini tentu secepatnya harus diatasi pemerinta, nah untuk itu kali ini saya akan membahas hal yang berkaitan dengan itu semua terutama peranan pemerintah dalam kegiatan ekonomi yang terjadi, tentu masih dalam cakupan dunia pendidikan dan untuk dijadikan referensi belajar ekonomi kalian.

Peranan Pemerintah Dalam Kegiatan Ekonomi Yang Terjadi
(gambar by: pixabay.com)

Untuk kalian yang belum paham, saya sarankan untuk membaca dari awal hingga akhir sebab banyak sekali ilmu yang akan kalian dapatkan jika kalian menyimak dengan seksama.
Dan bagi kalian yang sudah paham mengenai peranan pemerintah dalam kegiatan ekonomi yang terjadi sedikit saya sarankan coba anda melihat apakah ada perbedaan dari referensi yang anda baca sebelumnya dengan apa yang saya tuliskan.

Mari kita bahas bersama-sama...

Peranan Pemerintah dalam kegiatan ekonomi.
Dalam sistem perekonomian tentu ada pihak yang mengatur itu kegiatan semua. Pemerintah semaksimal mungkin mengatur kegitan itu semua agar terciptanya sistem perekonomian yang lebih baik lagi, tapi apakah kita semua tahu bagaimanakah peran pemerintah dalam mengatur kegiatan ekonomi? nah untuk itu kita pahami terlebih dahulu peranannya dibawah ini.

1. Peran Pemerintah Sebagai Pengatur.
yaitu untuk mengatur alur lalu lintas perkembangan perekonomian yang ada didalam negeri, tentu  selain itu peran pemerintah juga menjaga agar stabilnya ekonomi seta mengatasi dan mencegah agar tidak terjadinya masalah yang menimbulkan dampak kerugian pada rakyat.

2. Peran Pemerintah Sebagai Konsumen.
sebagai pengguna barang dan jasa hasil produksi dalam memenuhi segala kebutuhan dan perlengkapan terutama dalam menjalankan tugasnya.

3. Peran Pemerintah Sebagai Produsen.
yaitu dengan menjalankan perusahaan milik negara, baik didalam bidang jasa maupun produksi yang tujuannya bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat dan negara. Contoh, tambang minyak dan PLN dan PAM. dll.

Setelah mengetahui peranan pemerintah dalam kegiatan ekonomi tentu kalian tahu bahwa pemerintah erat kaiatanya dalam menjaga stabulitas perekonomian yang ada, lalu apakah efek yang terjadi dalam kegiatan pemerintah. Tentu, berikut permasalahannnya adalah masalah pokok pada ekonomi modern contohnya kelangkaan dan pilihan. dan juga masalah ekonomi dengan kesempatan kerja sangat erat dimana dengan adanya kebutuhan ekonomi yang baru dan memerlukan tenaga kerja yang banyak, dan setiap orang akan memperoleh kesempatan kerja ditempat tersebut.

Sobat, sampailah kita dipenghujung artikel ini, semoga dengan apa yang saya paparkan diatas menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita bersama dalam peranan pemerintah dalam kegiatan ekonomi.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive