• 10 Kutipan Inspirasi Untuk Penyemangat Kebutuhan Belajar Anda

    Belajar tentunya kita membutuhkan inspirasi dan motivasi, berbicara inspirasi dan motivasi berarti membahas mengenai psikologis yang ada pada diri setiap orang tapi pernahkan anda semua membaca,mendengarkan dan menonton yang membahas seputar motivasi tentu anda pernah bukan?

  • Tempat Belajar Selain Kelas Yang Dapat Mengembangkan Pola Pikir

    Melihat dari arti kata belajar sudah pasti anda semua mengetahuinya, pengertian tempat belajar adalah suatu wadah yang didalamnya terjadi interaksi antar individu maupun kelompok yang membahas sesuatu berdasarkan apa yang sedang dipelajari.

  • Manfaat Membaca Artikel Pengetahuan Belajar Untuk Diri Sendiri

    Membaca adalah suatu jembatan untuk mengetahui sebuah ilmu pengetahuan, dengan membaca tentu membuat anda semua mengetahui dasar - dasar apa yang akan dipelajari, namun coba anda pikirkan sejenak, salah satunya smartphone yang anda gunakan sekarang? apakah fungsinya hanya untuk mengirim pesan, menelpon dan bersosial media secara berkelanjutan,

March 11, 2017

Fakta Menarik Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pada Masa PPL

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), sudah tidak asing lagi untuk kita yang sebagai seorang mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dari hasil belajar sehingga dapat diterapkan didalam praktek pengalaman Lapangan (PPL) ini, akan tetapi banyaknya fakultas dan jurusan yang ada di lingkungan kampus kita sehingga bermacam-macam pula tempat kegiatan ppl yang diadakan di kampus, untuk yang mengambil jurusan keguruan dan ilmu pendidikan sebagian akan dihadapkan dengan pratek pengalaman lapangan di sekolah-sekolah sesuai dengan bidang yang diambil.
Fakta Menarik Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pada Masa PPL
Gambar 01: Para Mahasiswa PPL
Tapi, pernahkah kita memikirkan atau mungkin menyadari bagian-bagian yang menarik disaat kamu melaksanakan PPL? Tentu dengan adanya mahasiswa yang praktek di setiap sekolah memberikan kesan yang berbeda dari pada biasanya. Karena pembahasan kita kali ini berkaitan dengan tema hal menarik tentu kalian semua ingin tahu apa saja yang menjadi hal menarik dari mahasiswa ppl ini, berikut saya paparkan menurut pengalaman saya saat sedang melaksanakan PPL/ Praktek Pengalaman Lapangan.


1) Bersemangat Mengajar.

Dalam memberikan ilmu pengetahuan tentu haruslah bersemangat, arti semangat disini adalah dimana pada waktu mengajar mahasiswa ppl lebih antusias didalam memberikan ilmu pengetahuan, sebagai salah satu contoh semangat disini adalah, dimana ketika seorang guru berhalangan hadir didalam sebuah kelas, maka secara antusias mahasiswa ppl semangat untuk masuk dan memberikan pelajaran yang diajarkan oleh guru tersebut.
Mengapa? Hal ini juga yang memberikan pelajaran tambahan atau pengalaman mengajar lebih untuk mahasiswa ppl didalam prakteknya, untuk itu mahasiswa lebih bersemangat ketika memasuki kelas-kelas yang kosong.


2) Belajar Sebelum Masuk Kelas.

Ini juga merupakan salah satu dari sebagian banyaknya fakta menarik yang ada, belajar sebelum masuk kelas adalah hal yang umum dilakukan oleh sebagian mahasiswa, sebab mahasiswa ppl juga adalah sebagai seorang yang sama-sama belajar didalam memberikan ilmu pengetahuan, untuk sebagian mahasiswa perlu mempelajari materi yang akan disampaikan agar nantinya ilmu yang diberikan dapat bermanfaat dan mudah dipahami.


3) Disenangi Oleh Para Siswa.

Sudah tidak asing lagi bagi keberadaan mahasiswa PPL memberikan hal yang berbeda, dengan materi yang mereka daptkan di kampus dan metode-metode pembelajaran yang telah disampaikan oleh bapak dan ibu dosen sehingga dengan praktek pengalaman lapangan ini dapat diterapkan, dengan melihat kondisi yang ada, tentu sebagian siswa senang dengan keberadaan mahasiswa calon guru-guru ini. Karena, selain pembawaan materi yang disampaikan dengan cara bersahabat dan juga pengajarannya yang mudah diterima oleh para siswa di kelas, sehingga menimbulkan kesan dan pesan tersendiri bagi para siswa di dalam menilai mahasiswa ppl pada saat mereka mengajar.
Baca Juga: Cara Sederhana Menarik Minat Belajar Siswa.

4) Menyusun Strategi Rencana Perangkat Pembelajaran.

Dengan melihat adanya berbagai macam strategi pembelajaran yang ada, dengan menyesuaikan kondisi kelas yang akan diberikan pengajaran haruslah menyusun perangkat pembelajaran, dari sekian banyaknya mahasiswa PPL rencana perangkat pembelajaran adalah hal yang wajib untuk disusun karena di dalam perangkat inilah sebagai pengarah kemana metode dan stategi apa yang akan di sampaikan pada saat mengajar dikelas dengan adanya perangkat pembelajaran inilah yang menjadikan pembelajaran dikelas menjadi terarah.

5) Mendapatkan Tugas Lain dari Staf atau Guru.

Hal ini adalah umum, karena? di dalam masa menjalankan masa praktek pengalaman lapangan tugas lain dari guru ataupun staf merupakan hal sosial di dalam membantu mempermudah pekerjaan mereka untuk itu dengan adanya keberadaan mahasiswa ppl ini sehingga dapat turut serta membantu aktivitas dan kegiatan yang berlangsung disekolah guna membantu satu sama lain agar terciptanya komunikasi yang baik diantara mahasiswa, guru dan staf lainnya.


6) Guru Pamong Sebagai Panutan.

Mendapatkan guru pamong pada saat menjalankan praktek pengalaman lapangan adalah hal yang pasti kalian dapatkan, dengan adanya guru pamong inilah sebagai panutan kalian atau sebagai tempat dimana kalian dapat mengkonsultasikan RPP ataupun masalah-masalah yang dihadapi pada saat mengajar di dalam kelas, dengan adanya guru pamong atau pembimbing yang kamu dapatkan tentu kamu dapat banyak belajar dari pengalaman mengajar mereka di sekolah.
Baca Juga: Cara Mengajar yang Menyenangkan dan Efektif Untuk Mahasiswa PPL.
Kawan, itulah yang dapat saya sampaikan, jika sobat mempunyai pengalaman ataupun fakta menarik dengan mahasiswa praktek pengalaman lapangan, kamu dapat berkomentar dan sharing di kolom komentar bawah, sehingga ilmu dan pengalaman yang kita dapatkan dapat berguna untuk mahasiswa-mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan ppl ini. Sekian dari saya tentang Fakta Menarik Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pada Masa PPL, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kawan-kawan semua yang sedang maupun yang akan melaksanakan kegiatan praktek pengalaman lapangan di setiap sekolah-sekolah. Terima Kasih.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

March 5, 2017

Membuat Kuliah Menjadi Menyenangkan Khusus Mahasiswa.

Membuat Kuliah Menjadi Menyenangkan? Kawan mahasiswa, istilah kampus yang dikenal sebagai tempat menuntut ilmu serta mengembangkan kemampuan dan potensi-potensi yang ada pada diri kita didalam bidang ilmiah maupun non ilmiah tidak jarang sebagian dari kita merasa bosan dengan melihat bahwa kampus hanyalah sebagai tempat belajar dan belajar secara teori, tentu ada sebagian dari mahasiswa yang mencari kegiatan apa yang dapat membuat kuliah menjadi menyenangkan yang dapat merubah bahwa siklus kuliah bukanlah hanya belajar teori dan pemberian tugas lalu pulang kerumah.
Membuat Kuliah Menjadi Menyenangkan Khusus Mahasiswa
Gambar:  Ilustrasi Kampus
Kawan, banyak sekali tempat ataupun kegiatan yang menarik didalam dunia kampus yang secara tidak sadar hal tersebut dapat membuat kuliah menjadi menyenangkan. Lalu apa saja hal tersebut sehingga membuat kuliah kamu menjadi menyenangkan?

Berikut saya berikan contoh berdasarkan pendapat saya.

1. Mengikuti Organisasi.

Mengikuti sebuah organisasi didalam kampus tentu tidak merugikan buat kamu, apa lagi buat kamu yang masih mahasiswa baru, organisasi inilah sebagai tempat kedua kamu yang dapat mengembangkan kemampuan, bakat dan potensi yang ada pada dirimu, setelah melalui proses pembelajaran didalam kelas yang padatnya karena aktivitas belajar dan banyaknya tugas yang menanti, dengan mengikuti sebuah organisasi tentu dapat merefresh atau merileksasikan semua hal yang telah kamu dapatkan didalam kelas, menjadi kegiatan ataupun hal yang bermanfaat.

2. Menjalin Komunikasi.

Kawan, mahasiswa baru ataupun yang sudah lama mesti melalukan hal ini, mengapa? Karena komunikasi itu sangatlah banyak manfaatnya, selain membuat kuliah menjadi menyenangkan, tentu dengan menjalin komunikasi yang baik antara dosen dan kakak tingkat tentu menambah pengalaman dan wawasan kamu didalam jurusan yang kamu pilih terutam didalam informasi maupun edukasi serta pengalaman-pengalaman mereka.

3. Membaca Buku-Buku.

Mengapa membaca buku menjadi hal yang menyenangkan, tentu dari sekian banyaknya mahasiswa, pasti masih ada mahasiswa yang beranggapan bahwa membaca buku menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan, berangkat dari hal itu saya beranggapan bahwa membaca buku diluar konteks pelajaran ataupun materi tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi sebagian mahasiswa, dengan membaca buku lain seperti , horror, novel, fiksi dan lain sebagainya yang bisa kalian dapatkan di perpustakaan kampus, tentu banyak sekali hal bermanfaat dan ilmu pengetahuan baru yang dapat menambah wawasan kamu.
Baca Juga: Kegiatan Mahasiswa Ketika Tidak Ada Mata Perkuliahan

4. Menonton Seminar.

Menonton seminar yang diadakan fakultas ataupun kampus tentu menjadi hal yang menyenangkan, mengapa? Sebab, dengan mengikuti sebuah seminar kita banyak mendapat materi baru dan wawasan baru tentang tema yang diangakat, serta menambah teman dari berbagai jurusan yang ada di kampus kamu.

5. Gosip Kampus.

Didalam sebuah percakapan ataupun sebuah perkumpulan di gazebo ataupun pendopo kampus tentu masih ada saja yang suka membicarakan hal-hal gosip yang ada di kampus, lantas mengapa saya menganggap hal ini menyenangkan? sebagian dari mereka gosip atau bercerita tentang informasi kampus, teman kelas, pacar ataupun dosen dan lain sebagainya adalah suatu hal yang dapat membuat mereka menjadi santai terutama karena setelah otak lelah dan banyaknya tugas yang diberikan dosen. Jadi bagi kalian yang senang akan hal ini, tidak ada salahnya kalian ikut bergabung dan mencoba didalamnya, selama gosip yang diceritakan masih dianggap wajar.

6. Nongkrong.

Waktu kuliah yang tidaklah padat membuat sebagian mahasiswa nongkrong di suatu tempat yang dapat melepas lelah dari selama menjalankan aktivitas yang ada dikampus, banyak sekali mahasiswa yang kita jumpai di kampus di sebuah tempat-tempat tertentu pasti ada saja mahasiswa yang menjadi kesukaanya nongkrong, mengapa? Mungkin dengan cara ini mereka dapat membuat menyenangkan bahwa kuliah itu bukan hanya belajar, dengan nongkrong pun kalian bisa belajar dan bertukar pikiran positif dengan orang yang ada disekitar ataupun teman nongkrong.

7. Tebar Pesona.

Tak jarang saya jumpai masih ada saja mahasiswa yang didalam kegiatannya mengolah kuliah tidak menjadi membosankan adalah tebar pesona, memang benar kampus yang luas dan terdapat banyak wanita dan pria dari berbagai macam jurusan membuat kuliah menjadi menyenangkan sehingga sebagian dari mahasiswa tebar pesona adalah sesuatu hal yang umum dikalangan kampus.
Baca Juga: Mengenal Mahasiswa dari Berbagai Macam Tipe Keunikannya.
Kawan, itulah beberapa hal yang tidak kita sadari membuat kuliah menjadi menyenangkan, tentu banyak sekali hal hal lainnya yang bisa kamu dapatkan ketika kamu memikirkan sesuatu bahwa hal itu menyenangkan, akan tetapi kita sebagai mahasiswa jangan sampai terlalu senang dengan aktivitas yang ada sehingga membuat lalai akan tujuan utama kita, karena tujuan prioritas kita kekampus adalah untuk menuntut ilmu dan mendapatkan gelar yang kita inginkan. Terima kasih sekian dari saya semoga bermanfaat.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

March 1, 2017

Memberikan Siswa Pendidikan Akhlak Untuk Mahasiswa PPL Keguruan dan Pendidikan.

Pentingkah Pendidikan Akhlak? Kawan pengertian akhlak secara etimologi dapat diartikan sebagai budi pekerti, watak dan tabiat. Tentu saling berkaitan antara akhlak dan pendidikan ini, yaitu adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani anak didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama. Pendidikan Akhlak sangatlah perlu ditanamkan sejak dini kepada sang anak/siswa, khususnya nanti buat kawan-kawan semua yang sedang menjalankan praktek pengalaman lapangan di setiap sekolah sehingga dapat memberikan pendidikan akhlak agar terbentuknya tujuan pendidikan nasional.
Memberikan Siswa Pendidikan Akhlak Untuk Mahasiswa PPL Keguruan dan Pendidikan.
Gambar dari pixabay.com
Kawan, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dalam hal ini kita sebagai mahasiswa yang khususnya calon guru mengapa perlu memberikan pendidikan akhlak kepada anak murid?

Karena seperti yang kita ketahui bersama pendidikan dalam konteks ini adalah merupakan usaha untuk membimbing dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal agar mereka dapat berperan serasi dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat lingkungannya berdasarkan tujuan pendidikan akhlak.

Dalam tujuan pendidikan akhlak dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Menurut Barnawy Umari, bahwa tujuan pendidikan akhlak secara umum meliputi :
  • Supaya dapat terbiasa melakukan yang baik, indah, mulia, terpuji serta menghindari yang buruk, jelek, hina dan tercela.
  • Supaya perhubungan kita dengan Allah SWT dan dengan sesama makhluk selalu terpelihara dengan baik dan harmonis.
Baca Juga: 5 Hal Kemampuan Untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional.
Menurut Ali Hasan bahwa tujuan pokok akhlak adalah agar setiap orang berbudi (berakhlak), bertingkah laku (tabiat) berperangai atau beradat istiadat yang baik atau yang sesuai dengan ajaran Islam. Tujuan khusus adapun secara spesifik pendidikan akhlak bertujuan :
  • Menumbuhkan pembentukan kebiasaan berakhlak mulia da beradat kebiasaan yang baik
  • Memantapkan rasa keagamaan pada siswa, membiasakan diri berpegang pada akhlak mulia dan membenci akhlak yang rendah.
  • Membiasakan siswa bersikap rela, optimis, percaya diri, emosi, tahan menderita dan sabar.
  • Membimbing siswa ke arah dikap yang sehat dan dapat membantu mereka berinteraksi sosial yang baik, mencintai kebaikan untuk orang lain, suka menolong, sayang kepada yang lemah, dan menghargai orang lain.
  • Membiasakan siswa bersopan santun dalam berbicara dan bergaul baik di sekolah maupun di luar sekolah.
  • Selalu tekun beribaah dan mendekatkan diri kepada Allah dan bermuamalah yang baik.
Dalam hal itu setelah melihat tujuan pendidikan akhlak kita sebagai Mahasiswa PPL tentu sangatlah perlu memberikan kepada peserta didik sejak mulai dini, lalu di dalam benak kalian, apakah ada contoh bagaimana cara memberikan pendidikan akhlak tersebut dan bagaimana cara memulainya sedangkan kami semua belum memiliki dasar didalam mengajarkan akhlak?

Kawan untuk hal itu kalian tidak perlu bingung karena suatu usaha yang dilakukan dengan niat baik terlebih kaitannya memberikan contoh akhlak yang baik tentu semaksimal mungkin akan berjalan sesuai apa yang kalian harapkan tanpa ragu, akan tetapi kali ini saya juga akan sedikit memberikan langkah-langkah menurut pakar tentang bagaimana cara memulai memberikan metode pendidikan akhlak.

Untuk sobat semua yang bingung didalam memberikan pendidikan akhlak, berikut penjelasannya. Menurut Ahmad D. Marimba, ada 3 metode dalam pendidikan akhlak yaitu, dengan pembiasaan tujuannya adalah agar cara-cara yang dilakukan dengan tepat, terutama membentuk aspek kejasmanian dari kepribadian atau memberi kecakapan berbuat dan mengucapkan sesuatu. Dengan pembentukan pengertian, minat dan sikap.
Dengan diberikan pengetahuan dan pengertian pembentukan kerohanian yang luhur.
Baca Juga: Cara Sederhana Menarik Minat Belajar Siswa.
Sedangkan jika dilihat daru metodenya di dalam buku Daur al-Bait fi Tarbiyah ath-Thifl al-Muslim, karangan Khatib Ahmad Santhut yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, membagi metode pendidikan moral/akhlak ke dalam 5 bagian, di antaranya adalah :

1) Keteladanan
Metode ini merupakan metode terbaik dalam pendidikan akhlak. Keteladanan selalu menuntut sikap yang konsisten serta kontinyu, baik dalam perbuatan maupun budi pekerti yang luhur.

2) Dengan memberikan tuntunan
Yang dimaksud di sini adalah dengan memberikan hukuman atas perbuatan anak atau perbuatan orang lain yang berlangsung di hadapannya, baik itu perbuatan terpuji atau tidak terpuji menurut pandangan al-Qur’an dan Sunnah.

3) Dengan Kisah-Kisah Sejarah
Islam memperhatikan kecenderungan alami manusia untuk mendengarkan kisah-kisah sejarah. Di antaranya adalah kisah-kisah para Nabi, kisah orang yang durhaka terhadap risalah kenabian serta balasan yang ditimpakan kepada mereka. al-Qur’an telah menggunakan kisah untuk segala aspek pendidikan termasuk juga pendidikan akhlak.

4) Memberikan Dorongan dan Menanamkan Rasa Takut (Pada Allah SWT)
Tuntunan yang disertai motivasi dan menakut-nakuti yang disandarkan pada keteladanan yang baik mendorong anak untuk menyerap perbuatan-perbuatan terpuji, bahkan akan menjadi perwatakannya.

5) Memupuk Hati Nurani
Pendidikan akhlak tidak dapat mencapai sasarannya tanpa disertai pemupukan hati nurani yang merupakan kekuatan dari dalam manusia, yang dapat menilai baik buruk suatu perbuatan. Bila hati nurani merasakan senang terhadap perbuatan tersebut, dia akan merespon dengan baik, bila hati nurani merasakan sakit dan menyesal terhadap suatu perbuatan, ia pun akan merespon dengan buruk.
Baca Juga: Cara Mengajar Yang Menyenangkan dan Efektif Untuk Mahasiswa PPL.
Sobat itulah yang dapat saya berikan tentang Memberikan Siswa Pendidikan Akhlak Untuk Mahasiswa PPL Keguruan dan Pendidikan Semoga dengan adanya pembahasan kita kali ini dapat menambah wawasan bersama didalam memberikan pendidikan akhlak kepada anak dan pelajar Indonesia demi terciptanya Tujuan Pendidikan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

February 22, 2017

Tips Menghadapi Seminar Proposal Untuk Mahasiswa

Kawan mahasiswa, pembahasan kali ini mengenai seminar proposal dan seputar dunia perkuliahan ada beberapa di dunia kampus sebelum melanjutkan penelitian bagi mahasiswa semester akhir untuk melanjutkan ke seminar hasilnya tentu harus melalui seminar proposal terlebih dahulu, agar apa yang mereka teliti dan bahas paham sepenuhnya, akan tetapi selama saya menjadi penonton dan pembahas didalam suatu seminar proposal tak jarang sebagian kawan mahasiswa ketika diberikan sebuah pertanyaan-pertanyaan mengenai judul yang mereka angkat seringkali mengalami kendala dan kesulitan dalam menjawab, tak jarang masih ada beberapa mahasiswa yang kaku dan gugup terhadap pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh dosen pembimbing.
Tips Menghadapi Seminar Proposal Untuk Mahasiswa
Gambar: rionsaputra.xyz
Berangkat dari masalah diatas, saya mencoba sedikit memberikan tips untuk kawan mahasiswa semua yang ingin menjalani seminar proposal agar nantinya ketika didalam penyampaian agar bisa berjalan secara santai dan paham secara menyeluruh mengenai apa yang kawan sampaikan.

Untuk itu bagi kawan yang masih merasa kaku dan gugup dalam seminar proposal, saya sarankan mohon luangkan waktunya sedikit saja untuk membaca artikel ini hingga selesai karena akan terdapat beberapa kemungkinan yang bisa sobat benahi ketika ingin maju seminar proposal.
Oke sekarang mari kita bahas bersama-sama.

1) Percaya Diri
Dapat di istilahkan disini kamu adalah tokoh utamanya, ketika kamu maju dan menyampaikan sesuatu pembahasan tentu semua peserta yang ada diruangan tersebut memperhatikanmu, dalam hal ini yang pertama percaya diri sangatlah dibutuhkan dan dipersiapkan, sebab jika kamu tidak percaya diri dan kemampuan kamu maka tak jarang kamu akan mendapatkan sedikit keraguan, contohnya seperti ketika para  peserta menyampaikan kritikan dan pertanyaan ada kemungkinan kamu akan terlihat kaku didalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan, karena kamu tidak percaya bahwa kamu mampu, untuk itu yakinlah terhadap diri kamu didalam menghadapi seminar proposal.

2) Paham Materi
Mengapa? sebelum kamu menyampaikan sesuatu kepada orang lain tentu kamu harus betul-betul paham mengenai materi apa yang kamu angkat, begitu juga terhadap seminar prosal, kamu perlu memahami dan mengerti apa yang ingin di sampaikan kepada peserta, karena jika kamu tidak memahami mengenai apa yang kamu sampaikan tentu seminar prosal yang berjalan sama halnya seperti membacakan apa yang kamu tulis, untuk itu pahami dan pelajari kembali apa yang menjadi point-point penting didalam materi yang kamu angkat dan sampaikan, karena apa yang kamu tulis sudah tentu kamu paham dengan isi yang ada didalamnya.

3) Tegas di dalam Penyampaian.
Tegas disini dapat di istilahkan ketika kamu menyampaikan judul yang kamu angkat, sama halnya dengan bagaimana cara ekspresi kamu saat menyampaikan materi kepada peserta, begitu beragam ekspersi kawan mahasiswa yang ketika saya menjadi penonton seminar proposal masih ada yang beberapa terlihat gugup dan kaku. Dalam hal ini yang harus kamu persiapkan adalah point nomor satu dan dua diatas tadi yang kita bahas.

4) Bertanya Teman & Rekan.
Bertanya yang saya maksud disini adalah bertanya kepada teman atau rekan yang telah melalui seminar proposal, mengapa? karena dari pengalaman mereka kamu sedikit akan tahu gambaran-gambaran bagaimana dosen tersebut bertanya kepadanya pada saat dia maju seminar proposal, hal ini tentu memberikan efek tersendiri buat kamu didalam menganalisis, ada kemungkinan pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat berkaitan ketika nanti kamu maju proposal.

5) Perbanyak Menonton Seminar Proposal.
Mengapa? Dengan seringnya kita menonton seminar proposal tentu banyak sekali hal yang dapat kita pelajari mulai dari cara mereka menyampaikan materi dan ekspresi terlebih masukan dan nasihat dari dosen pembimbing mereka tentu memberikan dampak baik untuk memahami bahwa apa saja pelajaran yang dapat dipetik dan diterapkan ketika nanti kamu maju dalam seminar proposal.
Baca Juga: Contoh Penyebab Skripsi Kamu Macet Ditengah Jalan.
Nah kawan mahasiswa, sampailah kita di penghujung artikel, dapat saya simpulkan disini sebelum kamu menghadapi seminar proposal ada baiknya kamu percaya diri, memahami isi dari materi yang kamu angkat dan yakin pada kemampuanmu terhadap cara penyampaianmu dalam topik yang kamu angkat, agar seminar proposal yang kamu lakukan berjalan santai dan kamu paham sepenuhnya dari apa yang kamu sampaikan. Itulah beberapa tips menghadapi seminar proposal untuk mahasiswa, semoga bermanfaat untuk kita semua.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

February 20, 2017

Mengenal Macam-Macam Tingkah Siswa Untuk Mahasiswa PPL

Mengenal tingkah siswa sobat pembahasan kita kali ini tentang siswa, seperti yang kita ketahui bersama sekolah adalah tempat yang didalamnya terdapat kegiatan belajar dan mengajar, disekolah juga terdapat interaksi antara siswa dan guru, didalam interaksi ini tidak terlepas dari ruangan atau yang biasa kita sebut kelas, didalam kegiatan pembelajaran keadaan kelas yang kita berikan suatu pelajaran tentu bermacam-macam tingkah siswa dalam menyerap, memahami dan memperhatikan mata pelajaran yang telah disampaikan, akan tetapi kita sebagai calon guru apakah perlu mengenal tingkah siswa ini? Tentu!
Mengenal Macam-Macam Tingkah Siswa Untuk Mahasiswa PPL
(Gambar: Siswa Di india)
Begitu banyak ditemukan perbedaan dalam tingkah siswa, antara lain perbedaan dalam hal biologis, psikologis, intelegensi, dan bakat. Sebab didalam menyampaikan materi apa yang akan dibahas oleh seorang guru, maka seorang guru tentu perlu mengenali tingkah dan karakteristik siswa ini. Adapun beberapa artikel saya yang membahas tentang bagaimana cara mengajar yang menyenangkan dan efektif untuk mahasiswa ppl.

Untuk sobat yang calon guru ataupun masih melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan saya sarankan untuk membaca artikel ini hingga selesai, sebab akan terdapat beberapa karakteristik siswa didalam kegiatan mengajar kita yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan.
Dan bagi Bapak/Ibu guru yang telah banyak pengalaman dari saya, mohon luangkan waktunya sedikit saja untuk membaca dan sharing bersama-sama agar terciptanya interaksi yang hangat didalam persahabatan blogger.

Sekarang mari kita bahas bersama-sama apa saja macam-macam karakteristik siswa dalam pembelajaran.

1) Siswa Aktif
Siswa yang proaktif biasanya terdapat interaksi yang baik antara guru dan siswa, siswa aktif dapat dilihat dari perhatiannya dalam memahami penjelasan apa yang telah disampaikan oleh guru, siswa aktif ini tentu sangatlah antusias didalam menyerap materi apa yang telah disampaikan, akan tetapi sebagai seorang guru juga perlu membatasi pertanyaan-pertanyaan siswa aktif ini agar siswa yang lainnya dapat mengutarakan pendapatnya.

2) Siswa Aktif Bertanya.
Tak jarang jika didalam kelas sering ditemukan siswa yang selalu bertanya, akan tetapi seringkali pertanyaan yang disampaikannya diluar konteks pembelajaran yang dibahas, hal ini umum dan tentu baik untuk mengasah wawasan bersama dan untuk hal ini guru juga perlu berperan membatasi pertanyaan diluar konteks tersebut, agar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah disampaikan.

3) Siswa Pembuat Gaduh
Didalam kelas tentu kita selalu dihadapkan oleh siswa yang sulit diatur, akan tetapi tidak semua siswa yang membuat gaduh tentu ada beberapa orang saja yang kegiatannya selalu menggaduh teman sekelasnya, siswa yang seperti ini tentu perlu diberi nasihat, kita sebagai guru sangatlah berperan penting dalam pengelolaan kelas yang kita kelola terlebih dengan kondisi seperti ini, berikanlah sedikit motivasi agar siswa pembuat gaduh ini sadar betapa pentingnya menghargai teman dan memahami materi apa yang telah disampaikan.

4) Siswa Pendiam
Siswa ini adalah hanya sedikit dari beberapa siswa yang ada dikelas, siswa pendiam biasanya jarang sekali berinteraksi antara siswa dan guru, untuk itu peran kita sebagai guru perlu dengan mencarikan teman duduk yang lebih aktif, guru dan siswa menjadi teman ngobrol, memberikan motivasi, bisa dengan memberikan sanjungan. Selain itu adapula tempat belajar selain kelas yang dapat mengembangkan pola pikir

Sobat itulah beberapa tingkah siswa yang dapat saya sampaikan, tentu didalam proses pembelajaran tak jarang kita menemukan tingkah-tingkah siswa dari pembahasan diatas, untuk itu peran guru sangatlah berarti didalam pengelolaan kelas agar terciptanya suasana yang kondusif dalam kegiatan belajar dan mengajar.
Terima Kasih.
Share:

February 16, 2017

Contoh Soal Prinsip Sumber Daya Alam Untuk Pelajar

Jika sebelumnya kita telah mengenal istilah sumber daya alam kali ini saya akan memberikan contoh soal tentang prinsip sumber daya alam, untuk itu sobat mari kita simak dan pelajari bersama apa yang menjadi pembahasan kita kali ini. Prinsip sumber daya alam terbagi dua yaitu optimal dan lestari didalam upayanya sumber daya alam lestari terbagi 7 yaitu, penggunaan pupuk organik dan alami, penggunaan pestisida sesuai kebutuhan, pelestarian tanah,udara,hutan,flora dan fauna serta pelestarian pantai dan laut.
Contoh Soal Prinsip Sumber Daya Alam Untuk Pelajar
(Gambar dari: www.pixabay.com)
Bagi yang belum sempat membaca materi prinsip sumber daya alam untuk pelajar silahkan membacanya terlebih dahulu untuk memahami pembahasan kita kali ini. Berikut saya paparkan contoh soal yang akan kita bahas kali ini.

1) Apa yang disebut sebagai pembangunan berkelanjutan?
Jawab: pembangunan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengurangi kebutuhan masa generasi masa mendatang.

2) Mengapa pemerintah mengambil kebijakan konversi penggunaaan minyak bumi ke gas?
Jawab: Menurut penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli, Hal ini dilakukan karna ketersediaan sumber daya alam gas bumi di indonesia masih sangat melimpah sehingga untuk mengurangi konsumsi minyak bumi yang persediaannya semakin menipis karna itu pemerintah mengambil kebijakan untuk mengalihkannya ke penggunaan gas.

3) Sebutkan jenis-jenis energi alternatif dan jelaskan!
Jawab: Energi surya adalah energi yang berupa sinar dan panas dari matahari.
Energi Geoternal adalah sumber energi terbuka berupa energi panas yang dihasilkan dan di simpan di inti bumi.
Udara adalah campuran gas yang terdapat pada lapisan yang mengelilingi bumi.
Air adalah suatu zat yang terdiri dari zat hidrogen dan oksigen.
Angin adalah suatu gerakan udara mendatar atau sejajar dengan permukaan bumi yang terjadi karena adanya perbedaan tekanan udara.

4) Apa yang dimaksud dengan pengelolan sumber daya alam yang lestari?
Jawab: upaya pengelolaan sumber daya alam beserta ekosistemnya dengan tujuan mempertahankan sifat dan bentuknya.

5) Upaya apa yang dilakukan untuk pelestarian flora dan fauna?
Jawab: untuk melestarian flora dan fauna maka langkah yang diambil yaitu, mendirikan cagar alam, suaka margasatwa dan melarang aktivitas kegiatan perburuan liar.

Itulah beberapa contoh soal yang berjudul contoh soal prinsip sumber daya alam untuk pelajar, semoga dapat kalian pelajari bersama dengan adanya pembahasan diatas dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita didalam kegiatan proses belajar dan mengajar.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

Materi Prinsip Sumber Daya Alam Untuk Pelajar

Sumber daya alam atau SDA dapat dikatakan adalah segala sesuatu yang berasal dari kekayaan alam yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. untuk itu sumber daya alam inilah yang menjadi pembahasan kita, akan tetapi didalam sumber daya alam yang kita bahas kali ini mengenai prinsip sumber daya alam yang terbagi dua yaitu optimal dan lestari berikut penjelasannya.
Materi Sumber Daya Alam Untuk Pelajar
(Gambar dari : www.pixabay.com)
Optimal
Yang dimaksud optimalisasi sumber daya alam adalah pemanfaatan SDA yang dilakukan dengan mengambil kekayaan alam secara menyeluruh dengan memaksimalkan keuntungan dan meminimalkan kerugian demi kepentingan negara. Akan tetapi harus dengan memperhatikan keberlanjutan SDA yang diambil tersebut dan pengambilan ini bukan serta merta atau seenaknya saja mengambil seluruh kekayaan alam tanpa batas dan perencanaan yang tepat, tetapi dilakukan dengan secara bijaksana dan arif dengan menerapkan pembangunan berkelanjutan yaitu pembangunan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengorbankan hak pemenuhan kebutuhan generasi masa mendatang. Artinya apa yang diambil dari alam untuk generasi saat ini tanpa mengorbankan kebutuhan generasi mendatang, kenapa? agar nantinya generasi masa mendatang juga akan merasakan apa yang diperoleh dari kekayaan alam pada masa ini.

Akan tetapi optimal juga menyangkut dengan peran pemerintah didalam mengambil kebijakan, seperti yang kita ketahui bahwa dahulu sebagian dari masyarakat kita memasak menggunakan kompor minyak tanah dengan adanya kebijakan konversi dari pemerintah yang mengalihkannya ke gas dengan memberi subsidi ke setiap daerah, hal ini disebabkan karena ketersediaan sumber daya alam gas bumi di indonesia masih sangat melimpah sehingga untuk mengurangi pemakaian minyak bumi yang persediaannya tinggal sedikit maka dialihkanlah penggunaannya ke gas yang masih melimpah.

Untuk itu pemerintah mengambil kebijakan yang sesuai dengan memanfaatkan penggunaan sumber energi alternatif, dengan adanya sumber energi alternatif ini maka akan mengurangi penggunaan sumber energi yang tidak terbarukan contohnya minyak bumi dan batu bara, serta penggunaan sumber energi alternatif ini pun dapat mengurangi pencemaran lingkungan dan efek negatif terhadap sumber daya alam, seperti misalnya air, hutan dan udara.

Lestari.
Upaya pengelolaan sumber daya alam beserta ekosistemnya dengan tujuan mempertahankan bentuk dan sifatnya. Intinya sumber daya alam lestari ini untuk menjaga agar SDA tetap ada, baik dari sifat dan bentuknya. Sedangkan jika kita lihat dari konsep lestari dalam pengelolaan Sumber daya alam ada tujuh upaya yaitu.

1) Menggunakan Pupuk Alami dan Organik.
Penggunaan pupuk alami ini tentu sangatlah tepat bagi pertanian sebab dapat menjaga tanah agar tetap lestari dan kandungan mineral yang ada pada zat-zat pupuk tersebut putidak mengandung bahan kimiawi sehingga sangat ramah terhadap lingkungan.

2) Penggunaan Pestisida Sesuai Kebutuhan.
Jika yang kita ketahui bahwa penggunaan pestisida ini didalam industri pertanian tentu berguna untuk mengusir hama, walaupun demikian pestisida ini adalah salah satu faktor pendukung kelestarian SDA, untuk itu penggunaanya harus dibatasi atau disesuaikan dengab kebutuhan, karena jika penggunaanya melebihi batas kebutuhan zat-zat kimia yang terkandung didalam pestisida ini mengendap didalam tanah sehingga menyebabkan atau mempengaruhi kesuburan tanah.

3) Pelestarian tanah.
Untuk melestarikan tanah kita dapat menanam pohon dan reboisasi tanah yang telah gundul, akan tetapai jika dari daerah perbukitan yang tanahnya miring perlu dibangun terasering sehingga mampu menghambat laju aliran air hujan.

4) Pelestarian udara.
Udara sangatlah penting bagi unsur kehidupan, karena kita bernapas tentu memerlukan udara, akan tetapi upaya apa yang dilakukan agar menjaga udara yang kita hirup sehari-hari ini tetap bersih dan sehat, kita bisa melakukan dengan menanam pohon atau tanaman hias disekitar kita, mengupayakan pengurangan emisi atau pembuangan gas sisa pembakaran,mengurangi atau bahkan menghindari pemakaian gas kimia yang dapat merusak lapisan ozon atmosfer.

5) Pelestarian hutan.
Mengapa kita perlu melestarikan hutan, karna hutan yang sering ditebang pohonnya tak jarang atau diimbangi dengan dilakukannya penanaman pohon kembali yang merusak kawasan hutan. Untuk itu perlulah kita melakukan upaya dalam melestarikan hutan contonhnya dengan, melakukan reboisasi (penanaman kembali hutan gundul), melarang pembabatan hutan secara sewenang-wenang, menerapkan sistem tebang pilih atau tebang tanah dalam kegiatan penebangan pohon hutan, menerapkan sanksi yang berat bagi pelanggar ketentuan pengolahan hutan.

6) Pelestarian Flora dan Fauna.
Kita sebagai manusia tentu memiliki ketergantungan kepada tumbuhan dan hewan begitu juga sebaliknya, untuk itu kelestarian flora dan fauna ini harus kita jaga dengan cara mendirikan cagar alam dan suaka marga satwa serta dengan melarang kegiatan perburuan liar.

7) Pelestarian Laut dan Pantai.
Laut termasuk salah satu sebagai sumber daya alam potensial begitu pula dengan pantai. Kerusakan pantai dan biota laut tentu membuat pelestarianmya menjadi tidak baik. Untuk itu kita perlu melakukan beberapa upaya dalam melestarikan laut dan pantai salah satunya adalah dengan, melakukan reklamasi pantai dengan menanam pohon bakau disekitar pantai, melarang melakukan pengambilam batu karang yang ada disekitar pantai dan didasar laut, melarang mencari ikan dengan bahan kimia atau dengan bahan peledak.

Baca Juga : Contoh Soal Prinsip Sumber Daya Alam Untuk Pelajar.

Kesimpulan
Dari Pembahasan materi kita diatas dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan sumber daya alam ini dikelola oleh beberapa pihak yaitu pemerintah dan swasta, dan keduanya saling mendukung satu sama lain dalam hal membuat regulasi peraturan, menjadi operator pengolahan SDA, dan saling mengontrol pengelolaan sumber daya alam. Pemanfaatan sumber daya alam harus mengutamakan prinsip optimal dan efisien. Karna sumber daya alam yang tersedia saat ini bukan hanya untuk generasi kita sekarang, melainkan juga untuk generasi yang akan datang.

Sampailah kita di akhir artikel yang bertema materi prinsip sumber daya alam untuk pelajar, semoga dari materi diatas tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita bersama didalam menuntut ilmu.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share: