February 14, 2017

Cara Sederhana Menarik Minat Belajar Siswa.

Cara sederhana untuk menarik minat belajar siswa, belajar merupakan suatu aktivitas yang tidak asing bagi kita semua mulai dari minat belajar siswa untuk memahami, berinteraksi, menghafal, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, lalu jika kita melihat suatu aktivitas belajar dikelas tentu banyak sekali model dan metode belajar yang dapat diterapkan guna menarik minat belajar siswa dalam aktivitas belajar.
Cara Sederhana Menarik Minat Belajar Siswa
(Gambar dari: www.pixabay.com)
Akan tetapi model dan metode yang telah diterapkan tersebut tentu seringkali dapat berbalik fakta dengan keadaan dan kondisi di kelas, tidak jarang siswa bosan dengan materi apa yang disampaikan, kali ini saya akan memberikan cara sederhana untuk menarik minat belajar siswa, bagi sobat yang sudah paham dan mengerti silahkan kalian membacanya kembali apakah ada perbedaan dari referensi bacaan kalian sebelumnya. Dan bagi klian yang belum tahu akan hal ini saya sarankan untuk meluangkan waktunya sedikit saja untuk membaca dan mengetahuinya lebih lanjut.

Sekarang saya berikan tentang bagaimana cara sederhana menarik minat belajar siswa, untuk itu berikut paparannya.

1) Kenali Siswa.

Mengenal mungkin sesuatu hal yang sederhana, walaupun hal ini dianggap seolah biasa akan tetapi dampak terhadap minat belajar siswa tentu memberikan kesan tersendiri dalam minatnya memperhatikan sebuah materi pembelajaran, seorang pengajar tentu harus mengenali siswa yang ada didalam kelasnya bukan hanya dari segi nama saja pengajar pun tentu harus mengenali sifat dan sikap siswa didalam proses pembelajaran didalam kelas agar tercipnya interaksi yang maaksimal antara pengajar dan siswa.

2) Menjelaskan Maksud dan Tujuan Pembelajaran.

Menyampaikan aspek-aspek apa saja yang harus dicapai siswa dalam proses belajar tentu sangat berpengaruh dalam kegiatan belajarnya, sebab siswa tahu maksud dari apa yang harus dicapainya selama proses pembelajaran, untuk hal ini pengajar di tuntut untuk menjelaskan kepada siswa agar nantinya siswa paham dengan maksud tujuan pembelajaran yang telah disampaikan sebelumnya.

3) Mengaitkan Dengan Cerita/Motivasi.

Cerita dan Motivasi tentu sangatlah awal permulaan yang baik untuk melanjutkan proses pembelajaran, karna kedua hal ini mampu mendorong rasa ingin tahu siswa terhadap apa yang disampaikan oleh pengajar dikelas, dan juga tentu memberikan semangat tersendiri dalam hal memotivasi siswa didalam penyampaian materi yang terkait.

4) Merespon Siswa Untuk Bertanya.

memberikan siswa dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan ulasan materi tentu merangsang otak siswa untuk selalu mencari apa yang terkait dari hal yang ditanyakan, dengan adanya interaksi diantara siswa dan pengajar tentu hal ini dapat memberikam kesan menarik minat belajar dimata siswa.

5) Mengkondisikan Kelas Dengan Cara Kejutan Positif.

Kejutan adalah istilah dari perubahan yang dilakukan secara tiba-tiba dan tidak terduga, hal ini tentu sangat sederhana ketika kelas yang diajarkan sangat berisik, sehingga lanjutan cerita tidak sesuai dengan dugaan pembaca, akan tetapi dengan memberikan sedikit kejutan yang sifatnya positif tentu berdampak kepada efek menarik minat belajar siswa, sehingga lanjutan cerita yang tidak sesuai dengan dugaan pembaca tadi sesuai dengan pembahasan.

6) Menghampiri Siswa Dalam Kegiatan Belajar.

Hal ini mungkin terlihat umum didalam proses belajar mengajar, tak jarang dari beberapa rekan-rekan mahasiswa yang sedang melakukan praktik pengalaman kerja di sekolah-sekolah tidak semua dengan Cara Mengajar Yang Menyenangkan dan Efektif Untuk Mahasiswa PPL didalam menghampiri siswanya belajar, untuk itu hal ini perlu dilakukan walaupun terlihat sederhana karena dengan cara mengahampiri siswa tentu pengajar dapat memberikan semangat dan bimbingan bagi yang belum paham terhadap apa yang disampaikan.

Sobat, itulah beberapa cara sederhana yang dapat saya sampaikan tentang menarik minat belajar siswa, tentu didalam mengajar dan belajar kita memiliki gaya tersendiri walaupun para ahli telah menetapkan model-model pembelajaran yang ada, akan tetapi ketika melihat kondisi kelas yang tidak kondusif lagi tentu kita sebagai pengajar perlu mengambil langkah Sederhana didalam proses kegiatan mengajar, demikian apa yang saya sampaikan tentang Cara Sederhana Menarik Minat Belajar Siswa. Terima Kasih
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

0 komentar:

Post a Comment