January 16, 2017

Contoh Soal Statistik Yang Dapat Kamu Pelajari.

DUNIA KAMPUS, contoh soal statistik yang dapat kamu pelajari, tau gak kamu dengan mata kuliah statistik, nah bagi kamu yang belum tahu apa itu tentang statistik dalam dunia kampus, silahkan kamu baca-baca terlebih dahulu tentang Statistik Itu Apa? dan buat kamu yang sudah tahu apa itu statistik, kali ini saya akan membagikan contoh soal yang diberikan oleh dosen saya selama mengikuti perkuliahan statistik. Jadi buat kalian yang ingin menambah pengetahuan tentang statistik, silahkan meembaca artikel ini sampai selesai.

namun sebelumnya saya membagikan contoh soal ini, saya berpesan kepada pembaca semoga contoh soal ini bisa membantu kamu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen/pembimbingmu.


Oke, mari kita baca dan pelajari bersama apa saja itu contoh soal statistik yang dapat kamu pelajari.

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan tendensi sentral atau ukuran pemusatan!
Jawaban :
Tendensi Sentral merupakan upaya mengetahui kondisi kelompok subyek dengan mengetahui nilai sentral yang dimiliki. Nilai sentral suatu rangkaian data adalah nilai dalam rangkaian data yang dapat mewakili data tersebut.

2.Jelaskan apa kelebihan dari masing-masing ukuran pemusatan (mean, median, dan modus)
Jawaban :
MEAN
Keunggulan :  
Rata-rata lebih dikenal banyak orang sehingga penggunaannya pun lebih mudah.
Setiap rangkaian data kuantitatip memiliki rata-rata dan hanya satu rata-rata.
Oleh karena serangkaian data memiliki hanya satu rata-rata, maka ukuran pusat data ini dapat digunakan dengan baik dalam prosedur-prosedur statistika seperti perbandingan dua atau lebih rangkaian data.
MEDIAN
Keunggulan :
Tidak dipengaruhi oleh data ekstrim.
Dapat digunakan untuk data kualitatif maupun kuantitatif.
Cocok untuk data heterogen.
MODUS
Keunggulan :
Tidak dipengaruhi oleh data ekstrim.
Cocok digunakan untuk data kuantitatif maupun kualitatif.

3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ukuran penyebaran (variabilitas) serta macam-macam ukuran penyebaran (variabilitas) !
Jawaban :
Ukuran penyebaran ( variabilitas ) adalah suatu ukuran yang menyatakan seberapa besar nilai – nilai data berbeda atau bervariasi dengan nilai ukuran pusatnya atau seberapa besar penyimpangan nilai – nilai data dengan nilai pusatnya.
Macam-macam Ukuran
a.Jangkauan
b.Simpangan rata – rata
c.Simpangan standar
d.Nilai standar
e.Koefisien variabilitas

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Jangkauan (range) dan kelemahannya dalam menjelaskan tentang ukuran penyebaran (variabilitas data) !
Jawaban :
(range) atau disebut juga dengan jangkauan adalah selisih antara data dengan nilai yang terbesar dengan data denga nilai yang terkecil tersebut.
Kelemahan Range:
Penggunaannya sangat terbatas.
Sangat tergantung pada nilai tertinggi dan nilai terendah sehingga mempunyai fluktuasi yang sangat besar.
Range kurang memenuhi definisi sebagai alat pengukuran variabilitas karena tidak dapat menunjukkan letak tendensi sentral dan penyebarannya/ tidak menunjukkan bentuk distribusi.

5. Jelaskan apa yang dimaksudkan dengan deviasi standard (simpangan baku)!
Jawaban:
Standar deviasi adalah nilai statistik yang digunakan untuk menentukan bagaimana sebaran data dalam sampel, dan seberapa dekat titik data individu ke mean – atau rata-rata – nilai sampel. Sebuah standar deviasi dari kumpulan data sama dengan nol menunjukkan bahwa semua nilai-nilai dalam himpunan tersebut adalah sama. Sebuah nilai yang lebih besar akan menunjukkan bahwa titik data individu jauh dari nilai rata-rata.

DUNIA KAMPUS, apa kamu sudah selesai dan memahami bagian-bagian dari contoh soal statistik tadi, jika kamu belum paham akan hal itu, silahkan baca kembali apa yang telah saya bagikan mengenai contoh soal statistik yang dapat kamu pelajari diatas, semoga dari contoh soal statistik yang saya bagikan tadi bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan dan wawasanmu dalam pelajaran statistik.
Akhir kata saya ucapkan terima kasih.

Salam sehat  dan Sukses selalu.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Blog Archive