February 10, 2017

Cara Memilih Jurusan Kuliah untuk Pelajar

Cara Memilih Jurusan Kuliah untuk Pelajar - Sobat semua setelah menumpuh masa SMA/SMK selama 3 tahun sebagian dari kalian tentu ada yang ingin bekerja dan ada juga yang melanjutkan ke universitas, akan tetapi kedua pilihan ini tentu kalian yang menentukannya masing-masing, dengan melihat kejadian yang ada setelah lulus SMA/SMK sedikit banyaknya dari kalian dihadapkan dengan pilihan dalam menetukan sebuah universitas dan jurusan yang akan kalian jalani selama masa perkuliahan nanti, mengapa hal ini perlu kita bahas bersama? Sebab didalam menjalani aktivitas perkuliahan kedepannya agar semuanya tidak terjadi salah paham terhadap pikiran - pikiran yang ada pada diri kalian sendiri. Yang nantinya tentu nanti dapat berakibat dan mempengaruhi bahwa kalian berpikir salah dalam pemilihan jurusan yang kalian pilih.
Cara Memilih Jurusan Kuliah untuk Pelajar
www.pixabay.com
Untuk itu sobat ada baiknya kalian membaca beberapa tips rangkaian dari saya tentang bagaimana cara memilih jurusan kuliah untuk pelajar ini sehingga nantinya agar menghindari hal - hal yang membuat kalian berpikir bahwa jurusan yang kalian pilih sudah sesuai dengan niat dan masa depan kalian. Karna nanti di dalam dunia kampus yang akan kalian hadapi, tentunya banyak sekali hal menarik dilingkungan kampus kita didalam proses kegiatan pembelajaran tentu akan menghadapi beberapa tantangan dan pembelajaran yang berbeda disaat kalian menempuh masa SMA/SMK. Sebab di bangku perkuliahan tentu banyak sekali hal-hal baru yang akan kalian dapatkan asalkan sesuai dengan jurusan yang kalian minati.

Sobat semua, untuk mempersingkat pembahasan kita kali ini berikut akan saya paparkan beberapa cara yang dapat kalian terapkan sebelum memilih jurusan kuliah.

1. Mengenali Diri Sendiri Terhadap Bidang dan Potensi Apa Yang Ada Pada Dirimu.
Sebelum menentukan jurusan apa yang ingin kamu pilih, maka kenali terlebih dahulu bidang dan potensi apa yang ada pada diri sendiri. Misalnya, pada waktu kamu masa sekolah kamu lebih berpotensi pada bidang olahraga, maka kamu dapat memilih jurusan olahraga, begitupun dengan kamu yang memiliki keahlian dibidang seni maka kamu dapat memilih jurusan seni dan keahlian kamu lain sebagainya, karna banyak sekali universitas-universitas yang menawarkan berbagai macam jurusan didalam pembelajarannya, jadi pilihlah sesuai dengan apa yang kamu kuasai, mengapa? Karena nantinya didalam proses kegiatan pembelajaran selama kuliah, tentu akan terasa lebih mudah jika sebelumnya kamu mengenali apa yang ada pada dirimu sehingga jurusan yang kamu pilih itu sudah sesuai dengan potensi dan bidang yang ada pada dirimu selama waktu SMA/SMK bahkan sebelumnya.

2. Mendalami Untuk Mencari Informasi Jurusan Yang Akan Kalian Pilih.
Sebelum kamu memilih maka kenalilah terlebih dahulu jurusan yang akan kamu pilih, dengan banyaknya informasi yang kamu cari tentang jurusan yang dipilih, maka semakin banyak juga informasi yang akan kamu dapatkan untuk mendalami jurusan yang akan kamu pilih. Contohnya kamu dapat bertanya kepada orang-orang yang masih atau sudah menjalani proses kuliah yang sesuai dengan jurusan yang akan kamu pilih, dengan adanya informasi dari pengalaman mereka tentu itu akan memberikan semangat tersendiri  buat kamu dalam memilih jurusan kuliah, atau juga dengan membaca buku-buku dan artikel-artikel terkait dengan jurusan yang akan kamu pilih tersebut dan perbanyaklah dalam mengenali jurusan yang akan kamu pilih.

3. Pikirkan Jurusan Yang Kamu Pilih Itu Apakah Sudah Sesuaikah Dengan Cita-Citamu.
Mengapa harus sesuai? Didalam memilih jurusan bukanlah sesuatu hal untuk coba-coba, karna kedepannya nanti jurusan inilah sebagai faktor pendukung kamu dalam mengarahkan kemana cita-cita yang akan kamu impikan. Contoh, Kalian yang lulusan SMA sebagai jurusan IPS dapat memilih jurusan Kedokteran, mengapa? walaupun bidang IPS tidak lebih mendalami dasar-dasar dunia kedokteran, itu bukanlah suatu masalah, semua itu kembali pada diri masing-masing didalam menentukan cita-cita, sebab jika ingin berhasil di jurusan yang kamu pilih tentu harus semangat semaksimal mungkin agar tercapainnya. Jadi Pikirkanlah terlebih dahulu apakah jurusan yang kamu pilih itu sudah sesuai dengan jalur menuju cita-citamu, karna kita sebagai seorang pelajar didalam proses menuntut ilmu tentu memiliki keinginan dalam mencapai cita-cita yang kita impikan dan banggakan.

4. Jangan Takut Dengan Biaya Perkuliahan Terhadap Jurusan Yang Dipilih.
Mengapa? Jangan takut untuk mengambil suatu keputusan, karna keputusan itu semua berasal dari diri kamu sendiri, dalam perkuliahan jangan pernah takut dengan masalah biaya, didalam kegiatannya banyak sekali perusahaan-perusahaan, pemerintah maupun universitas yang menawarkan beasiswa, kesempatan inilah yang dapat kamu gunakan didalam menempuh masa kuliah. Kaitannya didalam memilih jurusan tentu kalian tidak perlu takut dalan masalah biaya, karna waktu perkuliahan tidaklah begitu padat dengan aktivitas sekolahmu dulu, jadi selama kamu berkuliah maka disamping itu kamu juga dapat bekerja dan adapun beberapa tips usaha untuk mahasiswa yang bisa kalian coba dalam memenuhi kebutuhan kuliah.

5. Konsultasikan Kepada Kedua Orang Tua.
Hal ini mungkin umum yang sudah terjadi mengapa saya taruh diterakhir karna didalam bahasannya menentukan dari diri sendiri, itulah sebab saya taruh di akhir pembahasan, karena ada sebagian dari mahasiswa yang dituntut oleh orang tuanya agar berkuliah sesuai dengan keinginan orang tuanya, melainkan bukan berdasarkan kemampuan dan bidang yang ia miliki. Tentu itu menjadikan beban buat anak didalam proses perkuliahannya dan berpikiran bahwa mereka salah mengambil jurusan. Jadi buat kamu ada baiknya kamu konsultasikan kepada kedua orang tua agar nantinya semua kegiatan pembelajaran yang kamu jalani selama proses perkuliahan selalu mendapatkan berkah, restu dan doa tulus dari kedua orang tuamu.
Baca Juga : Kuliah Atau Kerja Dulu ? Ini Perbedaanya.

Sobat, sampailah kita diujung pembahasan artikel kali ini, perkuliahan bukanlah sesuatu hal untuk bermain-main dan coba-coba, maka jurusan yang kamu pilih itulah yang akan kamu jalani selama kuliah. Jangan Ikut-ikutan teman didalam memilih jurusan dan jangan juga memilih karna terpaksa atau paksaan dari orang tua. Sebab banyak sekali tantangan dan hal baru menarik yang akan kalian hadapi dalam masa kuliah. Jadi pilihlah jurusan terbaikmu didalam memilih.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

0 komentar:

Post a Comment