February 22, 2017

Tips Menghadapi Seminar Proposal Untuk Mahasiswa

Kawan mahasiswa, pembahasan kali ini mengenai seminar proposal dan seputar dunia perkuliahan ada beberapa di dunia kampus sebelum melanjutkan penelitian bagi mahasiswa semester akhir untuk melanjutkan ke seminar hasilnya tentu harus melalui seminar proposal terlebih dahulu, agar apa yang mereka teliti dan bahas paham sepenuhnya, akan tetapi selama saya menjadi penonton dan pembahas didalam suatu seminar proposal tak jarang sebagian kawan mahasiswa ketika diberikan sebuah pertanyaan-pertanyaan mengenai judul yang mereka angkat seringkali mengalami kendala dan kesulitan dalam menjawab, tak jarang masih ada beberapa mahasiswa yang kaku dan gugup terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh dosen pembimbing.
Tips Menghadapi Seminar Proposal Untuk Mahasiswa
Gambar: rionsaputra.xyz
Berangkat dari masalah diatas, saya mencoba sedikit memberikan tips untuk kawan mahasiswa semua yang ingin menjalani seminar proposal agar nantinya ketika didalam penyampaian agar bisa berjalan secara santai dan paham secara menyeluruh mengenai apa yang kawan sampaikan.

Untuk itu bagi kawan yang masih merasa kaku dan gugup dalam seminar proposal, saya sarankan mohon luangkan waktunya sedikit saja untuk membaca artikel ini hingga selesai karena akan terdapat beberapa kemungkinan yang bisa sobat benahi ketika ingin maju seminar proposal.
Oke sekarang mari kita bahas bersama-sama.

1) Percaya Diri
Dapat di istilahkan disini kamu adalah tokoh utamanya, ketika kamu maju dan menyampaikan sesuatu pembahasan tentu semua peserta yang ada diruangan tersebut memperhatikanmu, dalam hal ini yang pertama percaya diri sangatlah dibutuhkan dan dipersiapkan, sebab jika kamu tidak percaya diri dan kemampuan kamu maka tak jarang kamu akan mendapatkan sedikit keraguan, contohnya seperti ketika para  peserta menyampaikan kritikan dan pertanyaan ada kemungkinan kamu akan terlihat kaku didalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan, karena kamu tidak percaya bahwa kamu mampu, untuk itu yakinlah terhadap diri kamu didalam menghadapi seminar proposal.

2) Paham Materi
Mengapa? sebelum kamu menyampaikan sesuatu kepada orang lain tentu kamu harus betul-betul paham mengenai materi apa yang kamu angkat, begitu juga terhadap seminar prosal, kamu perlu memahami dan mengerti apa yang ingin di sampaikan kepada peserta, karena jika kamu tidak memahami mengenai apa yang kamu sampaikan tentu seminar prosal yang berjalan sama halnya seperti membacakan apa yang kamu tulis, untuk itu pahami dan pelajari kembali apa yang menjadi point-point penting didalam materi yang kamu angkat dan sampaikan, karena apa yang kamu tulis sudah tentu kamu paham dengan isi yang ada didalamnya.

3) Tegas di dalam Penyampaian.
Tegas disini dapat di istilahkan ketika kamu menyampaikan judul yang kamu angkat, sama halnya dengan bagaimana cara ekspresi kamu saat menyampaikan materi kepada peserta, begitu beragam ekspersi kawan mahasiswa yang ketika saya menjadi penonton seminar proposal masih ada yang beberapa terlihat gugup dan kaku. Dalam hal ini yang harus kamu persiapkan adalah point nomor satu dan dua diatas tadi yang kita bahas.

4) Bertanya Teman & Rekan.
Bertanya yang saya maksud disini adalah bertanya kepada teman atau rekan yang telah melalui seminar proposal, mengapa? karena dari pengalaman mereka kamu sedikit akan tahu gambaran-gambaran bagaimana dosen tersebut bertanya kepadanya pada saat dia maju seminar proposal, hal ini tentu memberikan efek tersendiri buat kamu didalam menganalisis, ada kemungkinan pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat berkaitan ketika nanti kamu maju proposal.

5) Perbanyak Menonton Seminar Proposal.
Mengapa? Dengan seringnya kita menonton seminar proposal tentu banyak sekali hal yang dapat kita pelajari mulai dari cara mereka menyampaikan materi dan ekspresi terlebih masukan dan nasihat dari dosen pembimbing mereka tentu memberikan dampak baik untuk memahami bahwa apa saja pelajaran yang dapat dipetik dan diterapkan ketika nanti kamu maju dalam seminar proposal.
Baca Juga: Contoh Penyebab Skripsi Kamu Macet Ditengah Jalan.
Nah kawan mahasiswa, sampailah kita di penghujung artikel, dapat saya simpulkan disini sebelum kamu menghadapi seminar proposal ada baiknya kamu percaya diri, memahami isi dari materi yang kamu angkat dan yakin pada kemampuanmu terhadap cara penyampaianmu dalam topik yang kamu angkat, agar seminar proposal yang kamu lakukan berjalan santai dan kamu paham sepenuhnya dari apa yang kamu sampaikan. Itulah beberapa tips menghadapi seminar proposal untuk mahasiswa, semoga bermanfaat untuk kita semua.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

0 komentar:

Post a Comment