March 15, 2017

Membuat Jam Istirahat Bermanfaat untuk Pelajar dan Mahasiswa

Jam Istirahat Bermanfaat, Kawan waktu ataupun jam istirahat adalah sesuatu yang ditunggu bagi sebagian orang yang dimana setelah menjalankan separuh harinya untuk beraktivitas, seperti yang kita ketahui jam istirahat ini biasa diambil diantara waktu pertengahan atau siang hari yang dimana pada waktu tersebut kita sebagai pelajar membutuhkan waktu sejenak untuk mengistirahatkan tubuh ataupun otak agar dapat bekerja ataupun belajar agar lebih produktif kembali.
Membuat Jam Istirahat Bermanfaat untuk Pelajar dan Mahasiswa
Gambar Ilustrasi 01
Jam istirahat tentu sebagian kita ada yang menggunakan waktu ini untuk, makan siang, pertemuan, tidur dan segala macam aktivitas yang membuat kita menjadi produktif kembali disaat akan melanjutkan aktivitas berikutnya, ditinjau dari latar belakang pembahasan diatas, dapat saya tarik sebuah judul tentang Membuat Jam Istirahat Bermanfaat untuk Pelajar dan Mahasiswa, dalam hal ini saya menyarankan agar kamu membaca artikel ini hingga selesai, mengapa? Sebab jika kamu ingin merubah jam istirahatmu lebih bermanfaat, tentu dengan adanya tulisan ini dapat memberikan suatu bahan pertimbangan ataupun pilihan, yang mungkin sesuai dengan apa yang kamu lakukan, sehingga hal itu dapat merubah pola kebiasaan-kebiasaan kamu pada saat jam istirahat sebelumnya.

Berikut saya berikan beberapa pilihan agar menjadikan jam istirahatmu lebih bermanfaat.

1) Membahas Kembali Materi Sebelumnya Bersama Teman.

Dalam hal kegiatan ini, membahas kembali materi sebelumnya merupakan suatu kegiatan yang dapat kalian lakukan bersama-sama teman, sebab dengan membahas kembali materi apa yang telah disampaikan oleh guru ataupun dosen, tentu bagi sebagian dari kita masih ada saja hal yang belum kita pahami secara sepenuhnya dari pemberian materi yang disampaikan, akan tetapi disisi lain tentu ada sebagian dari teman-teman kita yang paham tentang materi tersebut, kesempatan ini yang kita gunakan untuk membahas materi yang disampaikan secara bersama-sama. Karena, membahas kembali materi sebelumnya bersama teman tentu sangatlah bermanfaat selain dapat menambah wawasan dan pengetahuan bersama ditambah lagi dilakukan pada saat jam istirahat yang tidak membuat bosan. Jadi, untuk itu gunakan waktu istirahatmu membahas materi sebelumnya agar lebih bermanfaat bersama temanmu.

2) Konsultasikan Kepada Guru atau Dosen.

Jika diatas bersama teman, dalam hal ini langsung kepada ahli di bidangnya, konsultasi kepada guru ataupun dosen kamu tentu dapat menjadikan waktu istirahat kamu lebih bermanfaat, konsultasi dalam pembahasan kita kali ini dapat berupa pelajaran ataupun materi dan hal-hal lain yang menyangkut sekolah ataupun kampus kamu. Mengapa? Harus dengan guru atau dosen! Karena jika kamu langsung konsultasi kepada guru/dosen tentang materi dan beberapa hal yang belum kamu pahami pada materi tersebut, tentu dengan senang hati beliau akan membimbing secara lebih rinci dan detail kepadamu, sebab secara tidak sadar kegiatan konsultasi ini pun memberikan efek semangat belajar kamu lebih meningkat dalam hal memahami materi apa yang guru/dosen kamu jelaskan pada saat mengajar di dalam kelas.
Baca Juga: Membuat Kuliah Menjadi Menyenangkan Khusus Mahasiswa.

3) Membuat Soal Latihan Sendiri.

Masih didalam lingkup belajar, membuat soal latihan tentu dapat menambah pengetahuan kamu didalam materi apa yang disampaikan, banyak sekali soal-soal latihan yang tersedia di buku maupun internet yang sesuai dengan materi apa yang kamu bahas, mengapa hal ini dapat bermanfaat disaat jam istirahat kamu, karena? semakin banyak kamu mempelajari latihan-latihan soal tentang mata pelajaran ataupun mata kuliah tersebut tentu akan mempermudah kamu didalam menghadapi ketika nanti jika ada pemberian tugas maupun persiapan ujian, berikut contoh soal sumber daya alam yang dapat kamu pelajari.

4) Pelajari Mata Pelajaran/Mata Kuliah Selanjutnya.

Mempelajari materi selanjutnya tentu memberikan nilai tambah sendiri buat kamu, walaupun sebagain dari kita tentu telah mempelajarinya di malam hari ataupun di sela-sela waktu belajar kamu, tidak ada salahnya ketika kita menggunakan jam istirahat sebagai waktu untuk mempelajari materi selanjutnya yang akan dipelajari nanti, sebab dengan mempelajari materi selanjutnya tentu membuat jam istirahat kamu lebih bermanfaat dan tentu kamu sedikit mengerti dengan apa yang nanti guru atapun dosen kamu sampaikan di dalam kelas.

5) Game Edukasi.

Bermain game yang sifatnya mengasah otak dan menambah pengetahuan akan membuat jam istirahat kamu menjadi bermanfaat, banyak sekali game-game edukasi yang dapat kalian mainkan bersama-sama temanmu pada saat jam istirahat, kalian dapat melihat di artikel-artikel internet dan video-video yang tersedia internet, atau game-game yang telah guru kamu berikan dapat kamu mainkan kembali bersama teman-temanmu, dengan serunya kalian bermain disamping hal itu juga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kamu sehingga nanti pada saat jam pelajaran berikutnya berlangsung, kalian menjadi lebih bersemangat untuk menambah ilmu pengetahuan.
Baca Juga: Kegiatan Yang Tidak Disadari Menambah Pengetahuan.
Kawan itulah beberapa aktivitas yang dapat membuat jam istirahat kamu lebih bermanfaat, dapat saya simpulkan bahwa untuk jam istirahat kamu juga perlu untuk mengistirahatkan otak dan tubuhmu, karena dua hal ini sangat berhubungan dengan semangat belajarmu dalam menyerap materi pelajaran yang akan kamu terima, untuk hal itu jangan lupa untuk membatasi dan kontrol kemampuan otak dan tubuh kamu yang dapat menurunkan semangat belajarmu yang dapat berakibat drop belajar. Gunakanlah waktu istirahat dengan bermanfaat dengan kapastitas waktu yang terbatas untuk membuat kegiatan-kegiatan yang dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kamu. Demikian pembahasan kita kali ini tentang Membuat Jam Istirahat Bermanfaat untuk Pelajar dan Mahasiswa, Terima kasih semoga bermanfaat.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

0 komentar:

Post a Comment