April 29, 2017

Materi Fungsi dan Peran Keragaman Budaya dalam Pembangunan Nasional

Kawan kali ini kita akan membahas fungsi dan peran keragaman budaya, sebelum memasuki pembahasan akan saya jelaskan sedikit yang menjadi tujuan pembahasan kita kali ini adalah bersyukur atas keberagaman budaya yang ada di Indonesia, mengidentifikasi keberagaman budaya, mampu menyebutkan, mengamati keberagaman budaya yang ada di indonesia dan mengidentifikasi fungsi dan peran keragaman budaya.
Materi Fungsi dan Peran Keragaman Budaya dalam Pembangunan Nasional

Keanekaragaman Budaya
Fungsi dan peran keragaman budaya di dalam pembangunan nasional dalam peta konsep yang menjadi tujuannya adalah sebagai berikut, sebagai daya tarik bangsa asing, mengembangkan kebudayaan nasional, tertanamnya sikap toleransi, saling melengkapi hasil budaya, dan mendorong inovasi kebudayaan. Sebelum membahas peta konsep yang ada diatas akan saya berikan gambaran, keanekaragaman budaya Indonesia dari sabang hingga merauke, merupakan aset yang tidak ternilai harganya, sehingga harus tetap dipertahankan dan terus dilestarikan, agar budaya-budaya di Indonesia tidak tergeser oleh budaya-budaya asing. Tapi, sayangnya, sebagai anak bangsa masih banyak yang belum mengetahui ragam budaya daerah lain di Indonesia. Untuk lebih memperdalam pengetahuan kita akan keberagaman budaya kali ini, akan saya jelaskan apa yang menjadi fungsi dan peran keragaman budaya dalam pembangunan nasional.

1) Sebagai Daya Tarik Bangsa Asing.
Indonesia merupakan Negeri yang kaya akan kebudayaan, suku bangsa, pulau dan juga kekayaan alam yang menjadi suatu kelebihan dan menjadi pusat ketertarikan negara lain, kekayaan budaya yang ada di Indonesia inilah yang menjadi salah satu daya tarik bangsa asing, jika kita melihat dari keseniannya, tentu banyak sekali tari-tarian, alat musik, pakaian adat, dan juga kebudayaan-kebudayaan lainnya yang berasal dari setiap daerah dan wilayah masing-masing yang ada Indonesia. Kekayaan-kekayaan budaya yang ada di Indonesia inilah yang menjadi salah satu daya tarik bangsa asing, dengan adanya Kekayaan budaya, kesenian, alat musik, rumah adat, pakaian adat, kekayaan alam dan juga makanan nasional di Indonesia pun yang menjadikan turis-turis mancanegara berkunjung ke Indonesia.

Sebagai contoh di daerah tempat saya tinggal tepatnya kalimantan timur, di daerah kalimantan timur terkenal yang namanya tarian burung enggang, dimana tarian ini sebagai tarian suku adat dayak, di dalam tarian ini memiliki keunikan dan ke khasnya tersendiri, sehingga keunikan dan ke khasnya inilah yang menjadi salah satu daya tarik bangsa asing, dengan semakin banyaknya turis mancanegara berkunjung ke kalimantan timur untuk menyaksikan pertunjukan tarian burung enggang, maka semakin terbantunya masyarakat-masyarakat sekitar, mulai dari usaha penginapan, perhotelan, biro perjalanan dan juga pernak-pernik aksesoris yang berasal dari kaltim. Sehingga membantu perekonomian masyarakat yang ada di kalimantan timur pada umumnya.

2) Mengembangkan Kebudayaan Nasional.
Mengapa sih kita harus mengembangkan kebudayaan nasional? Pertanyaan itu sering muncul ketika saya mengajar praktek lapangan di salah satu sekolah yang ada di Kota Samarinda. Mengapa kita harus mengembangkan kebudayaan? Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia negeri yang kaya akan kebudayaannya, dengan kita mengembangkan kebudayaan-kebudayaan nasional yang ada di Indonesia tentulah kebudayaan yang ada di indonesia semakin terkenalnya di mata bangsa asing, peran pemerintah pun sangat dibutuhkan dalam hal mengembangkan kebudayaan nasional ini, mengenalkan kemata dunia bahwa inilah indonesia yang kaya akan kebudayaan, sehingga menjadikan anak bangsa sadar akan kekayaan budaya Indonesia yang ada.
Baca Juga: Materi Fungsi dan Peran Keragaman Bahasa
Semakin terkenalnya budaya Indonesia di dunia, patutlah kita bangga sebagai bangsa Indonesia yang kaya akan keanekaragam budaya. Sebagai contoh budaya nasional kita, batik, tari saman, tari kecak dan alat musik angklung dan lain sebagainya. Untuk itu kita harus terus menjaga, melestarikan dan mengenalkan budaya-budaya yang ada di Indonesia agar tidak tergeser oleh budaya bangsa asing.

3) Tertanamnya Sikap Toleransi.
Budaya yang ada di Indonesia sangat beragam, toleransi yang berarti menghargai dan saling menghormati, jika di dalam keberagaman budaya, menghormati budaya lain selalu kita dahulukan, agar budaya-budaya lain dapat berkembang hingga mancanegara. Karena bangsa Indonesia bukan hanya satu suku bangsa saja, masih banyak budaya-budaya lain yang harus berkembang dan diperkenalkan ke Indonesia maupun ke negera-negara lain. Sehingga dengan kita menanamkan sikap toleransi antar keberagaman, kita merasa saling menghargai dan menghormati budaya-budaya lain, karena dengan kita saling mendahulukan banyak sekali pelajaran-pelajaran baru dengan kita mengenal budaya-budaya lain yang ada di Indonesia, dengan saling bertoleransi sehingga tidak menimbulkan perpecahan diantara perbedaan kebudayaan.

4) Saling Melengkapi Hasil Budaya.
Melengkapi dapat di sederhanakan yaitu saling mengisi dan saling memadukan budaya-budaya yang ada di Indonesia. Karena setiap daerah memiliki kebudayaan yang berbeda-beda mulai dari kesenian, motif, arsitektur dan masih banyak sekali perbedaan-perbedaan hasil budaya di antara setiap daerah di Indonesia, untuk itulah kita harus saling melengkapi hasil budaya satu sama lain.
Sebagai contoh, batik dikenal pada umumnya berasal dari pulau jawa dengan motif khas pulau jawa akan tetapi di daerah kalimantan pun memiliki motif batik tersendiri, nah dengan adanya saling melengkapi satu sama lain maka akan menciptakan dan memadukan budaya-budaya baru yang indah dan berharga.

5) Mendorong Inovasi Kebudayaan.
Mengenai inovasi kebudayaan yang berarti mendorong kebudayaan agar menjadi lebih baik daripada sebelumnya, Indonesia merupakan negeri yang kaya akan keberagaman budaya sehingga perlu untuk di inovasikan dan dikembangkan, pemerintah dan masyarakat yang berperan di dalam mendorong agar budaya-budaya yang ada di Indonesia menjadi lebih baik.
Baca Juga: Materi Fungsi dan Peran Keragaman Suku Bangsa.
Kawan, Indonesia merupakan negeri yang kaya akan keberagaman budaya, untuk itu kita sebagai anak bangsa perlu menjaga, mengembangkan dan melestarikan budaya-budaya yang ada, agar tidak terpengaruhnya budaya oleh budaya asing, dengan banyaknya kekayaan budaya yang ada di Indonesia, sudah seharunya kita bangga akan negeri yang kaya dengan keberagaman budaya. Itulah materi yang dapat saya sampaikan pada kesempatan pada kali ini, dapat saya simpulkan kembali bahwa fungsi dan peran keragaman budaya ada lima yaitu, sebagai daya tarik bangsa asing, mengembangkan kebudayaan nasional, tertanamnya sikap toleransi, saling melengkapi hasil budaya dan mendorong inovasi kebudayaan. Semoga dengan apa yang saya paparkan diatas dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita bersama, dan yang terakhir semoga bermanfaat bermanfaat.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

0 komentar:

Post a Comment