• 10 Kutipan Inspirasi Untuk Penyemangat Kebutuhan Belajar Anda

    Belajar tentunya kita membutuhkan inspirasi dan motivasi, berbicara inspirasi dan motivasi berarti membahas mengenai psikologis yang ada pada diri setiap orang tapi pernahkan anda semua membaca,mendengarkan dan menonton yang membahas seputar motivasi tentu anda pernah bukan?

  • Tempat Belajar Selain Kelas Yang Dapat Mengembangkan Pola Pikir

    Melihat dari arti kata belajar sudah pasti anda semua mengetahuinya, pengertian tempat belajar adalah suatu wadah yang didalamnya terjadi interaksi antar individu maupun kelompok yang membahas sesuatu berdasarkan apa yang sedang dipelajari.

  • Manfaat Membaca Artikel Pengetahuan Belajar Untuk Diri Sendiri

    Membaca adalah suatu jembatan untuk mengetahui sebuah ilmu pengetahuan, dengan membaca tentu membuat anda semua mengetahui dasar - dasar apa yang akan dipelajari, namun coba anda pikirkan sejenak, salah satunya smartphone yang anda gunakan sekarang? apakah fungsinya hanya untuk mengirim pesan, menelpon dan bersosial media secara berkelanjutan,

April 15, 2017

Materi IPS Fungsi dan Peran Keragaman Bahasa Untuk Pelajar SMP Kelas 8 dan Umum

Fungsi dan Peran Keragaman Bahasa, sobat bahasa dalam sehari-hari selalu kita gunakan untuk berkomunikasi dan menyampaikan informasi kepada orang lain. Indonesia mempunyai Bahasa persatuan dan Bahasa Nasional yang kita ketahui bersama yaitu Bahasa Indonesia. Indonesia juga mempunyai keragaman bahasa dan budaya yang berbeda-beda dari setiap daerah. Lalu apakah masih perlu mempelajari bahasa daerah? Tentu, sebab bahasa daerah perlu dijunjung tinggi, karena merupakan suatu hasil budaya yang bernilai sangat tinggi. Lantas bagaimana fungsi dan peran keragaman bahasa itu sendiri di Indonesia? Mari kita bahas bersama dan pelajari materi pelajaran kita kali ini.
Fungsi dan Peran Keragaman Bahasa
Fungsi dan Peran Keragaman Bahasa
A) Fungsi Bahasa
Sejak kita lahir bahasa sudah dipergunakan di dalam melakukan kontak dengan lingkungan sekitar, kontak dengan lingkungan ini dilakukan manusia dengan bahasa lisan dan bahasa simbol, bahasa lisanlah yang menjadi paling mudah dan dipelajari dan sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat dan berkomunikasi. Sedangkan pengertian Bahasa itu sendiri menurut (Depdiknas, 2005: 3) Bahasa pada hakikatnya adalah ucapan pikiran dan perasan manusia secara teratur, yang mempergunakan bunyi sebagai alatnya. Di dalam fungsinya bahasa bukan hanya sebagai alat untuk berkomunikasi, bahasa juga merupakan suatu hasil budaya yang memiliki nilai-nilai penting didalam kehidupan masyarakat.

B) Keragaman Bahasa
Secara umum ragam bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian, yang berbeda-beda menurut topik yang dibicarakan, menurut hubungan pembicara, kawan bicara, orang yang dibicarakan, serta menurut medium pembicara. Seiring dengan perkembangan zaman yang sekarang ini banyak masyarakat yang mengalami perubahan. Bahasa pun juga mengalami perubahan. Perubahan itu berupa variasi-variasi bahasa yang dipakai sesuai keperluannya. Jika ditinjau dari salah seorang ahli ragam bahasa adalah agar banyaknya variasi tidak mengurangi fungsi bahasa sebagai alat komunikasi yang efisien, dalam bahasa timbul mekanisme untuk memilih variasi tertentu yang cocok untuk keperluan tertentu yang disebut ragam standar (Subarianto, 2000). Itulah keanekaragaman bahasa, sedangkan yang kita ketahui di Indonesia banyak sekali bahasa-bahasa daerah yang ada. Daei setiap daerah tentu memiliki keanekaragaman bahasa itu sendiri.

C) Peranan dan Fungsi Bahasa Bagi Kehidupan Manusia.
Sudah menjadi hal yang umum kita ketahui bersama, bahasa juga mempunyai peran penting dalam kehidupan manusia, lalu bagaimana peranan bahasa itu di dalam kehidupan manusia? berikut penjelasannya.

1) Bahasa sebagai alat komunikasi.
Yang dimaksud bahasa sebagai alat komunikasi ialah jika dilihat dari salah satu fungsinya bahasa merupakan sarana penyampaian informasi, di dalam bentuknya seperti media-media yang menayangkan berita-berita, pengumuman, petunjuk, tulisan maupun lisan seseorang. Dengan adanya bahasa komunikasi sebagai sarana informasi tentu mempermudah masyarakat di dalam kehidupan sehari-hari.

2) Bahasa Sebagai Alat untuk Menyatakan Ekspresi Diri.
Bahasa bukan hanya sebagai alat untuk berkomunikasi secara lisan, tentu bahasa juga sebagai alat mengekpresikan diri. Bahasa memiliki fungsi ekspresi diri mengandung pengertian bahwa bahasa berfungsi untuk menyalurkan perasaan, sikap, gagasan, emosi atau tekanan-tekanan pembicara. Bahasa sebagai alat untuk mengekspresikan diri ini dapat menjadi media untuk menyatakan keberadaan ( eksistensi ) diri, membebaskan diri dari tekanan emosi, dan untuk menarik perhatian orang lain. Di dalam contoh kehidupan sehari-hari tentu kalian pernah merasa sedih,senang, galau, atau mengalami banyak masalah. Ekspresi yang kita rasakan dan lakukan itulah sebagai alat untuk menyatakan ekspresi diri dan menarik perhatian orang lain.

3) Bahasa Sebagai Alat Kontrol Sosial.
Bahasa berfungsi mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain. Apabila fungsi ini berlaku dengan baik maka semua kegiatan sosial akan berlangsung dengan baik juga. Contohnya, bahasa dapat mengontrol suatu kejadian yang ada dalam masyarakat, bahasa dapat mengontrol emosi yang ada pada diri pribadi, bahasa dapat menjadi tanda seseorang yang santun maupun tidak, dengan bahasa pula seseorang dapat menyampaian dan berupa tanda penyampaian yang tegas dan tidak.
Bahasa sebagai alat kontrol sosial juga dapat berupa himbauan, buku-buku bacaan dan pelajaran yang mengarahkan kepada kebaikan.

D) Fungsi dan Peran Keragaman Bahasa di Indonesia dalam Pembangunan Nasional.
Jika diatas membahas fungsi bahasa di dalam kehidupan masyarakat, lalu bagaimana menurutmu jika fungsi bahasa itu di dalam pembangunan nasional? tentu adapun bahasa dengan fungsi dan peran keragaman bahasa di Indonesia dalam pembangunan nasional.
Keragaman bahasa adalah potensi besar bagi bangsa Indonesia. Potensi tersebut memiliki fungsi dan peran penting bagi pembangunan nasional. Berikut penjelasan yang saya kutip dari Buku Kurikulum 2013 IPS Kelas 8 Revisi 2014.

1) Keragaman Bahasa Sebagai Wujud Kekayaan Budaya Bangsa Indonesia.
Bahasa adalah salah satu wujud kebudayaan. Semakin banyak bahasa yang dimiliki suatu bangsa, semakin banyak pula kebudayaan yang dimiliki bangsa tersebut. Keragaman bahasa selayaknya selalu dibanggakan bangsa Indonesia. Keragaman tersebut mencerminkan kehebatan nenek moyang bangsa Indonesia dalam melahirkan budaya berupa bahasa.

2) Keragaman Bahasa Mengandung Nilai-Nilai Penting Budaya Bangsa.
Kamu telah mempelajari salah satu fungsi bahasa sebagai sarana ekspresi diri. Eskpresi yang dilahirkan manusia dapat berupa pemikiran, kesenian, ajaran, dan sebagainya. Bahasa  yang dimiliki masyarakat di berbagai daerah, bukan sekadar sebagai alat komunikasi, tetapi di dalamnya juga mengandung nilai-nilai budaya tinggi.

3) Bahasa Sebagai Media Kontrol Sosial.
Bahasa daerah atau lebih dikenal sebagai bahasa ibu bagi masyarakat yang setiap hari menggunakannya memiliki fungsi dan peran penting dalam melakukan kontrol sosial. Bahasa memiliki peran penting dalam bidang pendidikan untuk melakukan transfer pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Tidak semua pesan dapat diterjemahkan dalam bahasa lain, termasuk bahasa Indonesia. Sebagai contoh  berbagai upacara adat di berbagai daerah, tidak semua bahasa daerah untuk upacara adat dapat diganti dengan bahasa Indonesia.
Baca Juga: Fungsi dan Peran Keragaman Suku Bangsa Materi SMP
Itulah yang dapat saya sampaikan mengenai Materi IPS Fungsi dan Peran Keragaman Bahasa Untuk Pelajar SMP Kelas 8 dan Umum. Semoga pemaparan materi diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita bersama. Terima kasih semoga bermanfaat.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

April 13, 2017

Fungsi dan Peran Keragaman Suku Bangsa Materi SMP

Keragaman suku bangsa, kawan membahas materi suku bangsa adalah membahas suatu yang dapat kita istilahkan sebagai garis keturunan yang dimiliki seseorang maupun lapisan masyarakat dari setiap daerah masing-masing, seperti yang kita ketahui suku bangsa yang ada di Indonesia sangatlah beragam dari setiap daerah dan setiap suku bangsa tentu memiliki potensi serta kemampuan masing-masing didalam bidangnya sesuai potensi daerah tersebut.
Fungsi dan Peran Keragaman Suku Bangsa
Fungsi dan Peran Keragaman Suku Bangsa
Keragaman suku bangsa ini tentu merupakan suatu hal yang baik bagi pertumbuhan dan potensi budaya yang ada di Indonesia, dengan banyaknya keberagaman suku-suku yang dimiliki bangsa Indonesia tentu beraneka macam pula, budaya, bahasa, teknologi dan ragam potensi lainnya yang dimiliki suku bangsa daerah tersebut didalam mengembangkan potensi keragaman suku bangsa di Indonesia. Coba perhatikan masyarakat di sekitar tempat tinggal kamu. Tentu banyak macam suku-suku daerah yang ada disekitarmu, bukan? dari banyaknya perbedaan suku bangsa yang ada disekitar kamu tentu memberikan banyak pengetahuan tentang budaya, ilmu-ilmu bermanfaat lainnya, dan potensi apa yang dimiliki dari daerah suku bangsa masing-masing tersebut, dengan saling berkomunikasi dan bertukar pikiran tentu mempererat tali silaturahim didalam kebersamaan antar keberagaman suku bangsa.

Fungsi dan peran keragaman suku bangsa inilah yang menjadikan kita sebagai warga negara Indonesia tetap satu, setiap suku bangsa memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan keragaman suku bangsa selalu berbagai macam keragaman budaya dan bahasa yang diturunkan dari nenek moyang. Dengan demikianlah keberagaman suku bangsa yang ada di Indonesia ini merupakan potensi pembangunan bangsa Indonesia. Berikut penjelasan materi fungsi dan peran keragaman suku bangsa yang akan kita bahas kali ini.

Keanekaragaman Suku Bangsa di Indonesia.
Seperti yang kita ketahui bersama beragamannya suku bangsa yang ada di Indonesia tentu beragam pula budaya yang ada di Indonesia, suku bangsa mempunyai ciri-ciri biasanya berkaitan dengan asal-usul dan kebudayaannya masing-masing. Ada beberapa ciri yang dapat digunakan untuk mengenal suatu suku bangsa, yaitu ciri fisik, bahasa, adat istiadat, dan kesenian yang sama. Contoh ciri fisik, antara lain warna kulit, rambut, wajah, dan bentuk badan. Ciri-ciri inilah yang membedakan satu suku bangsa dengan suku bangsa lainnya. Di dalam kehidupan sehari-hari setiap suku bangsa mempunyai bahasa dan adat-istiadat tersendiri yang berasal dari nenek moyang mereka. Indonesia seperti yang kita ketahui kaya akan keragaman suku bangsa dan budayanya. Mulai pakaian adat, tari, dan lagu daerah, bahasa daerah, alat musik sampai rumah adat dan upacara adat yang mempunyai keunikan tersendiri. Keragaman suku bangsa dan budaya terjadi karena letak wilayah Indonesia yang terdiri atas wilayah kepulauan. Wilayah yang terpisah-pisah itu menyebabkan berbagai perbedaan dan menimbulkan keragaman suku bangsa dan budaya.

Lalu bagaimana peran kita dalam menghormati keragaman suku bangsa yang ada di Indonesia ini?
Menerima suku-suku bangsa lain di dalam kehidupan sehari-hari dan di dalam pergaulan masyarakat. Sikap menerima inilah yang perlu kita kembangkan sebab dalam kita menerima suku bangsa lain akan terciptanya suatu hubungan yang baik antar keragaman suku bangsa.

Menambah pengetahuan kita tentang suku-suku lain. Banyak sekali pengetahuan tentang kesenian adat istiadat dan budaya dari berbagai suku bangsa, dengan mempelajari budaya dan adat istiadat suku bangsa lain tentu merupakan suatu peran penting didalam menambah pelajaran dan wawasan terhadap diri kita sendiri.

Tidak menjelek-jelekkan, menghina, dan merendahkan suku-suku bangsa lain. Point ini yang perlu kita jaga, sebab dapat merusak hubungan baik antar keragaman suku bangsa, kita sebagai manusia yang diciptakan Tuhan dengan harkat dan martabat yang sama, janganlah saling menghina yang dapat menimbulkan konflik yang dapat merusak keragaman yang ada, tetaplah satu tanah air untuk pembangunan nasional yang lebih baik.

Dan bagaimana sikap menerima kita dalam keragaman suku bangsa dan budaya?
Di dalam lapisan masyarakat tentu terdapat beberapa suku bangsa. Lalu bagaimana cara kita agar setiap orang dapat menerima keragaman suku bangsa dan budaya yang ada? Untuk itu diperlukan beberapa sikap sebagai berikut ini. Bangga memiliki keragaman suku bangsa dan budaya, bangga dalam arti bahwa semakin banyaknya keragaman suku bangsa yang ada tentu banyak pula kebudayaan yang ada di Indonesia, untuk itu kita sebagai bangsa Indonesia sudah seharusnya bangga memiliki keragaman suku dan budaya yang ada.

Bersyukur menerima perbedaan dari suku bangsa yang berbeda, bersungguh-sungguh dalam mempelajari adanya perbedaan kebudayaan dengan suku bangsa lain, tidak pernah merasa bahwa kebudayaan sendiri lebih baik daripada kebudayaan orang lain dan menyadari bahwa di dunia ini tidak ada hal yang sama. Demikian juga dalam hal kebudayaan. Hal tersebut menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
Baca Juga : Materi Interaksi Asosiatif dan Interaksi Disosiatif untuk Pelajar dan Umum.
Sobat, mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan semoga dengan adanya materi pembahasan fungsi dan peran keragaman suku bangsa diatas dapat membantu dan menjadikan referensi bahan dan bacaan kalian, banyak sekali artikel-artikel suku bangsa, fungsi dan peran suku bangsa, serta keragaman suku bangsa yang dapat kalian pelajari tentunya, semoga dengan pemaparan materi saya diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita bersama, sekian dari saya semoga bermanfaat.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

April 2, 2017

Interaksi Asosiatif dan Interaksi Disosiatif Untuk Pelajar dan Umum

Materi Pelajaran Interaksi Asosiatif dan Disosiatif Untuk Pelajar dan Umum, kawan kali ini kita akan membahas interaksi, seperti yang kita ketahui bersama interaksi secara umum adalah suatu jenis tindakan yang terjadi ketika dua atau lebih objek mempengaruhi atau memiliki efek satu sama lain. Ide efek dua arah ini penting dalam konsep interaksi, sebagai lawan dari satu arah pada sebab dan akibat. Interaksi inilah yang menjadi penghubung agar terjalinnya komunikasi antara, individu dengan individu, kelompok dengan kelompok serta individu dengan kelompok.
Interaksi Asosiatif dan Interaksi Disosiatif Untuk Pelajar dan Umum
Gambar1: Interaksi
Didalam interaksi yang kita bahas kali ini mengenai materi sifat dan bentuk interaksi sosial dalam kehidupan masyarakat yang terbagi menjadi dua sifat yaitu interaksi asosiatif dan interaksi disosiatif serta macam-macam bentuk-bentuk interaksi, untuk kamu yang ingin tahu mengenai pembahasan kita kali ini saya sarankan untuk membaca dan mengetahui isi dari artikel ini, sehingga ilmu yang kamu dapatkan tentang interaksi dapat bertambah.
Oke langsung saja kita bahas secara mendalam tentang Materi Interaksi Asosiatif dan Interaksi Disosiatif Untuk Pelajar dan Umum.

A. Interaksi Asosiatif.
Coba kamu perhatikan disekitar lingkungan sekolahmu, banyak sekali interaksi yang ada disekitar kita yang dapat dijadikan contoh, salah satunya, adanya interaksi dimana ketika Ketua OSIS kamu menyampaikan sesuatu tentang kegiatan perpisahan kelas 9 kepada anggota-anggota osis lainnya, tentu didalam penyampaian ini agar nantinya acara dapat berjalan sesuai dengan apa yang kalian harapkan. Jadi, contoh interaksi diatas dapat dikategorikan sebagai interaksi asosiatif yaitu interaksi yang mengarah kepada persatuan agar terciptanya suatu dengan apa yang menjadi tujuan bersama.

Bentuk-Bentuk Interaksi Asosiatif.
Membahas mengenai bentuk tentu banyak sekali contoh-contoh yang ada disekitar lingkungan kita yang dapat menjadi contoh dari bentuk interaksi asosiatif itu sendiri, nah kawan jika kalian telah mengetahui pengertian interaksi asosiatif diatas tadi yaitu interaksi yang mengarah kepada persatuan maka didalam bentuk-bentuknya interaksi asosiatif terbagi menjadi empat kategori yaitu, Kerjasama, Akomodasi, Asimilasi, dan Akulturasi.

1) Kerja Sama
Seperti yang kita ketahui kerja sama inilah sebagai salah satu bentuk utama dari interaksi sosial. Coba kamu perhatikan disekitar lingkungan sekolah kamu? Pernahkah kamu melihat adanya kerja sama yang terjadi di sekolah? Dengan melihat bentuk kerja sama yang ada disekolah, kerja sama berarti adalah interaksi sosial seseorang atau kelompok untuk melaksanakan kegiatan atau kebutuhan bersama-sama dalam mencapai tujuan bersama. Jadi, kerja sama ini adalah segala sesuatu yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama.

2) Akomodasi
Membahas akomodasi berarti membahas tentang interaksi yang sifatnya asosiatif, akomodasi yaitu proses penyesuaian sosial dalam interaksi antar individu dan antar kelompok untuk meredaka pertentangan. Dapat dijelaskan secara singkat bahwa akomodasi adalah suatu interaksi yang dimana di dalam interaksi tersebut kelompok dengan kelompok maupun individu dengan individu mencari jalan tengah untuk meredakan pertentangan yang terjadi diantara mereka agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan masyarakat maupun individu atau kelompok tersebut.

3) Asimilasi
Asimilasi menurut wikipedia adalah pembauran dua kebudayaan yang disertai dengan hilangnya ciri khas kebudayaan asli sehingga membentuk kebudayaan baru. Sedangkan jika di buku kurikulum 2013 IPS SMP kelas 8 revisi 2014 dijelaskan asimilasi adalah proses ke arah peleburan kebudayaan sehingga masing-masing pihak merasakan adanya kebudayaan tunggal sebagai milik bersama. Asimilasi merupakan proses sosial yang ditandai adanya usaha-usaha mengurangi perbedaan yang terdapat antara beberapa orang atau kelompok. Misalnya perkawinan antara orang dari suku Jawa dan suku Minangkabau. Kedua suku masyarakat tersebut memiliki perbedaan dalam hal tata cara perkawinan dan berkeluarga. Masyarakat Minangkabau memiliki tradisi warisan melalui garis ibu, sedangkan masyarakat Jawa memiliki tradisi warisan keluarga berdasarkan garis ayah. Perkawinan yang berlangsung antara kedua orang yang berbeda budaya merupakan salah satu bentuk asimilasi.

4) Akulturasi
Pernahkah kamu melihat petani yang sedang membajak sawah dengan kerbaunya? Sedikit cerita, dapat kita jumpai di berbagai desa seorang petani yang membajak sawah dengan kerbaunya, akan tetapi semakin berkembangnya zaman dan teknologi di masyarakat, yang dahulunya kerbau di gunakan untuk membajak sawah, kini dialih fungsikan kegunaannya dengan mesin-mesin pembajak sawah.
Meskipun begitu berkembangnya kedua aspek ini tidak mengurangi fungsi aslinya. Melihat dari contoh cerita diatas dapat kita jelaskan akulturasi yaitu proses sosial yang timbul akibat suatu kebudayaan menerima unsur-unsur dari suatu kebudayaan asing tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan sendiri.

B. Interaksi Disosiatif
Interaksi disosiatif merupakan suatu interaksi sosial yang ada di masyarakat, coba perhatikam disekitar lingkungan sekolahmu, pernahkah kamu melihat adanya persaingan antar siswa dalam memperubutkan juara kelas? Persaingan inilah salah satu bentuk dari interaksi disosiatif. Menurut pengertiannya interaksi disosiatif adalah interaksi sosial yang mengarah ke bentuk perpecahan atau merenggangkan solidaritas. Dapat disimpulkan interaksi disosiatif adalah interaksi yang dimana mengarah kepada perpecahan atau merenggangkan hubungan diatara individu dengan individu maupun kelompok.

Bentuk-Bentuk Interaksi Disosiatif
jika kamu sudah mengetahui pengertian interaksi disosiatif diatas, dalam hal ini interaksi disosiatif terbagi dari beberapa proses bentuk yaitu persaingan, kontravensi, dan pertentangan/konflik. Untuk mengetahuinya lebih jauh silahkan kamu simak dan pelajari pembahasannya dibawah ini.

1) Persaingan
Sering sekali kita menjumpai persaingan dilingkungan kita bahkan hampir setiap hari kita melihat adanya persaingan maupun pertandingan yang terjadi, sebagai contoh ketika kamu pergi kepasar, tentu kamu akan menjumpai aktivitas pedagang yang sedang bersaing menjajakan dagangannya dapat dilihat bahwa setiap penjual bersaing untuk mendapatkan pembeli paling yang banyak. Tetapi para pedagang tersebut tetap hidup rukun dan saling membantu. Itulah gambaran persaingan dalam kehidupan ekonomi. Kamu juga dapat menemukan persaingan sehat dalam berbagai pertandingan olahraga, menjadi bintang kelas, kontes kecantikan, dan sebagainya. Persaingan menjadi motivasi positif bagi individu untuk meraih kesuksesan. Tanpa persaingan manusia kurang spirit untuk mencapai keberhasilan. Persaingan yang baik adalah persaingan sehat dan saling membantu.

2) Kontraversi
Kontravensi menurut KBBI adalah proses persaingan yang ditandai oleh gejala ketidakpastian mengenai pribadi seseorang dan perasaan tidak suka yang disembunyikan terhadap kepribadian seseorang. Dapat saya berikan contoh, pernahkah kamu mengejek temanmu yang mendapatkan nilai yang bagus? Jika kamu melakukannnya, maka tidak kamu sadari itu menimbulkan intraksi disosiatif dari bentuk kontraversi, mengapa? Melihat dari pengertian diatas terdapat poin yang berisi perasaan tidak suka yang disembunyikan, sebab teman yang kamu ejek tentu mereka mampu melakukan yang terbaik untuk dirinya, sedangkan kamu tentu memiliki perasaan yang disembunyikan tadi atau perasaan ini terhadap teman yang mendapatkan nilai bagus. Dapat saya simpulkan bahwa kontravensi ini merupakan bentuk interaksi sosial yang berada di antara persaingan dan pertentangan atau konflik.
Baca Juga: Jangan Sampai Perkataan Kita Menyakiti Hati Seseorang.
3) Pertentangan/Konflik
Membahas suatu konflik atau pertentangan yang marak terjadi saling serang tentu mengarah kepada kerenggangan dan perpecahan, banyak sekali media-media online yang menyiarkan berita tentang perpecahan, salah satunya di lingkungan sekolah kamu, tawuran antar pelajar contohnya, perbedaan pemahaman yang tidak dapat diatasi lagi tentu berakibat konflik antar individu maupun kelompok, interaksi sosial akibat adanya perbedaan paham dan kepentingan yang mendasar inilah, sehingga menimbulkan jarak yang terbatas di antara mereka yang berkonflik. Mereka berkonflik umumnya disebabkan oleh sesuatu yang tidak wajar bahkan saling menjatuhkan. Dalam hal ini kita sebagai seorang pelajar tentu harus selalu berhati-hati dalam berinteraksi dan berkomunikasilah bangun interaksi yang secara baik dan sopan.

KESIMPULAN
Dapat saya simpulkan bahwa pentingnya kita didalam berinteraksi sehari-hari selalu mencakup kedua pengertian dan bentuk-bentuk interaksi sosial diatas, yaitu interaksi asosiatif dan interaksi disosiatif, harapannya semua dapat paham dan mengerti dari apa yang saya sampaikan diatas, sehingga kita semua tahu mana interaksi yang mengarah kepada persatuan dan mana interaksi yang mengarah kepada perpecahan, kawan sampailah kita dipenghujung artikel yang berjudul Interaksi Asosiatif dan Interaksi Disosiatif Untuk Pelajar dan Umum, semoga dengan adanya materi diatas dapat menambah wawasan kita bersama dan semoga bermanfaat.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

March 15, 2017

Membuat Jam Istirahat Bermanfaat untuk Pelajar dan Mahasiswa

Jam Istirahat Bermanfaat, Kawan waktu ataupun jam istirahat adalah sesuatu yang ditunggu bagi sebagian orang yang dimana setelah menjalankan separuh harinya untuk beraktivitas, seperti yang kita ketahui jam istirahat ini biasa diambil diantara waktu pertengahan atau siang hari yang dimana pada waktu tersebut kita sebagai pelajar membutuhkan waktu sejenak untuk mengistirahatkan tubuh ataupun otak agar dapat bekerja ataupun belajar agar lebih produktif kembali.
Membuat Jam Istirahat Bermanfaat untuk Pelajar dan Mahasiswa
Gambar Ilustrasi 01
Jam istirahat tentu sebagian kita ada yang menggunakan waktu ini untuk, makan siang, pertemuan, tidur dan segala macam aktivitas yang membuat kita menjadi produktif kembali disaat akan melanjutkan aktivitas berikutnya, ditinjau dari latar belakang pembahasan diatas, dapat saya tarik sebuah judul tentang Membuat Jam Istirahat Bermanfaat untuk Pelajar dan Mahasiswa, dalam hal ini saya menyarankan agar kamu membaca artikel ini hingga selesai, mengapa? Sebab jika kamu ingin merubah jam istirahatmu lebih bermanfaat, tentu dengan adanya tulisan ini dapat memberikan suatu bahan pertimbangan ataupun pilihan, yang mungkin sesuai dengan apa yang kamu lakukan, sehingga hal itu dapat merubah pola kebiasaan-kebiasaan kamu pada saat jam istirahat sebelumnya.

Berikut saya berikan beberapa pilihan agar menjadikan jam istirahatmu lebih bermanfaat.

1) Membahas Kembali Materi Sebelumnya Bersama Teman.

Dalam hal kegiatan ini, membahas kembali materi sebelumnya merupakan suatu kegiatan yang dapat kalian lakukan bersama-sama teman, sebab dengan membahas kembali materi apa yang telah disampaikan oleh guru ataupun dosen, tentu bagi sebagian dari kita masih ada saja hal yang belum kita pahami secara sepenuhnya dari pemberian materi yang disampaikan, akan tetapi disisi lain tentu ada sebagian dari teman-teman kita yang paham tentang materi tersebut, kesempatan ini yang kita gunakan untuk membahas materi yang disampaikan secara bersama-sama. Karena, membahas kembali materi sebelumnya bersama teman tentu sangatlah bermanfaat selain dapat menambah wawasan dan pengetahuan bersama ditambah lagi dilakukan pada saat jam istirahat yang tidak membuat bosan. Jadi, untuk itu gunakan waktu istirahatmu membahas materi sebelumnya agar lebih bermanfaat bersama temanmu.

2) Konsultasikan Kepada Guru atau Dosen.

Jika diatas bersama teman, dalam hal ini langsung kepada ahli di bidangnya, konsultasi kepada guru ataupun dosen kamu tentu dapat menjadikan waktu istirahat kamu lebih bermanfaat, konsultasi dalam pembahasan kita kali ini dapat berupa pelajaran ataupun materi dan hal-hal lain yang menyangkut sekolah ataupun kampus kamu. Mengapa? Harus dengan guru atau dosen! Karena jika kamu langsung konsultasi kepada guru/dosen tentang materi dan beberapa hal yang belum kamu pahami pada materi tersebut, tentu dengan senang hati beliau akan membimbing secara lebih rinci dan detail kepadamu, sebab secara tidak sadar kegiatan konsultasi ini pun memberikan efek semangat belajar kamu lebih meningkat dalam hal memahami materi apa yang guru/dosen kamu jelaskan pada saat mengajar di dalam kelas.
Baca Juga: Membuat Kuliah Menjadi Menyenangkan Khusus Mahasiswa.

3) Membuat Soal Latihan Sendiri.

Masih didalam lingkup belajar, membuat soal latihan tentu dapat menambah pengetahuan kamu didalam materi apa yang disampaikan, banyak sekali soal-soal latihan yang tersedia di buku maupun internet yang sesuai dengan materi apa yang kamu bahas, mengapa hal ini dapat bermanfaat disaat jam istirahat kamu, karena? semakin banyak kamu mempelajari latihan-latihan soal tentang mata pelajaran ataupun mata kuliah tersebut tentu akan mempermudah kamu didalam menghadapi ketika nanti jika ada pemberian tugas maupun persiapan ujian, berikut contoh soal sumber daya alam yang dapat kamu pelajari.

4) Pelajari Mata Pelajaran/Mata Kuliah Selanjutnya.

Mempelajari materi selanjutnya tentu memberikan nilai tambah sendiri buat kamu, walaupun sebagain dari kita tentu telah mempelajarinya di malam hari ataupun di sela-sela waktu belajar kamu, tidak ada salahnya ketika kita menggunakan jam istirahat sebagai waktu untuk mempelajari materi selanjutnya yang akan dipelajari nanti, sebab dengan mempelajari materi selanjutnya tentu membuat jam istirahat kamu lebih bermanfaat dan tentu kamu sedikit mengerti dengan apa yang nanti guru atapun dosen kamu sampaikan di dalam kelas.

5) Game Edukasi.

Bermain game yang sifatnya mengasah otak dan menambah pengetahuan akan membuat jam istirahat kamu menjadi bermanfaat, banyak sekali game-game edukasi yang dapat kalian mainkan bersama-sama temanmu pada saat jam istirahat, kalian dapat melihat di artikel-artikel internet dan video-video yang tersedia internet, atau game-game yang telah guru kamu berikan dapat kamu mainkan kembali bersama teman-temanmu, dengan serunya kalian bermain disamping hal itu juga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kamu sehingga nanti pada saat jam pelajaran berikutnya berlangsung, kalian menjadi lebih bersemangat untuk menambah ilmu pengetahuan.
Baca Juga: Kegiatan Yang Tidak Disadari Menambah Pengetahuan.
Kawan itulah beberapa aktivitas yang dapat membuat jam istirahat kamu lebih bermanfaat, dapat saya simpulkan bahwa untuk jam istirahat kamu juga perlu untuk mengistirahatkan otak dan tubuhmu, karena dua hal ini sangat berhubungan dengan semangat belajarmu dalam menyerap materi pelajaran yang akan kamu terima, untuk hal itu jangan lupa untuk membatasi dan kontrol kemampuan otak dan tubuh kamu yang dapat menurunkan semangat belajarmu yang dapat berakibat drop belajar. Gunakanlah waktu istirahat dengan bermanfaat dengan kapastitas waktu yang terbatas untuk membuat kegiatan-kegiatan yang dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan kamu. Demikian pembahasan kita kali ini tentang Membuat Jam Istirahat Bermanfaat untuk Pelajar dan Mahasiswa, Terima kasih semoga bermanfaat.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

March 11, 2017

Fakta Menarik Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pada Masa PPL

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), sudah tidak asing lagi untuk kita yang sebagai seorang mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dari hasil belajar sehingga dapat diterapkan didalam praktek pengalaman Lapangan (PPL) ini, akan tetapi banyaknya fakultas dan jurusan yang ada di lingkungan kampus kita sehingga bermacam-macam pula tempat kegiatan ppl yang diadakan di kampus, untuk yang mengambil jurusan keguruan dan ilmu pendidikan sebagian akan dihadapkan dengan pratek pengalaman lapangan di sekolah-sekolah sesuai dengan bidang yang diambil.
Fakta Menarik Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pada Masa PPL
Gambar 01: Para Mahasiswa PPL
Tapi, pernahkah kita memikirkan atau mungkin menyadari bagian-bagian yang menarik disaat kamu melaksanakan PPL? Tentu dengan adanya mahasiswa yang praktek di setiap sekolah memberikan kesan yang berbeda dari pada biasanya. Karena pembahasan kita kali ini berkaitan dengan tema hal menarik tentu kalian semua ingin tahu apa saja yang menjadi hal menarik dari mahasiswa ppl ini, berikut saya paparkan menurut pengalaman saya saat sedang melaksanakan PPL/ Praktek Pengalaman Lapangan.


1) Bersemangat Mengajar.

Dalam memberikan ilmu pengetahuan tentu haruslah bersemangat, arti semangat disini adalah dimana pada waktu mengajar mahasiswa ppl lebih antusias didalam memberikan ilmu pengetahuan, sebagai salah satu contoh semangat disini adalah, dimana ketika seorang guru berhalangan hadir didalam sebuah kelas, maka secara antusias mahasiswa ppl semangat untuk masuk dan memberikan pelajaran yang diajarkan oleh guru tersebut.
Mengapa? Hal ini juga yang memberikan pelajaran tambahan atau pengalaman mengajar lebih untuk mahasiswa ppl didalam prakteknya, untuk itu mahasiswa lebih bersemangat ketika memasuki kelas-kelas yang kosong.


2) Belajar Sebelum Masuk Kelas.

Ini juga merupakan salah satu dari sebagian banyaknya fakta menarik yang ada, belajar sebelum masuk kelas adalah hal yang umum dilakukan oleh sebagian mahasiswa, sebab mahasiswa ppl juga adalah sebagai seorang yang sama-sama belajar didalam memberikan ilmu pengetahuan, untuk sebagian mahasiswa perlu mempelajari materi yang akan disampaikan agar nantinya ilmu yang diberikan dapat bermanfaat dan mudah dipahami.


3) Disenangi Oleh Para Siswa.

Sudah tidak asing lagi bagi keberadaan mahasiswa PPL memberikan hal yang berbeda, dengan materi yang mereka daptkan di kampus dan metode-metode pembelajaran yang telah disampaikan oleh bapak dan ibu dosen sehingga dengan praktek pengalaman lapangan ini dapat diterapkan, dengan melihat kondisi yang ada, tentu sebagian siswa senang dengan keberadaan mahasiswa calon guru-guru ini. Karena, selain pembawaan materi yang disampaikan dengan cara bersahabat dan juga pengajarannya yang mudah diterima oleh para siswa di kelas, sehingga menimbulkan kesan dan pesan tersendiri bagi para siswa di dalam menilai mahasiswa ppl pada saat mereka mengajar.
Baca Juga: Cara Sederhana Menarik Minat Belajar Siswa.

4) Menyusun Strategi Rencana Perangkat Pembelajaran.

Dengan melihat adanya berbagai macam strategi pembelajaran yang ada, dengan menyesuaikan kondisi kelas yang akan diberikan pengajaran haruslah menyusun perangkat pembelajaran, dari sekian banyaknya mahasiswa PPL rencana perangkat pembelajaran adalah hal yang wajib untuk disusun karena di dalam perangkat inilah sebagai pengarah kemana metode dan stategi apa yang akan di sampaikan pada saat mengajar dikelas dengan adanya perangkat pembelajaran inilah yang menjadikan pembelajaran dikelas menjadi terarah.

5) Mendapatkan Tugas Lain dari Staf atau Guru.

Hal ini adalah umum, karena? di dalam masa menjalankan masa praktek pengalaman lapangan tugas lain dari guru ataupun staf merupakan hal sosial di dalam membantu mempermudah pekerjaan mereka untuk itu dengan adanya keberadaan mahasiswa ppl ini sehingga dapat turut serta membantu aktivitas dan kegiatan yang berlangsung disekolah guna membantu satu sama lain agar terciptanya komunikasi yang baik diantara mahasiswa, guru dan staf lainnya.


6) Guru Pamong Sebagai Panutan.

Mendapatkan guru pamong pada saat menjalankan praktek pengalaman lapangan adalah hal yang pasti kalian dapatkan, dengan adanya guru pamong inilah sebagai panutan kalian atau sebagai tempat dimana kalian dapat mengkonsultasikan RPP ataupun masalah-masalah yang dihadapi pada saat mengajar di dalam kelas, dengan adanya guru pamong atau pembimbing yang kamu dapatkan tentu kamu dapat banyak belajar dari pengalaman mengajar mereka di sekolah.
Baca Juga: Cara Mengajar yang Menyenangkan dan Efektif Untuk Mahasiswa PPL.
Kawan, itulah yang dapat saya sampaikan, jika sobat mempunyai pengalaman ataupun fakta menarik dengan mahasiswa praktek pengalaman lapangan, kamu dapat berkomentar dan sharing di kolom komentar bawah, sehingga ilmu dan pengalaman yang kita dapatkan dapat berguna untuk mahasiswa-mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan ppl ini. Sekian dari saya tentang Fakta Menarik Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pada Masa PPL, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kawan-kawan semua yang sedang maupun yang akan melaksanakan kegiatan praktek pengalaman lapangan di setiap sekolah-sekolah. Terima Kasih.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

March 5, 2017

Membuat Kuliah Menjadi Menyenangkan Khusus Mahasiswa.

Membuat Kuliah Menjadi Menyenangkan? Kawan mahasiswa, istilah kampus yang dikenal sebagai tempat menuntut ilmu serta mengembangkan kemampuan dan potensi-potensi yang ada pada diri kita didalam bidang ilmiah maupun non ilmiah tidak jarang sebagian dari kita merasa bosan dengan melihat bahwa kampus hanyalah sebagai tempat belajar dan belajar secara teori, tentu ada sebagian dari mahasiswa yang mencari kegiatan apa yang dapat membuat kuliah menjadi menyenangkan yang dapat merubah bahwa siklus kuliah bukanlah hanya belajar teori dan pemberian tugas lalu pulang kerumah.
Membuat Kuliah Menjadi Menyenangkan Khusus Mahasiswa
Gambar:  Ilustrasi Kampus
Kawan, banyak sekali tempat ataupun kegiatan yang menarik didalam dunia kampus yang secara tidak sadar hal tersebut dapat membuat kuliah menjadi menyenangkan. Lalu apa saja hal tersebut sehingga membuat kuliah kamu menjadi menyenangkan?

Berikut saya berikan contoh berdasarkan pendapat saya.

1. Mengikuti Organisasi.

Mengikuti sebuah organisasi didalam kampus tentu tidak merugikan buat kamu, apa lagi buat kamu yang masih mahasiswa baru, organisasi inilah sebagai tempat kedua kamu yang dapat mengembangkan kemampuan, bakat dan potensi yang ada pada dirimu, setelah melalui proses pembelajaran didalam kelas yang padatnya karena aktivitas belajar dan banyaknya tugas yang menanti, dengan mengikuti sebuah organisasi tentu dapat merefresh atau merileksasikan semua hal yang telah kamu dapatkan didalam kelas, menjadi kegiatan ataupun hal yang bermanfaat.

2. Menjalin Komunikasi.

Kawan, mahasiswa baru ataupun yang sudah lama mesti melalukan hal ini, mengapa? Karena komunikasi itu sangatlah banyak manfaatnya, selain membuat kuliah menjadi menyenangkan, tentu dengan menjalin komunikasi yang baik antara dosen dan kakak tingkat tentu menambah pengalaman dan wawasan kamu didalam jurusan yang kamu pilih terutam didalam informasi maupun edukasi serta pengalaman-pengalaman mereka.

3. Membaca Buku-Buku.

Mengapa membaca buku menjadi hal yang menyenangkan, tentu dari sekian banyaknya mahasiswa, pasti masih ada mahasiswa yang beranggapan bahwa membaca buku menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan, berangkat dari hal itu saya beranggapan bahwa membaca buku diluar konteks pelajaran ataupun materi tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi sebagian mahasiswa, dengan membaca buku lain seperti , horror, novel, fiksi dan lain sebagainya yang bisa kalian dapatkan di perpustakaan kampus, tentu banyak sekali hal bermanfaat dan ilmu pengetahuan baru yang dapat menambah wawasan kamu.
Baca Juga: Kegiatan Mahasiswa Ketika Tidak Ada Mata Perkuliahan

4. Menonton Seminar.

Menonton seminar yang diadakan fakultas ataupun kampus tentu menjadi hal yang menyenangkan, mengapa? Sebab, dengan mengikuti sebuah seminar kita banyak mendapat materi baru dan wawasan baru tentang tema yang diangakat, serta menambah teman dari berbagai jurusan yang ada di kampus kamu.

5. Gosip Kampus.

Didalam sebuah percakapan ataupun sebuah perkumpulan di gazebo ataupun pendopo kampus tentu masih ada saja yang suka membicarakan hal-hal gosip yang ada di kampus, lantas mengapa saya menganggap hal ini menyenangkan? sebagian dari mereka gosip atau bercerita tentang informasi kampus, teman kelas, pacar ataupun dosen dan lain sebagainya adalah suatu hal yang dapat membuat mereka menjadi santai terutama karena setelah otak lelah dan banyaknya tugas yang diberikan dosen. Jadi bagi kalian yang senang akan hal ini, tidak ada salahnya kalian ikut bergabung dan mencoba didalamnya, selama gosip yang diceritakan masih dianggap wajar.

6. Nongkrong.

Waktu kuliah yang tidaklah padat membuat sebagian mahasiswa nongkrong di suatu tempat yang dapat melepas lelah dari selama menjalankan aktivitas yang ada dikampus, banyak sekali mahasiswa yang kita jumpai di kampus di sebuah tempat-tempat tertentu pasti ada saja mahasiswa yang menjadi kesukaanya nongkrong, mengapa? Mungkin dengan cara ini mereka dapat membuat menyenangkan bahwa kuliah itu bukan hanya belajar, dengan nongkrong pun kalian bisa belajar dan bertukar pikiran positif dengan orang yang ada disekitar ataupun teman nongkrong.

7. Tebar Pesona.

Tak jarang saya jumpai masih ada saja mahasiswa yang didalam kegiatannya mengolah kuliah tidak menjadi membosankan adalah tebar pesona, memang benar kampus yang luas dan terdapat banyak wanita dan pria dari berbagai macam jurusan membuat kuliah menjadi menyenangkan sehingga sebagian dari mahasiswa tebar pesona adalah sesuatu hal yang umum dikalangan kampus.
Baca Juga: Mengenal Mahasiswa dari Berbagai Macam Tipe Keunikannya.
Kawan, itulah beberapa hal yang tidak kita sadari membuat kuliah menjadi menyenangkan, tentu banyak sekali hal hal lainnya yang bisa kamu dapatkan ketika kamu memikirkan sesuatu bahwa hal itu menyenangkan, akan tetapi kita sebagai mahasiswa jangan sampai terlalu senang dengan aktivitas yang ada sehingga membuat lalai akan tujuan utama kita, karena tujuan prioritas kita kekampus adalah untuk menuntut ilmu dan mendapatkan gelar yang kita inginkan. Terima kasih sekian dari saya semoga bermanfaat.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

March 1, 2017

Memberikan Siswa Pendidikan Akhlak Untuk Mahasiswa PPL Keguruan dan Pendidikan.

Pentingkah Pendidikan Akhlak? Kawan pengertian akhlak secara etimologi dapat diartikan sebagai budi pekerti, watak dan tabiat. Tentu saling berkaitan antara akhlak dan pendidikan ini, yaitu adalah bimbingan atau pimpinan secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani anak didik menuju terbentuknya kepribadian yang utama. Pendidikan Akhlak sangatlah perlu ditanamkan sejak dini kepada sang anak/siswa, khususnya nanti buat kawan-kawan semua yang sedang menjalankan praktek pengalaman lapangan di setiap sekolah sehingga dapat memberikan pendidikan akhlak agar terbentuknya tujuan pendidikan nasional.
Memberikan Siswa Pendidikan Akhlak Untuk Mahasiswa PPL Keguruan dan Pendidikan.
Gambar dari pixabay.com
Kawan, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dalam hal ini kita sebagai mahasiswa yang khususnya calon guru mengapa perlu memberikan pendidikan akhlak kepada anak murid?

Karena seperti yang kita ketahui bersama pendidikan dalam konteks ini adalah merupakan usaha untuk membimbing dan mengembangkan potensi peserta didik secara optimal agar mereka dapat berperan serasi dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat lingkungannya berdasarkan tujuan pendidikan akhlak.

Dalam tujuan pendidikan akhlak dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus. Menurut Barnawy Umari, bahwa tujuan pendidikan akhlak secara umum meliputi :
  • Supaya dapat terbiasa melakukan yang baik, indah, mulia, terpuji serta menghindari yang buruk, jelek, hina dan tercela.
  • Supaya perhubungan kita dengan Allah SWT dan dengan sesama makhluk selalu terpelihara dengan baik dan harmonis.
Baca Juga: 5 Hal Kemampuan Untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional.
Menurut Ali Hasan bahwa tujuan pokok akhlak adalah agar setiap orang berbudi (berakhlak), bertingkah laku (tabiat) berperangai atau beradat istiadat yang baik atau yang sesuai dengan ajaran Islam. Tujuan khusus adapun secara spesifik pendidikan akhlak bertujuan :
  • Menumbuhkan pembentukan kebiasaan berakhlak mulia da beradat kebiasaan yang baik
  • Memantapkan rasa keagamaan pada siswa, membiasakan diri berpegang pada akhlak mulia dan membenci akhlak yang rendah.
  • Membiasakan siswa bersikap rela, optimis, percaya diri, emosi, tahan menderita dan sabar.
  • Membimbing siswa ke arah dikap yang sehat dan dapat membantu mereka berinteraksi sosial yang baik, mencintai kebaikan untuk orang lain, suka menolong, sayang kepada yang lemah, dan menghargai orang lain.
  • Membiasakan siswa bersopan santun dalam berbicara dan bergaul baik di sekolah maupun di luar sekolah.
  • Selalu tekun beribaah dan mendekatkan diri kepada Allah dan bermuamalah yang baik.
Dalam hal itu setelah melihat tujuan pendidikan akhlak kita sebagai Mahasiswa PPL tentu sangatlah perlu memberikan kepada peserta didik sejak mulai dini, lalu di dalam benak kalian, apakah ada contoh bagaimana cara memberikan pendidikan akhlak tersebut dan bagaimana cara memulainya sedangkan kami semua belum memiliki dasar didalam mengajarkan akhlak?

Kawan untuk hal itu kalian tidak perlu bingung karena suatu usaha yang dilakukan dengan niat baik terlebih kaitannya memberikan contoh akhlak yang baik tentu semaksimal mungkin akan berjalan sesuai apa yang kalian harapkan tanpa ragu, akan tetapi kali ini saya juga akan sedikit memberikan langkah-langkah menurut pakar tentang bagaimana cara memulai memberikan metode pendidikan akhlak.

Untuk sobat semua yang bingung didalam memberikan pendidikan akhlak, berikut penjelasannya. Menurut Ahmad D. Marimba, ada 3 metode dalam pendidikan akhlak yaitu, dengan pembiasaan tujuannya adalah agar cara-cara yang dilakukan dengan tepat, terutama membentuk aspek kejasmanian dari kepribadian atau memberi kecakapan berbuat dan mengucapkan sesuatu. Dengan pembentukan pengertian, minat dan sikap.
Dengan diberikan pengetahuan dan pengertian pembentukan kerohanian yang luhur.
Baca Juga: Cara Sederhana Menarik Minat Belajar Siswa.
Sedangkan jika dilihat daru metodenya di dalam buku Daur al-Bait fi Tarbiyah ath-Thifl al-Muslim, karangan Khatib Ahmad Santhut yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, membagi metode pendidikan moral/akhlak ke dalam 5 bagian, di antaranya adalah :

1) Keteladanan
Metode ini merupakan metode terbaik dalam pendidikan akhlak. Keteladanan selalu menuntut sikap yang konsisten serta kontinyu, baik dalam perbuatan maupun budi pekerti yang luhur.

2) Dengan memberikan tuntunan
Yang dimaksud di sini adalah dengan memberikan hukuman atas perbuatan anak atau perbuatan orang lain yang berlangsung di hadapannya, baik itu perbuatan terpuji atau tidak terpuji menurut pandangan al-Qur’an dan Sunnah.

3) Dengan Kisah-Kisah Sejarah
Islam memperhatikan kecenderungan alami manusia untuk mendengarkan kisah-kisah sejarah. Di antaranya adalah kisah-kisah para Nabi, kisah orang yang durhaka terhadap risalah kenabian serta balasan yang ditimpakan kepada mereka. al-Qur’an telah menggunakan kisah untuk segala aspek pendidikan termasuk juga pendidikan akhlak.

4) Memberikan Dorongan dan Menanamkan Rasa Takut (Pada Allah SWT)
Tuntunan yang disertai motivasi dan menakut-nakuti yang disandarkan pada keteladanan yang baik mendorong anak untuk menyerap perbuatan-perbuatan terpuji, bahkan akan menjadi perwatakannya.

5) Memupuk Hati Nurani
Pendidikan akhlak tidak dapat mencapai sasarannya tanpa disertai pemupukan hati nurani yang merupakan kekuatan dari dalam manusia, yang dapat menilai baik buruk suatu perbuatan. Bila hati nurani merasakan senang terhadap perbuatan tersebut, dia akan merespon dengan baik, bila hati nurani merasakan sakit dan menyesal terhadap suatu perbuatan, ia pun akan merespon dengan buruk.
Baca Juga: Cara Mengajar Yang Menyenangkan dan Efektif Untuk Mahasiswa PPL.
Sobat itulah yang dapat saya berikan tentang Memberikan Siswa Pendidikan Akhlak Untuk Mahasiswa PPL Keguruan dan Pendidikan Semoga dengan adanya pembahasan kita kali ini dapat menambah wawasan bersama didalam memberikan pendidikan akhlak kepada anak dan pelajar Indonesia demi terciptanya Tujuan Pendidikan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share: