December 5, 2016

Cara Penyusunan Makalah Profil Usaha Membuka Suatu Bisnis/Perusahaan Industri Minuman "Rion Cafe Milk"

Kali ini saya akan memberikan suatu hasil kerja saya pada cara penyusunan makalah profil usaha membuka suatu bisnis/perusahaan indusrti minuman. Oke langsung saja kita lihat bagaimana langkah-langkahnya :


BAB I 
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Kota Samarinda merupakan salah satu kota yang memiliki iklim yang berubah-ubah. Di cuaca yang kadang panas dan juga sangat panas, tentu orang akan merasa lelah dan dahaga setiap harinya. Oleh karna itu kami mencoba mengembangkan suatu lahan bisnis yang sangat berpotensial karena hal tersebut, yaitu minuman kemasan botol dengan harga terjangkau tetapi masih jarang ditemukan di kota Samarinda. Saya menyebut produknya dengan nama ‘Rion Watermilk” yaitu dengan satu wadah untuk menyediakan berbagai bentuk dan varian rasa watermilk dengan berbasis sebuah cafe minuman susu sapi asli yang diberi nama ‘Rion Café Milk’. Dengan mengkombinasikan ide-ide baru yang kreatif sehingga masyarakat tertarik untuk menikmati lebih puas dengan berbagai macam varian rasa.

Alasan pemilihan gagasan usaha atau keunggulan dari usaha  ini adalah sebagai berikut:

  1. Sasaran Konsumen yang luas dari berbagai kalangan.
  2. Semua orang mengenal susu sapi mulai dari anak-anak maupun orang dewasa sehingga produk ini tidak asing bagi siapaun ditambah dengan varian rasa yang berbeda yang membuat konsumen tertarik dengan hal tersebut.
  3. Pemasaran minuman susu sapi mudah dicari dengan survey tempat yang ramai dan strategis sehingga minuman susu sapi mudah dicari dengan tempat - tempat di sekolah, kampus, pasar, dan area lapangan futsal.
  4. Mudah dimulai dan dijalankan.
  5. Untuk memulainya saya tidak memerlukan keahlian khusus terkecuali resep dan cita rasanya, modal awal hanya memiliki sebuah mesin pengolah minuman serta perawatan mesin secara berkala.
  6. Proses pembuatan produksi yang cepat membuat minuman tidak perlu konsumen menunggu lama karna sudah dikemas dalam botol maupun gelas dengan varian rasa.

Itulah mengapa saya memilih mengambil bisnis minuman susu kemasan ini karna meilihat peluang bisnis minuman tak akan dimakan zaman dan usia, saya yakin bisnis ini akan tetap ada sesuai perkembangan zaman dan kreatifitas manusia


BAB II
ISI
1. Profil Bisnis
A. Tentang Bisnis
Cara Penyusunan Makalah Profil Bisnis
Gambar: Cara Penyusunan Makalah Profil Bisnis

Rion Cafe Milk didirikan oleh Rion Saputra, seorang anak muda yang berumur 21 Tahun di Samarinda, Kalimantan Timur. Bisnis yang bergerak dari tahun 2015 yang mencakup dalam bidang sektor industri minumanan yang dapat dikonsumsi sehari-hari sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhannya. Rion Watermilk adalah minuman susu beraneka ragam rasa yang berbahan utama susu sapi asli dan gula diproses dengan alat modern yang telah lulus uji SNI, yang dikemas menjadi dalam dalam sebuah botol berukuran 1 liter yang dapat diminum secara langsung, hingga saat ini Rion Cafe Milk sudah memiliki beragam rasa produk diataranya, Melon Milk, Strawberry Milk, Durian Milk, Semangka Milk, Apple Milk, Cappucino Milk dan Watermilk Original dan banyak lagi mengikuti minat dan permintaan konsumen.

Misi dan Visi Bisnis ini adalah :

Misi : Mampu menguasai sektor-sektor skala kecil sampai skala besar dengan mengutamakan pelayanan, mutu, rasa dan produk berdasar pada etika dan persaingan yang sehat.

Visi : memperoleh keuntungan dari tingkat penjualan produk yang akan terus ditingkatkan dengan tetap mengutamakan mutu produk, kesehatan konsumen dan kepercayaan konsumen.
Pendirian Bisnis.

Bisnis minuman susu sapi ini didirikan secara resmi sejak 15 April 2015 oleh pemilik tunggal yang bernaman Rion Saputra, dengan tujuan bisnis minuman menjadi ladang bisnis yang menarik minat banyak orang. Hal ini disebabkan peluang bisnis pada sektor minuman lumayan menggiurkan. Selagi manusia masih membutuhkan minuman maka peluang bisnis di sektor minuman sangat terbuka. Belum lagi aktivitas manusia yang tidak puas dengan beragam banyaknya minuman yang sudah jadi. Namun sejalan dengan peluang bisnis minuman yang terbuka lebar tersebut, pelaku usaha di sektor minuman juga tidak kalah banyaknya.

Bermula dari membaca sebuah buku yang di tulis oleh, Longenecker, et. all, (2001) mengungkapkan beberapa sumber ide awal pendirian usaha baru, perusahaan. Sumber ide awal tersebut dapat berasal dari, pengalaman pribadi, minat, penemuan tidak sengaja, relasi atau bisnis keluarga, dan pertimbangan ide dengan penuh petimbangan. bermula dari pengalaman pribadi sang pemilik yang dahulu pernah bekerja sebagai bartender di sebuah cafe ternama di Kota Samarinda. Pengetahuan yang didapatkan dari pekerjaan yang terakhir maupun sekarang seringkali membuat seseorang untuk melihat kemungkinan peluang untuk memodifikasi produk, memperbaiki pelayanan, menduplikasi konsep bisnis dalam lokasi yang berbeda.

B. Izin Usaha
Kami juga mempunyai legalitas izin bisnis antara lain SITU (Surat Izin Tempat Usaha) dan HO (Surat Izin Gangguan), SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), NPWP (Nomor Induk Wajib Pajak), TDP (Tanda Daftar Perusahaan), nomor rekening bank atas nama perusahaan, dan AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan).

C. Lokasi dan Fasilitas Perusahaan
Kantor dan lokasi usaha berdiri dalam satu bangunan yaitu rumah pribadi (Home Industri) yang cukup luas sudah didekorasi sesuai kebutuhan pekerjaan. Rion Cafe Milk berletak di Jalan Banggeris No. 1 berhadapan dengan kampus Fkip Unmul, bedekatan dengan SD,SMP,dan SMA yang dimana letaknya cukup strategis dan mudah dilalui lalu lintas bagi orang-orang yang sudah bekerja. Rion Cafe Milk mempunyai sistem pada umumnya cafe biasa digunakan sebagai wadah nongkrong, meeting, santai, kumpul keluarga maupun pasangan yang memadu kasih terutama anak muda dengan view pemandangan yang romantis.

Bangunan yang bertingkat dan memiliki luas 16x25m dengan fasilitas tempat parkir yang cukup luas. Fasilitas tempat produksi yang berada di belakang tempat usaha memudahkan proses penjualan dan kebutuhan dan kekurangan apa saja yang diperlukan di tempat usaha. Serta peralatan yang digunakan pun sudah sangat canggih dan modern sesuai  ketentuan Standar Nasional Indonesia (SNI).

D. Aspek Produk
1) Deskripsi Produk
Barang atau produk yang akan dijual untuk saat ini hanya ada 10 jenis minuman diantaranya, melon milk, strawberry milk, durian milk, semangka milk, apple milk, cappucino milk, chocolate milk, vanilla milk, yogurt super milk dan original milk. Semua produk minuman susu yang saya tawarkan rendah gula yaitu mengandung manfaat yang dapat menyehatkan tetapi rendah gula.

2) Karakteristik Produk
Produk-produk yang saya tawarkan yaitu minuman yang pada dasarnya berbahan susu sapi alami memiliki cara dan penyajian yang berbeda dari pesaing yang pernah ada terutama produk susu sapi yang saya tawarkan memiliki keunikan rasa dan bentuk- bentuk penyajian yang sangat menarik sehingga calon konsumen dapat tertarik untuk menikmatinya dan saya selalu berinovasi menciptakan jenis dan macam model produk untuk menghindari kejenuhan para konsumen dalam usaha memenangkan persaingan.

Untuk harga produk, mutu dan kualitas sudah saya perhitungkan dengan matang sehingga dimana konsumen nantinya akan menyukai rasa dan mutu yang tinggi dengan harga yang terjangkau. kami juga sangat mengedepankan mutu kualitas pelayanan yang terbaik dan bersahabat dimana kami memperkerjakan karyawan yang berpengalaman di bidangnya.
Jam kerja bisnis ini adalah jam 09.00 pagi sampai dengan jam 10.00 malam atau menyesuaikan dengan event-event yang kami selengarakan di café, dan untuk pelayanannya sendiri kami menyediakan tempat yang nyaman dan didukung pemandangan Kota Samarinda yang indah memiliki daya tarik sendiri.

Berikut harga dan produk-produk yang saya tawarkan ada 10 macam :

  1. Original Milk = Rp. 10.000
  2. Cholate Milk = Rp. 12.000
  3. Vanila Milk = 11.000
  4. Cappucino Milk = 15.000
  5. Strawberry Milk = 15.000
  6. Durian Milk = Rp. 20.000
  7. Semangka Milk = Rp. 17.000
  8. Melon Milk = Rp. 18.000
  9. Appel Milk = Rp. 16.000
  10. Yogurt Super Milk = Rp. 20.000

2. Prospek Bisnis Kedepan
A. Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran bisnis yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pemasangan papan reklame dan banner di setiap sudut Kota Samarinda sehingga rion cafe milk dapat dikenal luas.
  • Setiap pelanggan yang datang di hari senin dan selasa mendapatkan diskon buy 2 get 1, beli dua gratis satu, dan stategi itu masih dalam rangcangan kedepan.
  • Produk yang saya tawarkan memiliki harga yang relative murah dibandingkan dengan kafe-kafe minuman dan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan minuman-minuman susu sapi yang ada di mall.

B. Pengembangan Jasa
Dalam menjalankan usaha Rion Café Milk, pemilik melakukan pengembangan jasa yaitu dengan menerima untuk acara pernikahan, ulang tahun, ataupun acara resmi maupun tidak resmi. Kedepan bisnis ini akan terus mewabah ke masyarakat low end dan juga akan terus menawarkan bisnis ini akan semakin di kenal dengan pola mitra kerjasama produk mulai dari berbentuk booth stand tenda (outdoor),  berbentuk booth stand (indoor), dan moving booth (gerobak dorong). Semoga semakin berkembangnya bisnis ini dapat Memberikan lapangan pekerjan bagi pencari kerja disetiap daerah.

C. Rencana Keuangan
1) Sumber dan Penggunaan Dana
Untuk memenuhi kebutuhan akan modal usaha ini maka kami menggunakan modal sendiri untuk memenuhi seluruh kebutuhan dana untuk semua kegiatan.

Perkiraan Kebutuhan Dana untuk Usaha
Peralatan

  • Blender Philips 3 unit @Rp. 300.000 = Rp. 900.000
  • Kulkas Sharp 3 unit @Rp. 5.000.000 = Rp. 15.000.000
  • Pisau set @Rp. 250.000
  • Gelas 2 Lusin @100.000 = Rp.200.000
  • Meja Untuk pelanggan 10 set @250.000 = Rp.2.500.000
  • Sendok 3 lusin @50.000 = 150.000
  • Kipas Angin 2 buah @250.000 = Rp.500.000 Total Keseluruhan = Rp. 19.500.000

 2) Kebutuhan Produksi
Fixed Cost

  • Biaya gaji karyawan 5 orang dengan biaya gajih @1.500.000/bulan = Rp. 7.500.000/bulan
  • x 12 bulan = Rp. 90.000.000/tahun

Variabel Cost
Perlengkapan Untuk 1 bulan :

  • Strawberry 10 kg @20.000 = Rp. 200.000
  • Durian 8 kg @45.000 = Rp.360.000
  • Melon 5 kg @30.000 = Rp. 150.000
  • Apel 5 kg @22.000 = Rp. 110.000
  • Semangka 7 kg @10.000 = Rp. 70.000
  • Susu sapi original 15 liter @15.000 = Rp. 225.000
  • Yogurt Cream 2 kotak @55.000 = Rp. 110.000
  • Chocolate Cream 2 Kotak @52.500 = Rp. 105.000
  • Capucino Cream 2 Kotak @50.000 = Rp. 100.000
  • Vanilla Cream 2 kotak @25.000 = Rp. 50.000
  • Sedotan 10 bungkus @5.000 = Rp. 50.000
  • Biaya Listrik 1 Bulan = Rp.250.000
  • Biaya Promosi dan Papan Reklame = Rp.500.000

TOTAL PERLENGKAPAN 1 BULAN :

  • Rp. 2.280.000/bulan
  • x 12 bulan = Rp. 27.360.0000/ tahun.

3) Estimasi Pendapatan
Analisa Pendapatan

  • Original Milk = 500 gelas x @10.000 = Rp. 5.000.000,-
  • Chocolate Milk = 255 gelas x @12.000 = Rp. 3.060.000,-
  • Vanilla Milk = 150 gelas x @11.000 = Rp. 1.650.000,-
  • Cappucino Milk = 455 gelas x @15.000 = Rp. 6.825.000,-
  • Strawberry = 125 gelas x @15.000 = Rp. 1.875.000,-
  • Durian Milk = 53 gelas x @20.000 = Rp. 1.060.000,-
  • Semangka Milk = 28 gelas x @17.000 = Rp. 476.000,-
  • Melon Milk = 215 gelas x @18.000 = Rp. 3.870.000,-
  • Apple Milk =  435 gelas x @16.000 = Rp. 6.960.000,-
  • Yogurt Super Milk = 348 gelas x @20.000 = Rp. 6.960.000,-

JUMLAH PENJUALAN PER BULAN

  • Rp. 37.736.000,- x 12 bulan = Rp.452.832.000/ tahun

3) Analisis SWOT
A. Faktor Kekuatan (Strength)

  • Menyediakan produk berupa minuman ringan sebagai minuman yang higienis, sehat dan nikmat.
  • Harga terjangkau sesuai dengan target pasar saya yaitu kalangan pelajar juga masyarakat pada umumnya dari semua kalangan.
  • Bahan baku mudah didapat.

B. Faktor Kelemahan (Weakness)

  • Pemasaran untuk saat ini belum terlalu meluas dan masih dalam lingkup kecil.
  • Promosi hanya dari mulut ke mulut, dan internet

C. Faktor Peluang (Oppurtunity)

  • Di daerah sekitar masih sedikit yang memiliki usaha serupa, sehingga masih memiliki peluang usaha.
  • Biaya produksi yang cukup murah.
  • Lokasi yang sangat strategis ( dijalan pinggir banggeris depan kampus FKIP Unmul Banggeris dan di dekat SD, SMP dan SMA ).

D. Ancaman (Treath)

  • Pesaing berskala besar.
  • Harga bahan yang semakin mahal.
  • Perubahan selera masyarakat yang membuat saya harus selalu memunculkan inovasi baru dalam pembuatan minuman berbahan susu sapi.

4. Hubungan Bisnis dengan Studi Kelayakan.
Sangat diharapkan bisnis ini telah memenuhi kriteria dalam pembelajaran studi kelayakan karna dimana untuk menjalankan suatu bisnis, kita perlu melihat potensi yang ada dilapangan dan dalam hal menguji suatu produk tersebut, apakah standar untuk dikonsumsi sehingga mampu diterima dan direspon baik dimasyarakat. Pemilik usaha mampu menjelaskan manfaat dan deskripsi produk yang akan ia jual, agar kedepan tidak merugikan orang banyak, dengan adanya penjelasan dan uji kelayakan suatu produk usaha bisnis yang akan dijalankan masyarakat akan percaya bahwa produk tersebut baik untuk dikonsumsi bagi kesehatan.

BAB III
PENUTUP
Demikianlah bisnis tentang Rion Cafe milk. Harapan saya untuk produk “Susu Sapi” ini adalah agar dapat lebih berkembang dan maju. Selain menyegarkan dan melepaskan dahaga, minuman ini dibuat dari buah-buahan yang memiliki vitamin dan rendah gula. Seorang pengusaha harus tahu manfaat apa yang dengan usaha yang dia buat untuk kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain.

Demikian itu saja yang dapat saya berikan, untuk kurang lebihnya saya mohon maaf.
Salam sehat dan Sukses Selalu.
Share:

2 comments:

  1. Asli buka puji aku mas, aku suka blognya keren banget... coba buat 1 artikel.. mahasiswa blogging keren itu.

    ReplyDelete
  2. Wah sungguh ide yang menarik buat diangkat, akan saya usahakan buat artikel yg membahas seperti itu.
    Terima kasih banyak kunjungan dan idenya mas firan. :))

    ReplyDelete