February 8, 2017

Jangan Sampai Perkataan Kita Menyakiti Hati Orang Lain

Jangan Sampai Perkataan Kita Menyakiti Perasaa Hati Orang Lain - Sobat, kita sebagian tentu tahu apa istilah dari perasaan, perasaan adalah suatu dimana hati dan pikiran seseorang untuk dapat mempertimbangkan suatu hal bersadarkan apa yang dirasakannya itu senang ataupun tidak senang, sedangkan menurut maramis perasaan adalah nada perasaan menyenangkan atau tidak, yang menyertai suatu pikiran dan biasanya berlangsung lama serta kurang disertai oleh komponen fisiologik, dan chaplin pun menyatakan bahwa perasaan adalah keadaan atau state individu sebagai akibat dari persepsi sebagai akibat stimulus baik externel maupun internal.
Jangan Sampai Perasaan Kita Menyakiti Hati Orang Lain
Gambar 1 : Jangan Sampai Perasaan Kita Menyakiti Hati Orang Lain
Berangkat dari pengertian diatas dapat saya tarik kesimpulan bahwa perasaan dan emosi memiliki sifat subjektif artinya berbeda antara individu satu dengan yang lainnya. Kita diharapkan bisa menyelaraskan antara perasaan dan emosi dengan keadaan lingkungan dan waktu. Dan juga suatu dimana keadaan yang di rasakan itu sedang terjadi pada diri seseorang berdasarkan emosi yang dikendalikan terhadap suatu yang terjadi pada dirinya, terutama didalam perasaan kepribadian, yaitu perasaan yang berhubungan dengan keseluruh pribadi, harga diri dan putus asa.

Dari kesimpulan saya bahwa perasaan itu selalu berhubungan dengan emosi, apakah kita dapat membatasi dan mengontrol emosi yang sedang kita rasakan, lalu bagaimana ketika perasaan kita yang telah lama terpendam terucap begitu saja melalui kata-kata yang tidak disenangi oleh orang lain sehingga itu menyakiti perasaannya, dikarenakan kita tidak dapat menahan emosi yang kita rasakan. Dan Jika kita menjelek-jelekkan orang lain, akankah kita bisa memperbaiki nama baik orang tersebut, sedangkan berita mengenai keburukannya sudah kita sebarkan kemana-mana?
Lalu bagaimana bila itu terjadi pada diri kita? Apakah itu menyakiti perasaan kita? Begitupun dengan orang yang telah kita sakiti perasaannya.

Sobat semua bila itu telah terjadi, dari apa yang telah menyakiti perasaan orang lain tersebut, tentu masih dapat kita kontrol, memperbaikinya dan meminta maaf dengan semua kesalahan yang telah diperbuat, akan tetapi dengan melihat keadaan dan situasi yang terjadi pada saat melakukannya. Namun, jika hal tersebut terus dibiarkan berlarut-larut tentu itu tidak baik bagi diri kita.

Lalu sobat apakah ada cara, bagaimana kita semua dapat memperbaiki itu semua? Tentu banyak cara yang bisa kita lakukan, mulai dengan meminta maaf, dan menyudahi apa yang telah terjadi tanpa membahas masalah yang telah lalu dan lain sebagiannya yang dapat merubah suasana perasaan menjadi lebih baik lagi. Sebab, menyakiti perasaan orang lain itu sangat berdampak pada kerugian diri sendiri terutama untuk kita yang sesama manusia, mengapa? Karna jika terus-terusan menyakiti perasaan orang lain tentu kita tidak akan merasa tenang dan dibayangi perasaan yang tak menentu atau merasa bersalah.

Lalu Bagaimana Caranya Agar Perkataan  Itu Tidak Menyakiti Perasaan Hati Orang Lain.

1) Pikirkan Kata-Kata Sebelum Kita Berucap.
Istilah Kata tentu besar kaitannya dengan perasaan seseorang, bila kita tidak dapat memilih kata yang baik dan benar tanpa memikirkan kata apa yang hendak di ucapkan tentu itu akan berdampak menyakiti perasaan seseorang, untuk itu pikirkanlah kata-kata yang positif agar tidak menyakiti perasaan seseorang tanpa kita sadari.

2) Aturlah Emosi dan Perasaan.
Jika sobat bisa mengendalikan diantara kedua hal ini, tentu didalam interaksi kita terhadap orang lain tentu komunikasi yang didapatkan berjalan baik tanpa menyakiti perasaan oranglain.

3) Menghargai Perbedaan Pendapat Orang Lain.
Jika diantara komunikasi yang telah kita dapatkan itu berjalan sebaik mungkin, tentu menghargai pendapat satu sama lain inilah yang perlu diperhatikan, sebab jika kita tidak dapat menghargai pendapat seseorang yang membuatnya tidak nyaman tentu itu berdampak pada emosi yang dapat menyakiti perasaan orang lain.

Sobat, jika ketiga aspek itu telah kita kuasai, tentu itu semua dapat memberikan kesan yang baik terhadap orang yang kita ajak berkomunikasi, sehingga tidak menimbulkan perasaan yang dapat menyakiti orang lain. Akan tetapi ada baiknya sebelum mengakhiri sebuah pembicaaran selalu akhiri dengan kata terima kasih dan meminta maaf jika ada kata yang kita tidak diketahui "mungkin" itu dapat menyakiti perasaan orang tersebut.

Sampailah kita di ujung artikel, perasaan orang lain adalah suatu hal yang tidak dapat kita rasakan melainkan orang itu sendiri, karna emosi, ucapan dan kata-kata yang tidak terkontrolah yang dapat menyakiti hati orang lain, karna perasaan orang lain itu tidak dapat kita bayang-bayangkan, sebab didalam hatinya dalam kita berkomunikasi tentu kita tidak sadar dan merasakan walaupun ada kemungkinan dari apa yang kita ucapkan itu dapat menyakiti hati dan perasaan orang tersebut. Untuk itu Jangan Sampai Perkataan Kita Menyakiti Hati Orang Lain.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

0 komentar:

Post a Comment