• 10 Kutipan Inspirasi Untuk Penyemangat Kebutuhan Belajar Anda

    Belajar tentunya kita membutuhkan inspirasi dan motivasi, berbicara inspirasi dan motivasi berarti membahas mengenai psikologis yang ada pada diri setiap orang tapi pernahkan anda semua membaca,mendengarkan dan menonton yang membahas seputar motivasi tentu anda pernah bukan?

  • Tempat Belajar Selain Kelas Yang Dapat Mengembangkan Pola Pikir

    Melihat dari arti kata belajar sudah pasti anda semua mengetahuinya, pengertian tempat belajar adalah suatu wadah yang didalamnya terjadi interaksi antar individu maupun kelompok yang membahas sesuatu berdasarkan apa yang sedang dipelajari.

  • Manfaat Membaca Artikel Pengetahuan Belajar Untuk Diri Sendiri

    Membaca adalah suatu jembatan untuk mengetahui sebuah ilmu pengetahuan, dengan membaca tentu membuat anda semua mengetahui dasar - dasar apa yang akan dipelajari, namun coba anda pikirkan sejenak, salah satunya smartphone yang anda gunakan sekarang? apakah fungsinya hanya untuk mengirim pesan, menelpon dan bersosial media secara berkelanjutan,

February 22, 2017

Tips Menghadapi Seminar Proposal Untuk Mahasiswa

Kawan mahasiswa, pembahasan kali ini mengenai seminar proposal dan seputar dunia perkuliahan ada beberapa di dunia kampus sebelum melanjutkan penelitian bagi mahasiswa semester akhir untuk melanjutkan ke seminar hasilnya tentu harus melalui seminar proposal terlebih dahulu, agar apa yang mereka teliti dan bahas paham sepenuhnya, akan tetapi selama saya menjadi penonton dan pembahas didalam suatu seminar proposal tak jarang sebagian kawan mahasiswa ketika diberikan sebuah pertanyaan-pertanyaan mengenai judul yang mereka angkat seringkali mengalami kendala dan kesulitan dalam menjawab, tak jarang masih ada beberapa mahasiswa yang kaku dan gugup terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh dosen pembimbing.
Tips Menghadapi Seminar Proposal Untuk Mahasiswa
Gambar: rionsaputra.xyz
Berangkat dari masalah diatas, saya mencoba sedikit memberikan tips untuk kawan mahasiswa semua yang ingin menjalani seminar proposal agar nantinya ketika didalam penyampaian agar bisa berjalan secara santai dan paham secara menyeluruh mengenai apa yang kawan sampaikan.

Untuk itu bagi kawan yang masih merasa kaku dan gugup dalam seminar proposal, saya sarankan mohon luangkan waktunya sedikit saja untuk membaca artikel ini hingga selesai karena akan terdapat beberapa kemungkinan yang bisa sobat benahi ketika ingin maju seminar proposal.
Oke sekarang mari kita bahas bersama-sama.

1) Percaya Diri
Dapat di istilahkan disini kamu adalah tokoh utamanya, ketika kamu maju dan menyampaikan sesuatu pembahasan tentu semua peserta yang ada diruangan tersebut memperhatikanmu, dalam hal ini yang pertama percaya diri sangatlah dibutuhkan dan dipersiapkan, sebab jika kamu tidak percaya diri dan kemampuan kamu maka tak jarang kamu akan mendapatkan sedikit keraguan, contohnya seperti ketika para  peserta menyampaikan kritikan dan pertanyaan ada kemungkinan kamu akan terlihat kaku didalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan, karena kamu tidak percaya bahwa kamu mampu, untuk itu yakinlah terhadap diri kamu didalam menghadapi seminar proposal.

2) Paham Materi
Mengapa? sebelum kamu menyampaikan sesuatu kepada orang lain tentu kamu harus betul-betul paham mengenai materi apa yang kamu angkat, begitu juga terhadap seminar prosal, kamu perlu memahami dan mengerti apa yang ingin di sampaikan kepada peserta, karena jika kamu tidak memahami mengenai apa yang kamu sampaikan tentu seminar prosal yang berjalan sama halnya seperti membacakan apa yang kamu tulis, untuk itu pahami dan pelajari kembali apa yang menjadi point-point penting didalam materi yang kamu angkat dan sampaikan, karena apa yang kamu tulis sudah tentu kamu paham dengan isi yang ada didalamnya.

3) Tegas di dalam Penyampaian.
Tegas disini dapat di istilahkan ketika kamu menyampaikan judul yang kamu angkat, sama halnya dengan bagaimana cara ekspresi kamu saat menyampaikan materi kepada peserta, begitu beragam ekspersi kawan mahasiswa yang ketika saya menjadi penonton seminar proposal masih ada yang beberapa terlihat gugup dan kaku. Dalam hal ini yang harus kamu persiapkan adalah point nomor satu dan dua diatas tadi yang kita bahas.

4) Bertanya Teman & Rekan.
Bertanya yang saya maksud disini adalah bertanya kepada teman atau rekan yang telah melalui seminar proposal, mengapa? karena dari pengalaman mereka kamu sedikit akan tahu gambaran-gambaran bagaimana dosen tersebut bertanya kepadanya pada saat dia maju seminar proposal, hal ini tentu memberikan efek tersendiri buat kamu didalam menganalisis, ada kemungkinan pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat berkaitan ketika nanti kamu maju proposal.

5) Perbanyak Menonton Seminar Proposal.
Mengapa? Dengan seringnya kita menonton seminar proposal tentu banyak sekali hal yang dapat kita pelajari mulai dari cara mereka menyampaikan materi dan ekspresi terlebih masukan dan nasihat dari dosen pembimbing mereka tentu memberikan dampak baik untuk memahami bahwa apa saja pelajaran yang dapat dipetik dan diterapkan ketika nanti kamu maju dalam seminar proposal.
Baca Juga: Contoh Penyebab Skripsi Kamu Macet Ditengah Jalan.
Nah kawan mahasiswa, sampailah kita di penghujung artikel, dapat saya simpulkan disini sebelum kamu menghadapi seminar proposal ada baiknya kamu percaya diri, memahami isi dari materi yang kamu angkat dan yakin pada kemampuanmu terhadap cara penyampaianmu dalam topik yang kamu angkat, agar seminar proposal yang kamu lakukan berjalan santai dan kamu paham sepenuhnya dari apa yang kamu sampaikan. Itulah beberapa tips menghadapi seminar proposal untuk mahasiswa, semoga bermanfaat untuk kita semua.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

February 20, 2017

Mengenal Macam-Macam Tingkah Siswa Untuk Mahasiswa PPL

Mengenal tingkah siswa sobat pembahasan kita kali ini tentang siswa, seperti yang kita ketahui bersama sekolah adalah tempat yang didalamnya terdapat kegiatan belajar dan mengajar, disekolah juga terdapat interaksi antara siswa dan guru, didalam interaksi ini tidak terlepas dari ruangan atau yang biasa kita sebut kelas, didalam kegiatan pembelajaran keadaan kelas yang kita berikan suatu pelajaran tentu bermacam-macam tingkah siswa dalam menyerap, memahami dan memperhatikan mata pelajaran yang telah disampaikan, akan tetapi kita sebagai calon guru apakah perlu mengenal tingkah siswa ini? Tentu!
Mengenal Macam-Macam Tingkah Siswa Untuk Mahasiswa PPL
(Gambar: Siswa Di india)
Begitu banyak ditemukan perbedaan dalam tingkah siswa, antara lain perbedaan dalam hal biologis, psikologis, intelegensi, dan bakat. Sebab didalam menyampaikan materi apa yang akan dibahas oleh seorang guru, maka seorang guru tentu perlu mengenali tingkah dan karakteristik siswa ini. Adapun beberapa artikel saya yang membahas tentang bagaimana cara mengajar yang menyenangkan dan efektif untuk mahasiswa ppl.

Untuk sobat yang calon guru ataupun masih melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan saya sarankan untuk membaca artikel ini hingga selesai, sebab akan terdapat beberapa karakteristik siswa didalam kegiatan mengajar kita yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan.
Dan bagi Bapak/Ibu guru yang telah banyak pengalaman dari saya, mohon luangkan waktunya sedikit saja untuk membaca dan sharing bersama-sama agar terciptanya interaksi yang hangat didalam persahabatan blogger.

Sekarang mari kita bahas bersama-sama apa saja macam-macam karakteristik siswa dalam pembelajaran.

1) Siswa Aktif
Siswa yang proaktif biasanya terdapat interaksi yang baik antara guru dan siswa, siswa aktif dapat dilihat dari perhatiannya dalam memahami penjelasan apa yang telah disampaikan oleh guru, siswa aktif ini tentu sangatlah antusias didalam menyerap materi apa yang telah disampaikan, akan tetapi sebagai seorang guru juga perlu membatasi pertanyaan-pertanyaan siswa aktif ini agar siswa yang lainnya dapat mengutarakan pendapatnya.

2) Siswa Aktif Bertanya.
Tak jarang jika didalam kelas sering ditemukan siswa yang selalu bertanya, akan tetapi seringkali pertanyaan yang disampaikannya diluar konteks pembelajaran yang dibahas, hal ini umum dan tentu baik untuk mengasah wawasan bersama dan untuk hal ini guru juga perlu berperan membatasi pertanyaan diluar konteks tersebut, agar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah disampaikan.

3) Siswa Pembuat Gaduh
Didalam kelas tentu kita selalu dihadapkan oleh siswa yang sulit diatur, akan tetapi tidak semua siswa yang membuat gaduh tentu ada beberapa orang saja yang kegiatannya selalu menggaduh teman sekelasnya, siswa yang seperti ini tentu perlu diberi nasihat, kita sebagai guru sangatlah berperan penting dalam pengelolaan kelas yang kita kelola terlebih dengan kondisi seperti ini, berikanlah sedikit motivasi agar siswa pembuat gaduh ini sadar betapa pentingnya menghargai teman dan memahami materi apa yang telah disampaikan.

4) Siswa Pendiam
Siswa ini adalah hanya sedikit dari beberapa siswa yang ada dikelas, siswa pendiam biasanya jarang sekali berinteraksi antara siswa dan guru, untuk itu peran kita sebagai guru perlu dengan mencarikan teman duduk yang lebih aktif, guru dan siswa menjadi teman ngobrol, memberikan motivasi, bisa dengan memberikan sanjungan. Selain itu adapula tempat belajar selain kelas yang dapat mengembangkan pola pikir

Sobat itulah beberapa tingkah siswa yang dapat saya sampaikan, tentu didalam proses pembelajaran tak jarang kita menemukan tingkah-tingkah siswa dari pembahasan diatas, untuk itu peran guru sangatlah berarti didalam pengelolaan kelas agar terciptanya suasana yang kondusif dalam kegiatan belajar dan mengajar.
Terima Kasih.
Share:

February 16, 2017

Contoh Soal Prinsip Sumber Daya Alam Untuk Pelajar

Jika sebelumnya kita telah mengenal istilah sumber daya alam kali ini saya akan memberikan contoh soal tentang prinsip sumber daya alam, untuk itu sobat mari kita simak dan pelajari bersama apa yang menjadi pembahasan kita kali ini. Prinsip sumber daya alam terbagi dua yaitu optimal dan lestari didalam upayanya sumber daya alam lestari terbagi 7 yaitu, penggunaan pupuk organik dan alami, penggunaan pestisida sesuai kebutuhan, pelestarian tanah,udara,hutan,flora dan fauna serta pelestarian pantai dan laut.
Contoh Soal Prinsip Sumber Daya Alam Untuk Pelajar
(Gambar dari: www.pixabay.com)
Bagi yang belum sempat membaca materi prinsip sumber daya alam untuk pelajar silahkan membacanya terlebih dahulu untuk memahami pembahasan kita kali ini. Berikut saya paparkan contoh soal yang akan kita bahas kali ini.

1) Apa yang disebut sebagai pembangunan berkelanjutan?
Jawab: pembangunan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengurangi kebutuhan masa generasi masa mendatang.

2) Mengapa pemerintah mengambil kebijakan konversi penggunaaan minyak bumi ke gas?
Jawab: Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, Hal ini dilakukan karna ketersediaan sumber daya alam gas bumi di indonesia masih sangat melimpah sehingga untuk mengurangi konsumsi minyak bumi yang persediaannya semakin menipis karna itu pemerintah mengambil kebijakan untuk mengalihkannya ke penggunaan gas.

3) Sebutkan jenis-jenis energi alternatif dan jelaskan!
Jawab: Energi surya adalah energi yang berupa sinar dan panas dari matahari.
Energi Geoternal adalah sumber energi terbuka berupa energi panas yang dihasilkan dan di simpan di inti bumi.
Udara adalah campuran gas yang terdapat pada lapisan yang mengelilingi bumi.
Air adalah suatu zat yang terdiri dari zat hidrogen dan oksigen.
Angin adalah suatu gerakan udara mendatar atau sejajar dengan permukaan bumi yang terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara.

4) Apa yang dimaksud dengan pengelolan sumber daya alam yang lestari?
Jawab: upaya pengelolaan sumber daya alam beserta ekosistemnya dengan tujuan mempertahankan sifat dan bentuknya.

5) Upaya apa yang dilakukan untuk pelestarian flora dan fauna?
Jawab: untuk melestarian flora dan fauna maka langkah yang diambil yaitu, mendirikan cagar alam, suaka margasatwa dan melarang aktivitas kegiatan perburuan liar.

Itulah beberapa contoh soal yang berjudul contoh soal prinsip sumber daya alam untuk pelajar, semoga dapat kalian pelajari bersama dengan adanya pembahasan diatas dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita didalam kegiatan proses belajar dan mengajar.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

Materi Prinsip Sumber Daya Alam Untuk Pelajar

Sumber daya alam atau SDA dapat dikatakan adalah segala sesuatu yang berasal dari kekayaan alam yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. untuk itu sumber daya alam inilah yang menjadi pembahasan kita, akan tetapi didalam sumber daya alam yang kita bahas kali ini mengenai prinsip sumber daya alam yang terbagi dua yaitu optimal dan lestari berikut penjelasannya.
Materi Sumber Daya Alam Untuk Pelajar
(Gambar dari : www.pixabay.com)
Optimal
Yang dimaksud optimalisasi sumber daya alam adalah pemanfaatan SDA yang dilakukan dengan mengambil kekayaan alam secara menyeluruh dengan memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan kerugian demi kepentingan negara. Akan tetapi harus dengan memperhatikan keberlanjutan SDA yang diambil tersebut dan pengambilan ini bukan serta merta atau seenaknya saja mengambil seluruh kekayaan alam tanpa batas dan perencanaan yang tepat, tetapi dilakukan dengan secara bijaksana dan arif dengan menerapkan pembangunan berkelanjutan yaitu pembangunan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengorbankan hak pemenuhan kebutuhan generasi masa mendatang. Artinya apa yang diambil dari alam untuk generasi saat ini tanpa mengorbankan kebutuhan generasi mendatang, kenapa? agar nantinya generasi masa mendatang juga akan merasakan apa yang diperoleh dari kekayaan alam pada masa ini.

Akan tetapi optimal juga menyangkut dengan peran pemerintah didalam mengambil kebijakan, seperti yang kita ketahui bahwa dahulu sebagian dari masyarakat kita memasak menggunakan kompor minyak tanah dengan adanya kebijakan konversi dari pemerintah yang mengalihkannya ke gas dengan memberi subsidi ke setiap daerah, hal ini disebabkan karena ketersediaan sumber daya alam gas bumi di indonesia masih sangat melimpah sehingga untuk mengurangi pemakaian minyak bumi yang persediaannya tinggal sedikit maka dialihkanlah penggunaannya ke gas yang masih melimpah.

Untuk itu pemerintah mengambil kebijakan yang sesuai dengan memanfaatkan penggunaan sumber energi alternatif, dengan adanya sumber energi alternatif ini maka akan mengurangi penggunaan sumber energi yang tidak terbarukan contohnya minyak bumi dan batu bara, serta penggunaan sumber energi alternatif ini pun dapat mengurangi pencemaran lingkungan dan efek negatif terhadap sumber daya alam, seperti misalnya air, hutan dan udara.

Lestari.
Upaya pengelolaan sumber daya alam beserta ekosistemnya dengan tujuan mempertahankan bentuk dan sifatnya. Intinya sumber daya alam lestari ini untuk menjaga agar SDA tetap ada, baik dari sifat dan bentuknya. Sedangkan jika kita lihat dari konsep lestari dalam pengelolaan Sumber daya alam ada tujuh upaya yaitu.

1) Menggunakan Pupuk Alami dan Organik.
Penggunaan pupuk alami ini tentu sangatlah tepat bagi pertanian sebab dapat menjaga tanah agar tetap lestari dan kandungan mineral yang ada pada zat-zat pupuk tersebut putidak mengandung bahan kimiawi sehingga sangat ramah terhadap lingkungan.

2) Penggunaan Pestisida Sesuai Kebutuhan.
Jika yang kita ketahui bahwa penggunaan pestisida ini didalam industri pertanian tentu berguna untuk mengusir hama, walaupun demikian pestisida ini adalah salah satu faktor pendukung kelestarian SDA, untuk itu penggunaanya harus dibatasi atau disesuaikan dengab kebutuhan, karena jika penggunaanya melebihi batas kebutuhan zat-zat kimia yang terkandung didalam pestisida ini mengendap didalam tanah sehingga menyebabkan atau mempengaruhi kesuburan tanah.

3) Pelestarian tanah.
Untuk melestarikan tanah kita dapat menanam pohon dan reboisasi tanah yang telah gundul, akan tetapai jika dari daerah perbukitan yang tanahnya miring perlu dibangun terasering sehingga mampu menghambat laju aliran air hujan.

4) Pelestarian udara.
Udara sangatlah penting bagi unsur kehidupan, karena kita bernapas tentu memerlukan udara, akan tetapi upaya apa yang dilakukan agar menjaga udara yang kita hirup sehari-hari ini tetap bersih dan sehat, kita bisa melakukan dengan menanam pohon atau tanaman hias disekitar kita, mengupayakan pengurangan emisi atau pembuangan gas sisa pembakaran,mengurangi atau bahkan menghindari pemakaian gas kimia yang dapat merusak lapisan ozon atmosfer.

5) Pelestarian hutan.
Mengapa kita perlu melestarikan hutan, karna hutan yang sering ditebang pohonnya tak jarang atau diimbangi dengan dilakukannya penanaman pohon kembali yang merusak kawasan hutan. Untuk itu perlulah kita melakukan upaya dalam melestarikan hutan contonhnya dengan, melakukan reboisasi (penanaman kembali hutan gundul), melarang pembabatan hutan secara sewenang-wenang, menerapkan sistem tebang pilih atau tebang tanah dalam kegiatan penebangan pohon hutan, menerapkan sanksi yang berat bagi pelanggar ketentuan pengolahan hutan.

6) Pelestarian Flora dan Fauna.
Kita sebagai manusia tentu memiliki ketergantungan kepada tumbuhan dan hewan begitu juga sebaliknya, untuk itu kelestarian flora dan fauna ini harus kita jaga dengan cara mendirikan cagar alam dan suaka marga satwa serta dengan melarang kegiatan perburuan liar.

7) Pelestarian Laut dan Pantai.
Laut termasuk salah satu sebagai sumber daya alam potensial begitu pula dengan pantai. Kerusakan pantai dan biota laut tentu membuat pelestarianmya menjadi tidak baik. Untuk itu kita perlu melakukan beberapa upaya dalam melestarikan laut dan pantai salah satunya adalah dengan, melakukan reklamasi pantai dengan menanam pohon bakau disekitar pantai, melarang melakukan pengambilam batu karang yang ada disekitar pantai dan didasar laut, melarang mencari ikan dengan bahan kimia atau dengan bahan peledak.

Baca Juga : Contoh Soal Prinsip Sumber Daya Alam Untuk Pelajar.

Kesimpulan
Dari Pembahasan materi kita diatas dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan sumber daya alam ini dikelola oleh beberapa pihak yaitu pemerintah dan swasta, dan keduanya saling mendukung satu sama lain dalam hal membuat regulasi peraturan, menjadi operator pengolahan SDA, dan saling mengontrol pengelolaan sumber daya alam. Pemanfaatan sumber daya alam harus mengutamakan prinsip optimal dan efisien. Karna sumber daya alam yang tersedia saat ini bukan hanya untuk generasi kita sekarang, melainkan juga untuk generasi yang akan datang.

Sampailah kita di akhir artikel yang bertema materi prinsip sumber daya alam untuk pelajar, semoga dari materi diatas tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita bersama didalam menuntut ilmu.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

February 14, 2017

Cara Sederhana Menarik Minat Belajar Siswa.

Cara sederhana untuk menarik minat belajar siswa, belajar merupakan suatu aktivitas yang tidak asing bagi kita semua mulai dari minat belajar siswa untuk memahami, berinteraksi, menghafal, dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, lalu jika kita melihat suatu aktivitas belajar dikelas tentu banyak sekali model dan metode belajar yang dapat diterapkan guna menarik minat belajar siswa dalam aktivitas belajar.
Cara Sederhana Menarik Minat Belajar Siswa
(Gambar dari: www.pixabay.com)
Akan tetapi model dan metode yang telah diterapkan tersebut tentu seringkali dapat berbalik fakta dengan keadaan dan kondisi di kelas, tidak jarang siswa bosan dengan materi apa yang disampaikan, kali ini saya akan memberikan cara sederhana untuk menarik minat belajar siswa, bagi sobat yang sudah paham dan mengerti silahkan kalian membacanya kembali apakah ada perbedaan dari referensi bacaan kalian sebelumnya. Dan bagi klian yang belum tahu akan hal ini saya sarankan untuk meluangkan waktunya sedikit saja untuk membaca dan mengetahuinya lebih lanjut.

Sekarang saya berikan tentang bagaimana cara sederhana menarik minat belajar siswa, untuk itu berikut paparannya.

1) Kenali Siswa.

Mengenal mungkin sesuatu hal yang sederhana, walaupun hal ini dianggap seolah biasa akan tetapi dampak terhadap minat belajar siswa tentu memberikan kesan tersendiri dalam minatnya memperhatikan sebuah materi pembelajaran, seorang pengajar tentu harus mengenali siswa yang ada didalam kelasnya bukan hanya dari segi nama saja pengajar pun tentu harus mengenali sifat dan sikap siswa didalam proses pembelajaran didalam kelas agar tercipnya interaksi yang maaksimal antara pengajar dan siswa.

2) Menjelaskan Maksud dan Tujuan Pembelajaran.

Menyampaikan aspek-aspek apa saja yang harus dicapai siswa dalam proses belajar tentu sangat berpengaruh dalam kegiatan belajarnya, sebab siswa tahu maksud dari apa yang harus dicapainya selama proses pembelajaran, untuk hal ini pengajar di tuntut untuk menjelaskan kepada siswa agar nantinya siswa paham dengan maksud tujuan pembelajaran yang telah disampaikan sebelumnya.

3) Mengaitkan Dengan Cerita/Motivasi.

Cerita dan Motivasi tentu sangatlah awal permulaan yang baik untuk melanjutkan proses pembelajaran, karna kedua hal ini mampu mendorong rasa ingin tahu siswa terhadap apa yang disampaikan oleh pengajar dikelas, dan juga tentu memberikan semangat tersendiri dalam hal memotivasi siswa didalam penyampaian materi yang terkait.

4) Merespon Siswa Untuk Bertanya.

memberikan siswa dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan ulasan materi tentu merangsang otak siswa untuk selalu mencari apa yang terkait dari hal yang ditanyakan, dengan adanya interaksi diantara siswa dan pengajar tentu hal ini dapat memberikam kesan menarik minat belajar dimata siswa.

5) Mengkondisikan Kelas Dengan Cara Kejutan Positif.

Kejutan adalah istilah dari perubahan yang dilakukan secara tiba-tiba dan tidak terduga, hal ini tentu sangat sederhana ketika kelas yang diajarkan sangat berisik, sehingga lanjutan cerita tidak sesuai dengan dugaan pembaca, akan tetapi dengan memberikan sedikit kejutan yang sifatnya positif tentu berdampak kepada efek menarik minat belajar siswa, sehingga lanjutan cerita yang tidak sesuai dengan dugaan pembaca tadi sesuai dengan pembahasan.

6) Menghampiri Siswa Dalam Kegiatan Belajar.

Hal ini mungkin terlihat umum didalam proses belajar mengajar, tak jarang dari beberapa rekan-rekan mahasiswa yang sedang melakukan praktik pengalaman kerja di sekolah-sekolah tidak semua dengan Cara Mengajar Yang Menyenangkan dan Efektif Untuk Mahasiswa PPL didalam menghampiri siswanya belajar, untuk itu hal ini perlu dilakukan walaupun terlihat sederhana karena dengan cara mengahampiri siswa tentu pengajar dapat memberikan semangat dan bimbingan bagi yang belum paham terhadap apa yang disampaikan.

Sobat, itulah beberapa cara sederhana yang dapat saya sampaikan tentang menarik minat belajar siswa, tentu didalam mengajar dan belajar kita memiliki gaya tersendiri walaupun para ahli telah menetapkan model-model pembelajaran yang ada, akan tetapi ketika melihat kondisi kelas yang tidak kondusif lagi tentu kita sebagai pengajar perlu mengambil langkah Sederhana didalam proses kegiatan mengajar, demikian apa yang saya sampaikan tentang Cara Sederhana Menarik Minat Belajar Siswa. Terima Kasih
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

February 13, 2017

Memilih Tontonan Edukasi Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Sobat, tontonan yang kita kenal di televisi dapat dikategorikan adalah suatu tayangan yang bersifatnya umum dari berbagai macam topik, mulai dari informasi, sinetron, hiburan, maupun edukasi, dan lain sebagainya. Akan tetapi jika kita tinjau dari beberapa tayangan yang ada, dapatkah kita memilih tema atau topik tayangan yang sifatnya edukasi, yang dapat kita jadikan sebuah bahan tontonan? tentu bisa, mengapa sebab agar suatu tayangan tersebut bermanfaat ialah dengan memilih tontonan yang memberikan wawasan dan pengetahuan tersendiri dari apa yang kita tonton.
Memilih Tontonan Edukasi Untuk Mahasiswa dan Pelajar
Source: www.pixabay.com
Sampai disini tentu kamu semua perlu tahu apa yang menjadikan sebuah pilihan dalam menentukan tontonan edukasi. Sementara jika kita melihat dari 'pengertian edukasi' adalah proses pembelajaran yang betujuan untuk mengembangkan potensi diri dan mewujudkan proses pembelajaran yang lebih baik. Edukasi ini tentu memiliki tujuan untuk mengembangkan kepribadian, kecerdasan dan mendidik untuk memiliki akhlak mulia, mampu mengendalikan diri dan memiliki keterampilan.

Maka berangkat dari masalah dan manfaat edukasi tersebut saya mengangkat dan menghubungkannya dengan sebuah tema artikel yang berjudul memilih tontonan edukasi untuk mahasiswa dan pelajar.

Oke sobat mari kita bahas lebih dalam, tontonan menurut KBBI adalah pertunjukan (gambar hidup, wayang orang, dsb), yg ditonton, contoh: akrobat itu merupakan "tontonan" yg menyenangkan, jadi tontonan ini adalah suatu pertujukan yang berupa dari berbagai macam hal, lantas bagaimana hubungan tontonan ini dengan edukasi, sebab jika kita lihat dari kata edukasi dimana selalu berhubungan dengan pendidikan dan pengetahuan, jadi kaitanya tontonan edukasi ini tentu dapat memberikan semangat tersendiri buat kamu. Lalu yang menjadi pertanyaan inti adalah, mengapa mahasiswa dan pelajar perlu memilih tontonan yang bersifat edukasi? Untuk menjawab pertanyaan ini maka kita dapat menghubungkan kembali ke pengertian edukasi yang saya jelaskan diatas.

Dari beberapa penjelasan-penjelasan diatas, lantas akan menimbulkan sebuah pertanyaan yang terkait, bagaimana cara kita menentukan film edukasi yang baik yang sesuai dengan tujuan pengertian edukasi? karna banyak sekali siaran-siaran atau berupa film yang ditayangkan oleh stasiun televisi kepada publik. Untuk menjawab pertanyaan kamu tersebut, berikut akan saya paparkan memilih tontonan edukasi untuk mahasiswa dan pelajar.

1) Melihat Topik/Konten Yang Ditayangkan.
Mengapa kita perlu melihat topik dan kontennya sebab didalam memilih tayangan di sebuah televisi tentu akan banyak sekali tayangan-tayang yang diluar pembahasan edukasi, maka dari itulah kita perlu melihat dan memahami bagaimana konten dan topik yang ditawarkan, apakah mengadung unsur negatif buat diri kita ataukah konten yang mereka tawarkan sudah sesuai dengan konten yang kita cari sebagai konten edukasi yang sifatnya menambahkan nilai dan hal-hal positif buat diri pribadi.

2) Tayangan Bersifat Petualangan/Adventure.
Mengapa saya menyarankan untuk menonton sebuah tayangan yang bersifat petualangan, karena didalam tayangan tersebut yang selama ini saya perhatikan banyak sekali unsur-unsur nilai yang sifatnya mendidik, mulai dari mengenal alam sekitar dan juga sejarah-sejarah terdahulu yang dikupas secara detail oleh sang penjelajah dalam pembahasanya dalam mengenal lingkungan sekitar, tentu hal ini memberikan kesan positi terhadap apa yang kita sebelumnya tidak tahu dan mengenal tempat tersebut, lalu kita menjadi tahu dengan penjelasan yang mereka sampaikan.

3) Tayangan Rohani.
Membahas sebuah tayangan rohani tidak terlepas dari pembahasan kita sebagai umat beragama, sebab didalam tayangan rohani inilah dimana topik yang selalu diangkat berupa hal-hal positif yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu sobat tayangan yang sifatnya kerohanian tentu sangatlah bermanfaat untuk diri kita dalam memberikan gambaran contoh dan perilaku kita agar menjadi umat manusia yang lebih baik lagi didalam kehidupan sehari-hari.

4) Berita dan Informasi.
Kejadian-kejadian yang ada disekitar kita akan dibahas didalam sebuah tayangan yang sifatnya informasindan berita, karna tayangan berita dan informasi ini tentu dapat memberikan sebuah wawasan kita terhadap apa yang terjadi sekarang yang ada pada publik. Untuk itu tayangan informasi dan berita inilah sebagai salah satu pilihan untuk kita dalam mengetahui berbagai kejadian yang ada disekitar kita, dengan catatan "pastikan tayangan yang kalian tonton tersebut memiliki unsur dan pikiran negatif untuk diri kalian dan serap serta pastikan kebenarannya bahwa apakah informasi dan berita tersebut sifatnya edukasi untuk kalian".

Baca Juga : Kegiatan Yang Tidak Disadari Menambah Pengetahuan.

Sobat, setelah mengetahui aspek-aspek diatas, semoga kalian semua tahu bahwa tontonan edukasi ini sangatlah bermanfaat untuk diri sendiri, ditambah pengetahuan dan juga wawasan kalian terhadap dunia dan pendidikan. Jadi sobat, stasiun televisi yang ada pada saat ini banyak sekali menayangkan macam topik dan tema yang mereka angkat dalam pembahasannya dan juga film-film yang mereka tayangkan untuk masyarakat tentu berbagai macam ragamnya, untuk itu perlulah kamu sebagai penonton yang cerdas didalam memilih sebuah tayangan yang bersifat edukasi dan bermanfaat buat diri kamu sendiri. Sekian dari saya tentang memilih tontonan edukasi untuk mahasiswa dan pelajar, semoga kita semua bisa menjadi lebih baik lagi dari hari ini.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

February 12, 2017

Contoh Soal Sumber Daya Alam Strategis Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional.

Contoh Soal Sumber Daya Alam Strategis Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional - Sobat, istilah sumber daya alam merupakan suatu sumber penghasilan yang ada pada negara yaitu berasal dari kekekayan alam, sumber daya alam ini adalah suatu komponen penting didalam proses pembangunan yang ada di negara selain daripada sumber daya manusia. Jadi sumber daya alam ini sangat erat kaitanya dengan sumber daya manusia sebab untuk menghasilkan suatu sistem sumber daya alam yang sebaik mungkin pastinya melibatkan sumber daya manusia, Sumber Daya Alam Strategis Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional.

Untuk itu, kali ini saya akan membagikan contoh soal beserta kunci jawaban dari hasil belajar saya yang membahas tentang sumber daya alam strategis sebagai modal dasar pembangunan nasional.
Lalu, apa saja contoh soalnya mari kita pelajari bersama sama-sama.
Contoh Soal Sumber Daya Alam Strategis Sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional.
www.pixabay.com
1) Apakah yang dimaksud pembangunan berkelanjutan dan pembangunan nasional ?
Jawab : Pembangunan Berkelanjutan adalah pembangunan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pada masa sekarang tanpa mengurangi kemampuan generasi yang akan datang untuk memenuhi kebutuhannya. Sedangkan Pembangunan Nasional adalah upaya untuk meningkatkan seluruh aspek
kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

2) Mengapa Sumber Daya Alam itu sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional ?
Jawab: mengapa? Sebab sumber daya alam memiliki peranan penting dalam pembangunan nasional dan pembangunan tidak akan terjadi jika tidak didorong dengan ketersediaan modal pembangunan yang cukup.

3) Selain Faktor Sumber Daya Alam Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi Pembangunan Nasional?
Jawab: Sumber Daya Manusia.

4) Sebutkan Sumber Daya Mineral Apa Saja Yang Menjadi Kekayaan Alam Indonesia !
Jawab:  sumber daya mineral yang menjadi kekayaan alam indonesia adalah emas, perak, tembaga, nikel, timah putih dan hitam, alumunium, besi, mangan, chromit, minyak bumi, gas bumi, batu bara, yodium, batu mulia intan, dan bahan-bahan bangunan.

5) Sebutkan Prinsip Pengelolaan Sumber Daya Alam !
Jawab: mengelola sumber daya alam dengan efisien, melestarikan sumber daya alam, pelestarian sumber daya alam terbarukan, pelestarian sumber daya alam tidak terbarukan.

Nah sobat, setelah kita mempelajari contoh soal tadi tentu materi pengetahuan kita tentang sumber daya alam bertambah bukan? Untuk itu pelajarilah hal-hal baru lainnya yang dapat kalian cari dari buku-buku yang relevan dan juga internet dan media-media online lainnya yang dapat menambah wawasan kalian bertambah. Semoga dengan adanya contoh soal diatas tadi dapat bermanfaat untuk kalian semua dalam mencari contoh soal sunber daya alam strategis sebagai modal dasar pembangunan nasional.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share: