February 16, 2017

Contoh Soal Prinsip Sumber Daya Alam Untuk Pelajar

Jika sebelumnya kita telah mengenal istilah sumber daya alam kali ini saya akan memberikan contoh soal tentang prinsip sumber daya alam, untuk itu sobat mari kita simak dan pelajari bersama apa yang menjadi pembahasan kita kali ini. Prinsip sumber daya alam terbagi dua yaitu optimal dan lestari didalam upayanya sumber daya alam lestari terbagi 7 yaitu, penggunaan pupuk organik dan alami, penggunaan pestisida sesuai kebutuhan, pelestarian tanah,udara,hutan,flora dan fauna serta pelestarian pantai dan laut.
Contoh Soal Prinsip Sumber Daya Alam Untuk Pelajar
(Gambar dari: www.pixabay.com)
Bagi yang belum sempat membaca materi prinsip sumber daya alam untuk pelajar silahkan membacanya terlebih dahulu untuk memahami pembahasan kita kali ini. Berikut saya paparkan contoh soal yang akan kita bahas kali ini.

1) Apa yang disebut sebagai pembangunan berkelanjutan?
Jawab: pembangunan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengurangi kebutuhan masa generasi masa mendatang.

2) Mengapa pemerintah mengambil kebijakan konversi penggunaaan minyak bumi ke gas?
Jawab: Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, Hal ini dilakukan karna ketersediaan sumber daya alam gas bumi di indonesia masih sangat melimpah sehingga untuk mengurangi konsumsi minyak bumi yang persediaannya semakin menipis karna itu pemerintah mengambil kebijakan untuk mengalihkannya ke penggunaan gas.

3) Sebutkan jenis-jenis energi alternatif dan jelaskan!
Jawab: Energi surya adalah energi yang berupa sinar dan panas dari matahari.
Energi Geoternal adalah sumber energi terbuka berupa energi panas yang dihasilkan dan di simpan di inti bumi.
Udara adalah campuran gas yang terdapat pada lapisan yang mengelilingi bumi.
Air adalah suatu zat yang terdiri dari zat hidrogen dan oksigen.
Angin adalah suatu gerakan udara mendatar atau sejajar dengan permukaan bumi yang terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara.

4) Apa yang dimaksud dengan pengelolan sumber daya alam yang lestari?
Jawab: upaya pengelolaan sumber daya alam beserta ekosistemnya dengan tujuan mempertahankan sifat dan bentuknya.

5) Upaya apa yang dilakukan untuk pelestarian flora dan fauna?
Jawab: untuk melestarian flora dan fauna maka langkah yang diambil yaitu, mendirikan cagar alam, suaka margasatwa dan melarang aktivitas kegiatan perburuan liar.

Itulah beberapa contoh soal yang berjudul contoh soal prinsip sumber daya alam untuk pelajar, semoga dapat kalian pelajari bersama dengan adanya pembahasan diatas dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita didalam kegiatan proses belajar dan mengajar.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

0 komentar:

Post a Comment