February 2, 2017

Cara Mengajar Yang Menyenangkan dan Efektif Untuk Mahasiswa PPL

Cara Mengajar Yang Menyenangkan dan Efektif Untuk Mahasiswa PPL - Sobat, istilah mengajar khusus mahasiwa keguruan sudah kita nanti semenjak menduduki masa bangku perkuliahan, apa yang telah sobat dapatkan dari sekian lama menumpuh masa kuliah berkaitan dengan materi-materi yang diberikan oleh dosen tentunya dapat sobat terapkan dalam praktik pengalaman lapangan (PPL) ini. Jika dilihat dari suatu istilah PPL adalah suatu program dari universitas untuk mengembangkan potensi yang ada pada mahasiswa dalam melaksanakan praktik kependidikan agar nantinya siap menjadi tenaga yang profesional dalam bidang pendidikan.

Lalu sobat yang membaca tulisan ini tentu dengan adanya kesempatan ppl bingung atau merasa tidak percaya diri ketika menghadapi dan bagaimana cara mengajar yang menyenangkan serta juga efektif dalam menghadapi berbagai macam tingkah laku siswa. Untuk itu sobat tidak perlu bingung karna sobat sekalian berada dibacaan yang tepat, karna disini saya akan memberikan cara bagaimana agar proses pembelajaran semuanya menjadi seperti apa yang sobat harapkan.
Cara Mengajar Yang Efektif dan Menyenangkan Untuk Mahasiswa PPL
Gambar 1 : Proses Kegiatan Belajar Mengajar
Oke mari kita bahas bersama-sama agar natinya proses pembelajaran sobat menjadi menyenangkan dan juga efektif.

Didalam memberikan suatu pembelajaran tentu kita mengenal apa itu istilah persiapan dalam mengajar, akan ketika didalamnya aspek kegiatan praktik lapangan ini terdapat beberapa mahasiswa yang jarang sekali memperhatikan bagaimana cara agar mempersiapkan diri semaksimal mungkin tampil pecaya diri dalam proses mengajar, lalu bagaimana cara agar dapat tampil semaksimal mungkin dihadapan para murid?

Yang pertama sobat harus memperhatikan kondisi fisik dan emosional yang ada pada diri sobat semua, karena kondisi yang ada kedua ini tentu sangat besar pengaruhnya terhadap kondisi nantinya ketika sobat mengajar dikelas, coba sobat bayangkan bagaimana sobat ingin menyampaikan suatu materi dan pada saat itu kondisi fisik dan emosional sobat mengalami masalah, tentu pembelajaran yang ada dikelas tidak dapat tercapai dengan maksimal.

Lalu yang kedua, sobat harus mampu memiliki kemampuan mengajar. Mengapa? bagi seorang calon guru tentu itu sangatlah penting, mempersiapkan materi yang akan disampaikan, rancangan pembelajaran dan juga media pembelajaran yang akan sobat gunakan, dan jika semua sudah dipersiapkan tentu sobat harus dapat berpikir lagi dan bagaimana cara membantu berkembangnya sikap kritis, aktif didalam proses pembelajaran dikelas dan juga memberikan sentuhan motivasi kepada murid dalam mencapai cita-citanya.

Dan yang ketiga, sobat mampu mengatur kondisi yang ada dikelas. Suasana belajar adalah faktor penentu keberhasilan mencapai sasaran belajar. Coba kita lihat, kelas yg efektif dan menyenangkan tentu berkaitan dengan kondisi yang ada pada murid saat proses pembelajaraan yang sedang dilakukan. Kelas yang efektif tentu ada interaksi antara guru dan murid didalam proses pembelajarannya, jika sobat sudah dapat mengatur kondisi kelas ini  tentu sobat semua tidak akan mengalami kesulitan ketika menyampaikan materi didalam proses pembelajaran.

Jika dari ketiga aspek tersebut sudah sobat persiapkan tentu sobat tinggal mengatur dan bagaimana caranya agar proses pembelajaran itu menjadi menyenangkan dan efektif, berikut saya berikan caranya.

#1. Jangan Hanya Berdiri Di Satu Tempat.
Hal ini umum ditemukan, karna groginya kita didalam pertama kali mengajar tentu akan mengalami kaku atau mati gaya, untuk itu maksimalkan ruang yang ada dan jangan hanya berdiri pada satu tempat saja, usahakan mengajarlah secara rileks dengan gaya sendiri dan jangan mengajarkan anak murid secara monoton ciptakan suasana dan hubungan materi yang nyaman buat murid.

#2. Hubungkan Materi Pembelajaran Dengan Cara Yang Bervariasi.
Materi tentu sangat berkaitan dengan kefektifan murid didalam proses pembelajaran, semakin menariknya materi yang sobat ajarkan tentu semakin menyenangkannya murid dalam menerima apa yang diajarkan. Lalu bagaimana cara memberikan pengajaran secara bervariasi ini? Jadi sobat semua jangan hanya menyampaikan materi dan juga tugas dan tugas, hubungkanlah sesekali dengan rileksasi didalam proses belajar siswa. Contoh kecil, misalnya di awal pelajaran, setelah memberikan salam dan absensi, sobat bisa terlebih dahulu memberikan aktivitas untuk refreshing otak, seperti berdiri bersama - sama dan memberikan yel yel seperti sobat mengikuti awal masa orientasi dulu, atau bisa juga ditengah jam pelajaran berlangsung disuguhkan dengan cerita lucu, dan motivasi di akhir jam pelajaran atau apapun itu yang bisa memberikan semangat pada murid untuk belajar bersama. Dan jika masih ada sisa waktu dapat dipergunakan untuk pendalaman dan penyimpulan materi yang sobat ajarkan, terlebih juga dapat sobat gunakan untuk latihan-latihan soal ataupun diskusi kelompok.

#3. Memacu Pola Pikir Murid Dalam Materi Yang Sobat Berikan.
Bagaimana? tidak semua murid dapat dengan bebas menyalurkan pola pikir dan ide yang ia ketahui didalam proses belajar, sobat semua dapat memacu ide-ide yang ada pada murid dengan melakukan kegiatan berani berpendapat dimuka umum, tanya jawab siswa, berdebat ataupun mempresentasikan di depan kelas, karna didalam hal ini mengajarkan kepada murid agar tahu bagaimana cara menghargai perbedaan pendapat teman sekelas masing terutama didalam menghargai satu sama lain.

#4. Berikan Perhatian Kepada Semua Siswa.
Hanya beberapa dari kita, cenderung memberikan perhatian kepada murid yang aktif dan rajin, tentu didalam mengajar jangan membeda-bedakan memberikan sebuah perhatian karna itu dapat menurunkan niat dan kesenangan anak didalam belajarnya, coba kita bayangkan kembali disaat kita duduk dibangku kuliah, sobat yang aktif dan rajin tentu sering diperhatikan oleh dosen karena aktifnya bertanya didalam materi yang dosen sobat berikan. Untuk itu hindari hal yang dapat memicu pembedaan perhartian, berikan kesempatan pada murid yang lain agar terpacunya potensi yang ada pada diri murid.

#5. Menggunakan Bantuan Media Pembelajaran.
Media pembelajaran yang membantu sobat dalam mengajar tentu harus sobat siapkan sebelum memasuki ruang kelas, mulai dari RPP, laptop, projector, ataupun speaker bila diperlukan. Dengan adanya variasi antara materi dan media elektronik yang sobat siapkan seperti video edukasi, tentu dapat merubah yang dimana awalnya sobat mengajar text book akan tetapi dirubah menjadi pengajaran audio visual dengan media elektronik yang digunakan. Dengan penyajian yang menarik, fokus murid-murid akan lebih terarah pada materi yang disampaikan sobat sekalian.

KESIMPULAN
Berdasarkan dari apa yang saya sampaikan semua barusan dapat saya simpulkan secara rinci agar terciptanya mengajar sobat sekalian menjadi efektif dan menyenangkan yaitu dengan memperhatikan aspek-aspek yang ada didalamnya yaitu, ciptakan suasana yang nyaman untuk murid, dengarkan komentar dan pertanyaan dari murid dengan serius, memberikan pertanyaan yang menantang dan tidak terlalu sulit, dan jangan ragu memberikan pujian kepada semua siswa yang dapat menjawab pertanyaan, dan melakukan pengawasan secara berkala dalam arti memperhatikan murid yang aktif dan mana yang tidak aktif dengan begitu kita mengetahui mana yang perlu diberikan bimbingan secara khusus ataupun obrolan pribadi membimbing kepada murid yang tidak aktif tersebut.

Saya rasa cukup sampai disini pembahasan kita tentang cara mengajar yang efektif dan menyenangkan untuk mahasiswa ppl.
Sobat semua, mengajar bukanlah hal yang sulit dilalukan dengan catatan kita semua telah memiliki dan mengerti dari aspek-aspek tulisan yang telah dijelaskan diatas barusan, inti dari kita mengajar di Praktik Pengalaman Lapangan ( PPL ) adalah memberikan suatu pengajaran materi pembelajaran yang dapat berguna untuk diterapkan oleh murid agar terciptanya karakter anak bangsa yang lebih baik demi tujuan pendidikan nasional. Untuk itu berikanlah kemampuan terbaik sobat didalam mengajarkan anak-anak bangsa yang sedang menempuh masa depannya.
Tibalah kita dipenghujung artikel tentang Cara Mengajar Yang Menyenangkan dan Efektif Untuk Mahasiswa PPL saya akhiri dengan kata terima kasih untuk para sobat pembaca semua.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

0 komentar:

Post a Comment