February 13, 2017

Memilih Tontonan Edukasi Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Sobat, tontonan yang kita kenal di televisi dapat dikategorikan adalah suatu tayangan yang bersifatnya umum dari berbagai macam topik, mulai dari informasi, sinetron, hiburan, maupun edukasi, dan lain sebagainya. Akan tetapi jika kita tinjau dari beberapa tayangan yang ada, dapatkah kita memilih tema atau topik tayangan yang sifatnya edukasi, yang dapat kita jadikan sebuah bahan tontonan? tentu bisa, mengapa sebab agar suatu tayangan tersebut bermanfaat ialah dengan memilih tontonan yang memberikan wawasan dan pengetahuan tersendiri dari apa yang kita tonton.
Memilih Tontonan Edukasi Untuk Mahasiswa dan Pelajar
Source: www.pixabay.com
Sampai disini tentu kamu semua perlu tahu apa yang menjadikan sebuah pilihan dalam menentukan tontonan edukasi. Sementara jika kita melihat dari 'pengertian edukasi' adalah proses pembelajaran yang betujuan untuk mengembangkan potensi diri dan mewujudkan proses pembelajaran yang lebih baik. Edukasi ini tentu memiliki tujuan untuk mengembangkan kepribadian, kecerdasan dan mendidik untuk memiliki akhlak mulia, mampu mengendalikan diri dan memiliki keterampilan.

Maka berangkat dari masalah dan manfaat edukasi tersebut saya mengangkat dan menghubungkannya dengan sebuah tema artikel yang berjudul memilih tontonan edukasi untuk mahasiswa dan pelajar.

Oke sobat mari kita bahas lebih dalam, tontonan menurut KBBI adalah pertunjukan (gambar hidup, wayang orang, dsb), yg ditonton, contoh: akrobat itu merupakan "tontonan" yg menyenangkan, jadi tontonan ini adalah suatu pertujukan yang berupa dari berbagai macam hal, lantas bagaimana hubungan tontonan ini dengan edukasi, sebab jika kita lihat dari kata edukasi dimana selalu berhubungan dengan pendidikan dan pengetahuan, jadi kaitanya tontonan edukasi ini tentu dapat memberikan semangat tersendiri buat kamu. Lalu yang menjadi pertanyaan inti adalah, mengapa mahasiswa dan pelajar perlu memilih tontonan yang bersifat edukasi? Untuk menjawab pertanyaan ini maka kita dapat menghubungkan kembali ke pengertian edukasi yang saya jelaskan diatas.

Dari beberapa penjelasan-penjelasan diatas, lantas akan menimbulkan sebuah pertanyaan yang terkait, bagaimana cara kita menentukan film edukasi yang baik yang sesuai dengan tujuan pengertian edukasi? karna banyak sekali siaran-siaran atau berupa film yang ditayangkan oleh stasiun televisi kepada publik. Untuk menjawab pertanyaan kamu tersebut, berikut akan saya paparkan memilih tontonan edukasi untuk mahasiswa dan pelajar.

1) Melihat Topik/Konten Yang Ditayangkan.
Mengapa kita perlu melihat topik dan kontennya sebab didalam memilih tayangan di sebuah televisi tentu akan banyak sekali tayangan-tayang yang diluar pembahasan edukasi, maka dari itulah kita perlu melihat dan memahami bagaimana konten dan topik yang ditawarkan, apakah mengadung unsur negatif buat diri kita ataukah konten yang mereka tawarkan sudah sesuai dengan konten yang kita cari sebagai konten edukasi yang sifatnya menambahkan nilai dan hal-hal positif buat diri pribadi.

2) Tayangan Bersifat Petualangan/Adventure.
Mengapa saya menyarankan untuk menonton sebuah tayangan yang bersifat petualangan, karena didalam tayangan tersebut yang selama ini saya perhatikan banyak sekali unsur-unsur nilai yang sifatnya mendidik, mulai dari mengenal alam sekitar dan juga sejarah-sejarah terdahulu yang dikupas secara detail oleh sang penjelajah dalam pembahasanya dalam mengenal lingkungan sekitar, tentu hal ini memberikan kesan positi terhadap apa yang kita sebelumnya tidak tahu dan mengenal tempat tersebut, lalu kita menjadi tahu dengan penjelasan yang mereka sampaikan.

3) Tayangan Rohani.
Membahas sebuah tayangan rohani tidak terlepas dari pembahasan kita sebagai umat beragama, sebab didalam tayangan rohani inilah dimana topik yang selalu diangkat berupa hal-hal positif yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu sobat tayangan yang sifatnya kerohanian tentu sangatlah bermanfaat untuk diri kita dalam memberikan gambaran contoh dan perilaku kita agar menjadi umat manusia yang lebih baik lagi didalam kehidupan sehari-hari.

4) Berita dan Informasi.
Kejadian-kejadian yang ada disekitar kita akan dibahas didalam sebuah tayangan yang sifatnya informasindan berita, karna tayangan berita dan informasi ini tentu dapat memberikan sebuah wawasan kita terhadap apa yang terjadi sekarang yang ada pada publik. Untuk itu tayangan informasi dan berita inilah sebagai salah satu pilihan untuk kita dalam mengetahui berbagai kejadian yang ada disekitar kita, dengan catatan "pastikan tayangan yang kalian tonton tersebut memiliki unsur dan pikiran negatif untuk diri kalian dan serap serta pastikan kebenarannya bahwa apakah informasi dan berita tersebut sifatnya edukasi untuk kalian".

Baca Juga : Kegiatan Yang Tidak Disadari Menambah Pengetahuan.

Sobat, setelah mengetahui aspek-aspek diatas, semoga kalian semua tahu bahwa tontonan edukasi ini sangatlah bermanfaat untuk diri sendiri, ditambah pengetahuan dan juga wawasan kalian terhadap dunia dan pendidikan. Jadi sobat, stasiun televisi yang ada pada saat ini banyak sekali menayangkan macam topik dan tema yang mereka angkat dalam pembahasannya dan juga film-film yang mereka tayangkan untuk masyarakat tentu berbagai macam ragamnya, untuk itu perlulah kamu sebagai penonton yang cerdas didalam memilih sebuah tayangan yang bersifat edukasi dan bermanfaat buat diri kamu sendiri. Sekian dari saya tentang memilih tontonan edukasi untuk mahasiswa dan pelajar, semoga kita semua bisa menjadi lebih baik lagi dari hari ini.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

0 komentar:

Post a Comment