December 29, 2016

5 TIPS & TRIK MUDAH MENGHAFAL MATA PELAJARAN

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Dalam kehidupan ini pandai dalam ilmu pengetahuan dan ilmiah adalah dambaan bagi seseorang, karna pandai mencakup luas dalam bidang ilmu pengetahuan, ilmiah dan umum tentunya. Menghafal bukanlah sesuatu hal yang mudah bagi sebagian orang, kenapa? Disamping itu karna kita telah menganggap diri kita belum mampu sebelum mencoba, tanpa disadari bahwa pikiran itu sudah mengurangi kepercayaan diri kita yang sebenarnya bahwa kita mampu untuk mengahafal, coba kita tanamkan dahulu didalam hati kita, sebelum memulai menghafal "kenapa oranglain dapat mudah mengahafal, sedangkan saya tidak, saya yakin dan saya juga bisa".

Memang banyak sekali cara mengahafal dengan cara atau dengan metode lain, tapi kali ini saya akan membagikan sebuah artikel yang berjudul 5 Tips & Trik Mudah Menghafal Pelajaran.


Berikut Tips & Trik Mudah Menghafal Pelajaran dengan:

1. Percaya Diri.

Pastikan dirimu sebelum menghafal harus percaya diri mengapa, karna percaya diri adalah suatu hal yang penting dalam proses menghafal bagaimana kita akan memulai sesuatu tanpa kepercayaan terhadap diri sendiri untuk memgahadapi kegiatan yang akan kita kerjakan, untuk itu percaya diri sangat diperlukan, selain membuat kita lebih percaya bahwa kita mampu disamping itu menjadi tambahan tersendiri bahwa kita semakin percaya bahwa kita bisa menhafal dengan cepat. Untuk melatih kepercayaan diri bisa dimulai dari sering berinteraksi dengan orang yang belum kita kenal, saling bertukar informasi, menjadi ketua kelas/ketua tingkat dikelas, maju membacakan hasil karya/tugas didepan kelas pun salah satu kepercayaan diri, selain itu mengikuti kegiatan-kegiatan organisasi di sekolah/kampus yang mampu melatih kepercayaan diri kita dan wawasan kita.

2. Berkonsentrasi.

Berkonsentrasi atau berfokus pada sesuatu adalah satu tips yg efisien, dimana jika kita berfokus atau berkonsentrasi pada hafalan yang akan kita pelajari diperlukan konsentrasi, untuk melatih konsentrasi kita sangatlah mudah, ketika bangun tidur duduklah sebentar di atas tempat tidur, tarik nafas dalam-dalam melalui mulut, lalu hembuskan secara perlahan melalui hidung, setelah itu berkonsentrasilah dan coba kita ingat kembali sebelum kita tertidur, mulai dari terbenamnya matahari hingga kita sebelum terlelap kegiatan apa saja yang kita lakukan, coba ingat-ingat hal yang telah berlalu dan jelaskan pada diri kita sendiri secara mendetail.

3. Menyegarkan Otak Dalam Hal Melatih.

Melatih otak memang sangat perlu kita lakukan dalam hal mengingat banyak hal yang bisa kita lakukan untuk melatih otak, bisa dengan cara bermain game strategi, game teka-teki dan game-game yang mampu melatih otak kita untuk berpikir. Bisa juga dengan melakukan gerakan otak dengan cara mengegerakkan jari-jari tangan kita dan mata berfokus kepada jari-jari kita. Tentu banyak cara dalam hal menyegarkan otak, tergantung bagaimana kita mengatasi atau melakukannya agar otak tidak mudah terlalu tertekan yang menganggu proses menghafal.

4. Mencatat Kembali Apa Yang Telah Dihafalkan dan Membaca Kembali Secara Berulang.

Tips ini juga termasuk salah satu yang bermanfaat untuk diterapkan dalam menghafal, selain meningkatkan pola pikir kita, disamping itu juga untuk melatih daya ingat otak sehingga menjadi tolak ukur sejauh mana kita mampu dalam mengahafal apa yang telah kita pelajari atau kita hafalkan.

5. Tidur Yang Cukup dan Beristirahat.

Pola tidur dan beristirahat juga sangat mempengaruhi dalam hal daya ingat kita, bagaimana kita ingin menghafal jika badan dan otak kita sedang dalam masa lelah setelah padatnya beraktivitas siang dan malam, pada intinya otak juga membutuhkan istirahat agar tidak terlalu mudah tertekan, untuk itu saran saya, agar kita beristirahat yang cukup ketika semua aktivitas menghafal kita yang kita rasa cukup atau telah selesai.

Jadi itulah beberapa Tips dan Trik yang dapat saya bagikan. Tentu, selain tips dan trik menghafal yang saya bagikan, ada banyak artikel - artikel tips dan trik menghafal lainnya yang dapat kalian pelajari dan terapkan dalam metode belajar menghafal kalian.

Mungkin sekian dari saya, mohon maaf jika ada dalam tulisan ini ada hal-hal kesalahan dalam penulisan kata, karna saya juga seseorang yang masih dalam proses belajar untuk menjadi yang lebih baik lagi, harapan saya dengan adanya tulisan ini semoga kita semua bisa sama-sama belajar untuk mudah mengingat dan menghafal dalam mata pelajaran, maupun hal apapun dalam kehidupan kita sehari - hari. Saya ucapkan terimakasih banyak, bagi para pembaca semua semoga artikel ini bermanfaat bagi kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
Akhir kata.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Share:

0 komentar:

Post a Comment