February 9, 2017

Sumber Daya Alam Strategis sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional Indonesia

Sumber Daya Alam Strategis sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional Indonesia

Sobat, istilah Sumber Daya Alam (SDA) ialah merupakan semua kekayaan alam yang berwujud benda mati atau hidup yang ada pada suatu tempat serta dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Lalu bagaimanakah hubungan SDA ini dengan modal dasar pembangunan nasional indonesia agar strategis? Jika kita bersama-sama memperhatikan indonesia merupakan salah satu negara yang giat melakukan pembangunan di berbagai sektor, dengan adanya pembangunan inilah yang menjadikan Sumber Daya Alam sebagai salah satu komponen pentingnya dalam pembangunan nasional disamping itu selain sumber daya manusia.
Sumber Daya Alam Strategis sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional Indonesia
Gambar: Dunia Kampus
Dengan adanya sumber daya alam inilah sehingga dapat dimanfaatkan sebagai komoditas unggulan di Indonesia, selain itu SDA juga dimanfaatkan sebagai penggerak pembangunan, lalu mengapa dapat dikatakan sebagai modal dasar pembangunan nasional? Sebab dengan dimanfaatkannya sumber daya alam ini sebaik mungkin sehingga dapat mensejahterakan rakyat indonesia.

Sobat, lalu pemanfaatan SDA ini pun harus mendukung prinsip pembangunan berkelanjutan yaitu pembangunan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pada masa sekarang tanpa mengurangi kemampuan generasi yang akan datang untuk memenuhi kebutuhannya. Nah untuk itu kita sebagai warga negara yang baik janganlah selebihnya mengekploitasi SDA yang ada di Indonesia. Sobat setelah membaca apa yang ada diatas tentu kita semua ingin tahu bagaimana kelanjutannya, untuk itu marilah kita membaca lebih lanjut mengenai pembangunan nasional, kuunggulam SDA di Indonesia dan pembangunan berkelanjutan.

Hakikat Pembangunan Nasional

Pembangunan Nasional adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan, mensejahterakan seluruh aspek-aspek kehidupan masyarakat, bangsa dan negara. Pembangunan nasional dapat dilihat dari adanya kegiatan industri, kegiatan industri ini dilakukan untuk mengolah barang setengah jadi dan barang jadi. Akan tetapi didalam kegiatannya industri tidak dapat berjalan jika tidak tersedianya bahan baku yang ada, tenaga kerja dan sumber energi. Coba kita bayangkan bagaimana pembangunan itu akan berjalan strategis bila tidak adanya tenaga kerja? Lalu tidak tersedianya bahan baku dan sumber energi yang seharusnya memenuhi kegiatan dalam industri ini. Nah sumber energi yang berasal dari alam inilah yang menjadi penggerak didalam kegiatan industri contoh, gas alam, minyak bumi, dan panas bumi, dan sebagainya. Sumber energi ini yang diolah sebagai bahan bakar minyak dan listrik agar nantinya dapat digunakan untuk menghidupkan mesin-mesin yang ada didalam kegiatan industri. Lalu adapun komponen lain didalam kegiatan industri yaitu tenaga kerja yang bekerja pada industri, mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup dan keluarga, apabila pekerja ini sejahtera tentu taraf hidupnya pun akan meningkat.

Sumber Daya Alam sebagai Modal Dasar Pembangunan.

Sumber daya alam memiliki peranan yang sangat penting dalam pembangunan nasional. Perlu kita ingat bersama bahwa sumber daya alam yang melimpah, bukanlah satu-satunya faktor penentu keberhasilan pembangunan nasional. Selain Sumber Daya Alam faktor sumber daya manusia juga memegang peranan penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional, karena potensi SDA yang melimpah, akan sia-sia jika tidak dibarengi dengan peningkatan sumber daya manusia.

Keunggulan Potensi Sumber Daya Alam Strategis Indonesia.

Berkaitan dengan Sumber Daya Alam strategis sebagai modal dasar pembangunan nasional Indonesia, ternyata Indonesia juga mempunyai cadangan sumber daya energi non-renewable yang dieksplorasi sejak dahulu, diantaranya, minyak bumi, gas alam, batu bara, adapun keunggulan sumber daya mineral Indonesia, mineral tersebut, adalah: emas, perak, tembaga, nikel, timah putih, timah hitam, aluminium, besi, mangan, chromit, minyak bumi, gas bumi, batu bara, yodium, berbagai garam, berbagai mineral industri (asbes, bentonit, zeolit, belerang, fosfat, batu gamping), batu mulia termasuk intan, dan bahan bangunan.

Sobat, setelah mempelajari materi singkat diatas tentu harapannya kalian sudah lebih tahu apa itu Sumber Daya Alam Strategis sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional walaupun selama ini yang kita ketahui bahwa indonesia didalam pemanfaatan Sumber Daya Alam belum berjalan semaksimal mungkin sehingga kita sebagai pendidik harus terus mengembangkan dan terus memahami apa itu sumber daya yang baik dan berguna bagi masyarakat.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

0 komentar:

Post a Comment