February 1, 2017

Dampak - Dampak Dari Pelaksanaan Otonomi Daerah.

Dampak - Dampak Dari Pelaksanaan Otonomi Daerah - Sobat, apakah kalian tahu apa itu istilah otonomi daerah? Otonomi daerah menurut Wikipedia adalah hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Sedangkan menurut seorang ahli, mahwood mengatakan otonomi daerah adalah suatu hak dari masyarakat sipil guna mendapatkan sebuah kesempatan serta perlakuan yang sama, baik dalam hal mengekspresikan maupun memperjuangkan suatu kepentingan mereka masing-masing, dan ikut mengontrol sebuah penyelenggaraan kinerja pemerintahan daerah.
Dampak-Dampak Dari Pelaksanaan Otonomi Daerah
Gambar 01

Nah ketika kita melihat penjelasan dari kedua itu tentu kita tahu apa itu istilah dari ekonomi daerah, namum sobat, jika kita mengetahui definisinya tanpa membahas tujuannya sangatlah kurang lengkap, untuk itu mari kita membahas apa yang menjadi tujuan otonomi daerah. Tujuan dari otonomi daerah adalah membebaskan pemerintah pusat dari beban yang tidak perlu dalam menangani urusan daerah. Berikut hanya beberapa yang dapat saya sampaikan.

  1. Peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan memberikan peningkatan kesejahteraan kepada masyarakat agar semakin baik.
  2. Pengembangan kehidupan demokrasi.
  3. Memberikan keadilan.
  4. Adanya pemerataaan disetiap daerah.
  5. Menjaga hubungan yang serasi dari pusat dan antar daerah dalam rangka keutuhan NKRI.
  6. Mendorong untuk memberdayakan masyarakat.

Tentu jika kita telah mengetahui apa definisi dan tujuan dari otonomi daerah barulah kita membahas dampak-dampak dari otonomi daerah ini. Pelaksanaan otonomi daerah tentu membawa dampak positif dan dampak negatif bagi jalannya suatu sistem pemerintahan yang ada. Berikut dari dampak-dampak dari otonomi daerah.
Baca Juga : Peranan Pemerintah Dalam Kegiatan Ekonomi Yang Terjadi.

Dampak "Positif" Dari Pelaksanaan Otonomi Daerah.
Tentu sobat jika dari pelaksanaan otonomi daerah menimbulkan dampak positif diantaranya :

  1. Kesejahteraan merata antar daerah tersendiri.
  2. Lancarnya pembangunan  yang ada di setiap daerah masing-masing.
  3. Daerah-daerah yang ada menjadi mandiri.
  4. Pemerintah daerah akan lebih mudah mengelola sumber daya alam yang dimiliki daerahnya sendiri.
  5. Lebih mudah mengembangkan kebudayaanya sendiri.
Tentu setelah mengetahui apa yang menjadi dampak positif dari otonomi kita tentu kita dapat melihat bagaimana juga dampak negatif dari pelaksanaan  otonomi daerah itu sendiri.

Dampak Negatif Dari Pelaksanaan Otonomi Daerah.
Sobat berikut saya berikan dampak negatif dari pelaksanaan otonomi daerah.

  1. Memberikan kesempatan bagi oknum di dalam pemerintah daerah untuk melakukan tindakan yang bisa merugikan negara dan rakyat.
  2. Tidak adanya koordinasi dari pusat ke daerah karna daerah merasa bahwa yang memiliki otonomi adalah daerah.
  3. Membuat kesenjangan ekonomi yang terlampau sangat jauh antar daerah/kemiskinan merajalela.
  4. Kompetisi antar daerah karena setiap daerah ingin menonjolkan kebudayaannya tersendiri.
  5. Daerah yang miskin akan lebih lambat berkembang.
Setelah kita mengetahui apa itu otonomi daerah tentu kita semua menginginkan pertumbuhan, perkembangan dan sistem yang baik lagi di indonesia tercinta ini, kita sebagai warga negara yang baik tentu harus bijak dalam memilih mana yang harus dijalankan dan mana yang harus dikritisi bila ada suatu yang menyimpang dari sistem yang ada.
Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebihnya saya mohon maaf bila terdapat kesalahan dalam penyampaikan suatu materi kali ini. Terima Kasih.
Salam Sukses dan Sehat Selalu.
Share:

0 komentar:

Post a Comment