February 20, 2017

Mengenal Macam-Macam Tingkah Siswa Untuk Mahasiswa PPL

Mengenal tingkah siswa sobat pembahasan kita kali ini tentang siswa, seperti yang kita ketahui bersama sekolah adalah tempat yang didalamnya terdapat kegiatan belajar dan mengajar, disekolah juga terdapat interaksi antara siswa dan guru, didalam interaksi ini tidak terlepas dari ruangan atau yang biasa kita sebut kelas, didalam kegiatan pembelajaran keadaan kelas yang kita berikan suatu pelajaran tentu bermacam-macam tingkah siswa dalam menyerap, memahami dan memperhatikan mata pelajaran yang telah disampaikan, akan tetapi kita sebagai calon guru apakah perlu mengenal tingkah siswa ini? Tentu!
Mengenal Macam-Macam Tingkah Siswa Untuk Mahasiswa PPL
(Gambar: Siswa Di india)
Begitu banyak ditemukan perbedaan dalam tingkah siswa, antara lain perbedaan dalam hal biologis, psikologis, intelegensi, dan bakat. Sebab didalam menyampaikan materi apa yang akan dibahas oleh seorang guru, maka seorang guru tentu perlu mengenali tingkah dan karakteristik siswa ini. Adapun beberapa artikel saya yang membahas tentang bagaimana cara mengajar yang menyenangkan dan efektif untuk mahasiswa ppl.

Untuk sobat yang calon guru ataupun masih melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan saya sarankan untuk membaca artikel ini hingga selesai, sebab akan terdapat beberapa karakteristik siswa didalam kegiatan mengajar kita yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan.
Dan bagi Bapak/Ibu guru yang telah banyak pengalaman dari saya, mohon luangkan waktunya sedikit saja untuk membaca dan sharing bersama-sama agar terciptanya interaksi yang hangat didalam persahabatan blogger.

Sekarang mari kita bahas bersama-sama apa saja macam-macam karakteristik siswa dalam pembelajaran.

1) Siswa Aktif
Siswa yang proaktif biasanya terdapat interaksi yang baik antara guru dan siswa, siswa aktif dapat dilihat dari perhatiannya dalam memahami penjelasan apa yang telah disampaikan oleh guru, siswa aktif ini tentu sangatlah antusias didalam menyerap materi apa yang telah disampaikan, akan tetapi sebagai seorang guru juga perlu membatasi pertanyaan-pertanyaan siswa aktif ini agar siswa yang lainnya dapat mengutarakan pendapatnya.

2) Siswa Aktif Bertanya.
Tak jarang jika didalam kelas sering ditemukan siswa yang selalu bertanya, akan tetapi seringkali pertanyaan yang disampaikannya diluar konteks pembelajaran yang dibahas, hal ini umum dan tentu baik untuk mengasah wawasan bersama dan untuk hal ini guru juga perlu berperan membatasi pertanyaan diluar konteks tersebut, agar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah disampaikan.

3) Siswa Pembuat Gaduh
Didalam kelas tentu kita selalu dihadapkan oleh siswa yang sulit diatur, akan tetapi tidak semua siswa yang membuat gaduh tentu ada beberapa orang saja yang kegiatannya selalu menggaduh teman sekelasnya, siswa yang seperti ini tentu perlu diberi nasihat, kita sebagai guru sangatlah berperan penting dalam pengelolaan kelas yang kita kelola terlebih dengan kondisi seperti ini, berikanlah sedikit motivasi agar siswa pembuat gaduh ini sadar betapa pentingnya menghargai teman dan memahami materi apa yang telah disampaikan.

4) Siswa Pendiam
Siswa ini adalah hanya sedikit dari beberapa siswa yang ada dikelas, siswa pendiam biasanya jarang sekali berinteraksi antara siswa dan guru, untuk itu peran kita sebagai guru perlu dengan mencarikan teman duduk yang lebih aktif, guru dan siswa menjadi teman ngobrol, memberikan motivasi, bisa dengan memberikan sanjungan. Selain itu adapula tempat belajar selain kelas yang dapat mengembangkan pola pikir

Sobat itulah beberapa tingkah siswa yang dapat saya sampaikan, tentu didalam proses pembelajaran tak jarang kita menemukan tingkah-tingkah siswa dari pembahasan diatas, untuk itu peran guru sangatlah berarti didalam pengelolaan kelas agar terciptanya suasana yang kondusif dalam kegiatan belajar dan mengajar.
Terima Kasih.
Share:

2 comments:

  1. siswa pembuat gaduh namun kadang ia pinter juga, sukses om blognya....

    ReplyDelete
  2. Bener mbak tak jarang karena keaktifannya di kelas yang selalu memberikan point tersendiri hehe..

    Terima Kasih atas kunjungannya mbak Erica belinda Salam sukses..

    ReplyDelete