March 11, 2017

Fakta Menarik Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pada Masa PPL

Praktek Pengalaman Lapangan (PPL), sudah tidak asing lagi untuk kita yang sebagai seorang mahasiswa dapat menerapkan ilmu yang diperoleh dari hasil belajar sehingga dapat diterapkan didalam praktek pengalaman Lapangan (PPL) ini, akan tetapi banyaknya fakultas dan jurusan yang ada di lingkungan kampus kita sehingga bermacam-macam pula tempat kegiatan ppl yang diadakan di kampus, untuk yang mengambil jurusan keguruan dan ilmu pendidikan sebagian akan dihadapkan dengan pratek pengalaman lapangan di sekolah-sekolah sesuai dengan bidang yang diambil.
Fakta Menarik Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pada Masa PPL
Gambar 01: Para Mahasiswa PPL
Tapi, pernahkah kita memikirkan atau mungkin menyadari bagian-bagian yang menarik disaat kamu melaksanakan PPL? Tentu dengan adanya mahasiswa yang praktek di setiap sekolah memberikan kesan yang berbeda dari pada biasanya. Karena pembahasan kita kali ini berkaitan dengan tema hal menarik tentu kalian semua ingin tahu apa saja yang menjadi hal menarik dari mahasiswa ppl ini, berikut saya paparkan menurut pengalaman saya saat sedang melaksanakan PPL/ Praktek Pengalaman Lapangan.


1) Bersemangat Mengajar.

Dalam memberikan ilmu pengetahuan tentu haruslah bersemangat, arti semangat disini adalah dimana pada waktu mengajar mahasiswa ppl lebih antusias didalam memberikan ilmu pengetahuan, sebagai salah satu contoh semangat disini adalah, dimana ketika seorang guru berhalangan hadir didalam sebuah kelas, maka secara antusias mahasiswa ppl semangat untuk masuk dan memberikan pelajaran yang diajarkan oleh guru tersebut.
Mengapa? Hal ini juga yang memberikan pelajaran tambahan atau pengalaman mengajar lebih untuk mahasiswa ppl didalam prakteknya, untuk itu mahasiswa lebih bersemangat ketika memasuki kelas-kelas yang kosong.


2) Belajar Sebelum Masuk Kelas.

Ini juga merupakan salah satu dari sebagian banyaknya fakta menarik yang ada, belajar sebelum masuk kelas adalah hal yang umum dilakukan oleh sebagian mahasiswa, sebab mahasiswa ppl juga adalah sebagai seorang yang sama-sama belajar didalam memberikan ilmu pengetahuan, untuk sebagian mahasiswa perlu mempelajari materi yang akan disampaikan agar nantinya ilmu yang diberikan dapat bermanfaat dan mudah dipahami.


3) Disenangi Oleh Para Siswa.

Sudah tidak asing lagi bagi keberadaan mahasiswa PPL memberikan hal yang berbeda, dengan materi yang mereka daptkan di kampus dan metode-metode pembelajaran yang telah disampaikan oleh bapak dan ibu dosen sehingga dengan praktek pengalaman lapangan ini dapat diterapkan, dengan melihat kondisi yang ada, tentu sebagian siswa senang dengan keberadaan mahasiswa calon guru-guru ini. Karena, selain pembawaan materi yang disampaikan dengan cara bersahabat dan juga pengajarannya yang mudah diterima oleh para siswa di kelas, sehingga menimbulkan kesan dan pesan tersendiri bagi para siswa di dalam menilai mahasiswa ppl pada saat mereka mengajar.
Baca Juga: Cara Sederhana Menarik Minat Belajar Siswa.

4) Menyusun Strategi Rencana Perangkat Pembelajaran.

Dengan melihat adanya berbagai macam strategi pembelajaran yang ada, dengan menyesuaikan kondisi kelas yang akan diberikan pengajaran haruslah menyusun perangkat pembelajaran, dari sekian banyaknya mahasiswa PPL rencana perangkat pembelajaran adalah hal yang wajib untuk disusun karena di dalam perangkat inilah sebagai pengarah kemana metode dan stategi apa yang akan di sampaikan pada saat mengajar dikelas dengan adanya perangkat pembelajaran inilah yang menjadikan pembelajaran dikelas menjadi terarah.

5) Mendapatkan Tugas Lain dari Staf atau Guru.

Hal ini adalah umum, karena? di dalam masa menjalankan masa praktek pengalaman lapangan tugas lain dari guru ataupun staf merupakan hal sosial di dalam membantu mempermudah pekerjaan mereka untuk itu dengan adanya keberadaan mahasiswa ppl ini sehingga dapat turut serta membantu aktivitas dan kegiatan yang berlangsung disekolah guna membantu satu sama lain agar terciptanya komunikasi yang baik diantara mahasiswa, guru dan staf lainnya.


6) Guru Pamong Sebagai Panutan.

Mendapatkan guru pamong pada saat menjalankan praktek pengalaman lapangan adalah hal yang pasti kalian dapatkan, dengan adanya guru pamong inilah sebagai panutan kalian atau sebagai tempat dimana kalian dapat mengkonsultasikan RPP ataupun masalah-masalah yang dihadapi pada saat mengajar di dalam kelas, dengan adanya guru pamong atau pembimbing yang kamu dapatkan tentu kamu dapat banyak belajar dari pengalaman mengajar mereka di sekolah.
Baca Juga: Cara Mengajar yang Menyenangkan dan Efektif Untuk Mahasiswa PPL.
Kawan, itulah yang dapat saya sampaikan, jika sobat mempunyai pengalaman ataupun fakta menarik dengan mahasiswa praktek pengalaman lapangan, kamu dapat berkomentar dan sharing di kolom komentar bawah, sehingga ilmu dan pengalaman yang kita dapatkan dapat berguna untuk mahasiswa-mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan ppl ini. Sekian dari saya tentang Fakta Menarik Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pada Masa PPL, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kawan-kawan semua yang sedang maupun yang akan melaksanakan kegiatan praktek pengalaman lapangan di setiap sekolah-sekolah. Terima Kasih.
Salam Sehat dan Sukses Selalu.
Share:

0 komentar:

Post a Comment